Note

Mendag Ingin Kerja Sama Dengan India Diperbesar di Segala Bidang

· Views 56

Pasardana.id - Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan (Zulhas) mengungkapkan keinginannya untuk memperluas hubungan kerja sama perdagangan dengan India, salah satunya dengan mengimpor beras.

"Saya ingin memperbesar kerja sama di segala bidang dengan India. Karena kita berdua punya potensi yang besar, selain punya sejarah yang panjang," kata Zulhas usai melakukan pertemuan dengan Duta Besar India untuk Indonesia Shri Sandeep Chakravorty di Jakarta, Senin (6/11).

Dirinya menyebut sudah lima kali ke India karena menginginkan hubungan dagang antara Indonesia dan India berimbang.

"Kami sekarang surplusnya besar, maka saya waktu itu datang kita kontrak beras, gula, daging, termasuk cabai dan buah-buah," ucapnya.

Zulhas mengatakan ada banyak bidang yang berpotensi untuk kerja sama dengan India, antara lain di pendidikan, kedokteran, obat-obatan, teknologi, dan pertanian.

"India (mempunyai) 1,4 miliar orang tapi produksi berasnya lebih. Itu menarik sekali untuk kita belajar. Gulanya juga produksinya hampir 27 juta," tuturnya.

Ia pun mengungkap kalau dirinya sudah mendapatkan persetujuan dari Menteri Perdagangan dan Industri India Piyush Goyal terkait impor beras. Diketahui, pembelian beras dari India ini akan dilakukan oleh Bulog serta mengikuti harga pasar.

"Kita sudah bikin surat, sudah dikirim ke sana. Kita MoU-nya 1 juta tapi kalau bisa 200 ribu dulu ya gapapa berapa aja," katanya.

Menurut Zulhas, Indonesia dan India harus lebih menguatkan usaha agar perdagangan bisa meningkat dengan lebih besar lagi.

Di satu sisi, Sandeep mengatakan bahwa kedua negara harus bersama-sama menghilangkan penghalang perdagangan. Ksrens itu, dirinya pun menyetujui hubungan antara keduanya hsrus terus dipererat.

Menurut Sandeep, hubungan yang kuat antara kedua negara penting untuk masa depan dunia. "Saya tahu perdagangan kita tahun lalu bertumbuh, tetapi tahun ini ada sedikit jarak. Namun, tahun lalu Indonesia menjadi mitra perdagangan terbesar kami dari ASEAN," ujarnya.

Sandeep menyebut kalau India telah mengimpor banyak bahan dari Indonesia. Antara lain, seperti batu bara dan minyak kelapa sawit untuk industri. 

Sebagai informasi, dalam pertemuan ini, Mendsh Zulhas didampingi oleh Direktur Jenderal (Dirjen) Perundingan Perdagangan Internasional Djatmiko Bris Wijtaksono dan Dirjen Perdagangan Luar Negeri Budi Santoso. Sementara Sandeep didampingi oleh Commercial Representative Malvika Priyadarshini.

 

 

 

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.