Note

EUR/USD: "Gema Nonfarm Payrolls" dan Peningkatan Selera Risiko

· Views 38

Pasangan EUR/USD memulai minggu perdagangan dengan cukup tenang. Selama sesi Asia pada hari Senin, para penjual berusaha mendorong koreksi ke bawah, tetapi upaya ini gagal. Bear EUR/USD hanya berhasil mencapai level 1.0724, di mana mereka kehilangan inisiatif.

Hal penting lainnya juga perlu diperhatikan: tidak adanya kesenjangan yang mengarah ke bawah. Hal ini menunjukkan bahwa kenaikan harga pada hari Jumat tidak didorong oleh faktor emosional, seperti yang sering terjadi setelah rilis data penting (terutama setelah rilis Nonfarm Payrolls, yang dipublikasikan pada hari perdagangan terakhir dalam seminggu). Selama akhir pekan, para trader "mencerna" informasi tersebut dan menyetujui kesimpulan awal mereka bahwa dolar telah kehilangan keunggulan fundamentalnya. Ekspektasi hawkish melemah, sementara ekspektasi dovish meningkat.

Lihat juga: Anda dapat buka akun trading di sini.
EUR/USD: Gema Nonfarm Payrolls dan Peningkatan Selera Risiko

Selain itu, melemahnya pasar tenaga kerja AS tidak hanya dibuktikan oleh Nonfarm Payrolls bulan Oktober. Minggu lalu, diketahui bahwa jumlah warga Amerika yang mengajukan tunjangan pengangguran untuk pertama kalinya mencapai 217.000, kenaikan tertinggi dalam indikator tersebut dalam tujuh minggu terakhir. Terungkap juga bahwa biaya tenaga kerja turun 0,8% pada kuartal ketiga (dengan prakiraan kenaikan 0,7%).

Intinya, Nonfarm Payrolls bulan Oktober berfungsi sebagai "potongan teka-teki terakhir", yang menghancurkan harapan bull dolar atas pengetatan kebijakan moneter Federal Reserve pada bulan depan (peluang kenaikan suku bunga di bulan Desember kini sebesar 9%). Para trader juga tidak memiliki ilusi mengenai prospek bulan Januari, dengan probabilitas sebesar 14%.

Dengan kata lain, pasar kini yakin bahwa Federal Reserve telah menyelesaikan siklus pengetatan kebijakan moneter saat ini. Keyakinan seperti itu sudah ada selama beberapa waktu, tetapi rilis hari Jumat secara efektif menyelesaikan masalah tersebut. Reaksi pasar sangat cepat: indeks dolar AS mencapai titik terendah dalam 6 minggu, dan indeks utama Wall Street menunjukkan pertumbuhan yang signifikan pada minggu lalu.

Faktor geopolitik juga menambah tekanan terhadap dolar. Minat terhadap risiko meningkat setelah jelas bahwa Iran dan Hizbullah berusaha menghindari konflik terbuka dengan Israel. Secara khusus, dalam penampilannya di televisi belum lama ini (yang pertama sejak dimulainya permusuhan), pemimpin kelompok Lebanon tersebut tidak menyatakan bahwa pasukannya akan terlibat sepenuhnya dalam konflik tersebut. Pentingnya pernyataan ini sulit untuk dilebih-lebihkan, karena pernyataan ini pada dasarnya menjawab pertanyaan apakah konflik antara Israel dan Hamas akan meningkat menjadi perang regional. Peristiwa di Timur Tengah berkembang pesat, tetapi saat ini, belum ada tanda-tanda skenario seperti itu akan terjadi. Tidak adanya eskalasi perang meredakan kekhawatiran akan gangguan pasokan minyak dari wilayah tersebut. Keengganan terhadap risiko menurun, dan minat terhadap risiko meningkat.

Euro, pada gilirannya, mendapat dukungan dari data Jerman hari ini. Diketahui bahwa total volume pesanan industri di Jerman meningkat sebesar 0,2% per bulan pada September, sementara mayoritas pakar memperkirakan indikator ini turun sebesar 1,3%. Selain itu, beberapa PMI telah direvisi naik (mengacu pada penilaian akhir bulan Oktober). Secara khusus, indeks kegiatan usaha di sektor jasa Jerman naik menjadi 48,2. Hari ini juga diumumkan bahwa indeks keyakinan investor di zona euro meningkat menjadi -18,6 (di bulan sebelumnya, indikator ini sebesar -21,9 poin). Indeks ekspektasi juga naik menjadi -10,0 (dari nilai sebelumnya -16,8), yang merupakan level tertinggi sejak Februari tahun ini.

Namun, pendorong utama pertumbuhan EUR/USD tetap pelemahan dolar AS, yang turun di seluruh pasar, terhadap semua pasangan mata uang yang disebut "kelompok utama". Dengan latar belakang berkurangnya ekspektasi hawkish, imbal hasil Treasury juga turun, stabil pada level 4,58% (setelah mencapai target hampir 5%). Pasangan EUR/USD, pada gilirannya, stabil di sekitar angka pertengahan 7.

Arah pergerakan harga selanjutnya akan bergantung pada retorika anggota Federal Reserve. Kalender ekonomi minggu ini tidak berisi laporan penting, tetapi diperkirakan 10 perwakilan Federal Reserve akan berpidato, termasuk Ketua Fed, Jerome Powell. Jika mereka mempertimbangkan kemungkinan penurunan suku bunga (karena kenaikan suku bunga tidak lagi dipertimbangkan) dalam retorika mereka, dolar akan mendapat tekanan tambahan, seperti pada saat ini, peluang pelonggaran kebijakan moneter pada musim semi tahun depan (khususnya, pada pertemuan bulan Mei) mencapai 45%.

Perlu dicatat bahwa setelah pertemuan bulan November, Powell menyatakan bahwa Federal Reserve "tidak mempertimbangkan penurunan suku bunga saat ini," tetapi ia juga mengisyaratkan bahwa penyesuaian lebih lanjut terhadap kebijakan moneter akan bergantung pada data yang masuk. Menariknya, ketua The Fed tersebut menyuarakan posisi ini hanya dua hari sebelum rilis Nonfarm Payrolls yang mengecewakan. Bagaimana perwakilan bank sentral akan menyesuaikan retorika "post facto" mereka masih menjadi pertanyaan terbuka.

Dari sudut pandang teknikal, di chart harian, pasangan EUR/USD berada dalam Kumo cloud, di atas garis atas indikator Bollinger Bands, dan di atas garis Tenkan-sen dan Kijun-sen. Target terdekat (dan sejauh ini menjadi target utama) untuk pergerakan naik adalah level 1.0810 (batas atas Kumo cloud di D1). Latar belakang fundamental saat ini mendukung perkembangan tren naik, setidaknya dalam konteks kemungkinan pengujian level 1.08.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.