Note

Jokowi Genjot Infrastruktur, Permintaan Baja Bisa Naik Jadi 100 Juta Ton

· Views 45
Jokowi Genjot Infrastruktur, Permintaan Baja Bisa Naik Jadi 100 Juta Ton
Ilustrasi Baja/Foto: Rachman Haryanto
Jakarta

Perkembangan industri baja nasional diperkirakan meningkat setiap tahun karena pembangunan infrastruktur masih berlanjut. Asosiasi Industri Besi dan Baja Indonesia (The Indonesian Iron and Steel Industry Association/IISIA) memproyeksi kebutuhan baja nasional akan mencapai 100 juta ton pada 2045.

Ketua IISIA sekaligus Direktur Utama PT Krakatau Steel (Persero) Tbk (KRAS) Purwono Widodo, mengatakan perkembangan industri baja nasional meningkat setiap tahun. Berdasarkan kajian pihaknya, kebutuhan baja nasional diperkirakan mencapai 100 juta ton dengan nilai investasi US$ 100 miliar atau Rp 1.553 triliun (kurs Rp 15.538) pada 2045.

Menurutnya, hal itu adalah potensi bagi industri baja. Apalagi, pemerintah gencar melangsungkan proyek pembangunan nasional. Baja merupakan salah satu material utama yang diperlukan untuk membangun infrastruktur.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Kalau kita lihat Indonesia Emas cita-cita kita di 2045, hitungan teman-teman di sekretariat IISIA itu kita seharusnya sudah memenuhi kapasitas nantinya di 2045 itu sekitar 100 juta ton per tahun," ucap Purwono di Menara Kadin, Jakarta Selatan, Senin (6/11/2023).

Kendati demikian, ia mengatakan kapasitas produksi baja dalam negeri saat ini 16 juta ton per tahun. Utilisasi kapasitas produksi baja nasional masih rendah.

Oleh sebab itu, ia menjelaskan industri baja memiliki tugas besar untuk mendorong pengembangan untuk memenuhi proyeksi permintaan 100 juta ton baja pada 2045.

"Jadi, kalau kita lihat jangka panjangnya industri baja masih sangat menarik dan perlu didukung oleh pemerintah untuk bagaimana kapasitas tadi bisa dinaikkan," jelasnya.

Adapun tantangan lainnya, adalah industri baja harus mampu menghasilkan produk baja rendah emisi karbon untuk mengimplementasikan green industry menuju Net Zero Emission yang ditargetkan tercapai pada 2060 atau lebih cepat.

(ara/ara)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.