Note

Terlibat Langsung dalam Persiapan Piala Dunia U-17, EXCL: Pengalaman Berharga

· Views 52
Terlibat Langsung dalam Persiapan Piala Dunia U-17, EXCL: Pengalaman Berharga
Terlibat Langsung dalam Persiapan Piala Dunia U-17, EXCL: Pengalaman Berharga (foto: MNC Media)

IDXChannel - PT XL Axiata Tbk (EXCL) menilai bahwa ditunjuknya Indonesia sebagai penyelenggara ajang sebesar Piala Dunia U-17, merupakan kebanggaan yang harus didukung oleh semua pihak.

Termasuk juga oleh EXCL sebagai perusahaan telekomunikasi, yang wajib mendukung penuh lewat ketersediaan layanan jaringan dan data yang mumpuni dan berkualitas, terutama di empat kota yang ditunjuk sebagai tempat penyelenggaraan, yaitu Jakarta, Bandung, Surakarta dan Surabaya.

Baca Juga:
Terlibat Langsung dalam Persiapan Piala Dunia U-17, EXCL: Pengalaman Berharga PLN Pasok Listrik Menara BTS XL Axiata (EXCL) dengan Teknologi Ini

Tak hanya itu, keterlibatan dalam event level internasional sebesar Piala Dunia U-17 juga diyakini dapat memberikan pengalaman berharga bagi seluruh tim yang terlibat, guna meningkatkan kemampuan teknisnya di masa mendatang.

"Bagi kami, pengalaman dalam menyediakan jaringan bagi kegiatan besar Piala Dunia U-17 dengan potensi lonjakan trafik yang tinggi, juga akan menjadi ajang pembelajaran yang sangat berharga bagi seluruh tim yang terlibat," ujar Direktur & Chief Teknologi Officer EXCL, I Gede Darmayusa, Sabtu (4/11/2023).

Baca Juga:
Terlibat Langsung dalam Persiapan Piala Dunia U-17, EXCL: Pengalaman Berharga MTEL Ambil Alih 54 Menara EXCL

Karenanya, menurut Gede, EXCL dipastikan bakal all out dalam memberikan dukungan terhadap lancarnya penyelenggaraan Piala Dunia U-17, terutama terkait seluruh aktivitas telekomunikasi yang dilakukan sepanjang berjalannya acara.

Dukungan tersebut, salah satunya, diwujudkan dengan memastikan kualitas jaringan telekomunikasi dan data di semua kota penyelenggara Piala Dunia U-17, yaitu di Jakarta, Bandung, Surakarta dan Surabaya.

Baca Juga:
Terlibat Langsung dalam Persiapan Piala Dunia U-17, EXCL: Pengalaman Berharga Dayamitra (MTEL) Akuisisi Puluhan Menara dari XL Axiata (EXCL)

Pemastian layanan jaringan dilakukan EXCL jauh-jauh hari hari sebelum waktu pelaksanaan Piala Dunia U-17, di antaranya, dengan menambah kapasitas serta pengerahan mobile base transceiver station (BTS).

Upaya penguatan ini dilakukan dengan menyasar pada sedikitnya 16.000 BTS di empat kota, termasuk dengan mengerahkan 3 unit mobile BTS.

"Sebagai bagian dari masyarakat Indonesia, kami ikut bangga bahwa negara kita mendapatkan kepercayaan sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17 ini," tutur Gede.

Menurut Gede, langkah penguatan jaringan ini tidak begitu sulit untuk dilakukan, karena memang merupakan program rutin yang selalu dilakukan EXCL secara berkala di seluruh wilayah operasi perusahaan.

Terlebih, kualitas jaringan di empat kota penyelenggara itu disebut Gede relatif sudah sangat bagus, karena masing-masing merupakan kota besar dan utama di Pulau Jawa.

Meski begitu, agar lebih memastikan bahwa jaringan yang ada dapat menghadapi potensi lonjakan trafik penggunaan, EXCL tetap melakukan penguatan dengan menambah kapasitas hingga sebesar dua kali dari kapasitas yang tersedia sehari-hari.

"Selain itu, kami yakin jaringan akan bisa melayani kebutuhan selama Piala Dunia U-17 di empat kota dengan kualitas yang baik, karena di keempat kota, proses fiberisasi jaringan sudah mencakup mayoritas jumlah BTS yang ada," tutur Gede.

Fiberisasi sendiri merupakan modernisasi jaringan dengan cara menghubungkan BTS melalui jalur fiber, termasuk melakukan regenerasi perangkat-perangkat BTS.

"Kami memprediksi ada potensi kenaikan trafik hingga 30 persen selama penyelenggaraan Piala Dunia U-17 selama hampir satu bulan tersebut," ungkap Gede.

Untuk itu, EXCL dikatakan Gede juga telah menyiapkan secara khusus tim yang akan memastikan kesiapan jaringan selama penyelenggaraan, baik tim yang bersiaga di pusat pengendalian jaringan di XL Axiata Tower Jakarta, maupun tim di lapangan yang akan selalu siap di keempat kota lokasi pertandingan.

"Seluruh tim kami siagakan untuk kepentingan layanan yang maksimal, baik itu yang standby di kantor pusat maupun yang terjun langsung di lapangan," tegas Gede. (TSA)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.