Note

Kinerja Pendapatan Optimal, BNI Optimistis Harga Saham Terus Meningkat

· Views 44
Kinerja Pendapatan Optimal, BNI Optimistis Harga Saham Terus Meningkat
Foto: dok BNI
Jakarta

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI mencatatkan pertumbuhan positif hingga kuartal 2023. Hingga September 2023, laba bersih BNI pun tumbuh sebesar 15,1% secara tahunan (YoY), mencapai Rp 15,8 triliun, yang inline dengan market consensus.

Adapun pencapaian laba positif ini didukung oleh kinerja kredit yang mengalami akselerasi. Sampai dengan September 2023, pertumbuhan kredit tumbuh sebesar 7,8% YoY menjadi Rp 671,4 triliun. Hal ini juga didorong oleh ekspansi di segmen berisiko rendah, yaitu korporasi blue chip baik swasta dan BUMN, kredit konsumer, dan perusahaan anak.

Pertumbuhan ini pun mendorong kepercayaan para pemegang saham perseroan. Hal ini terlihat dari meningkatnya rata-rata volume perdagangan harian atau daily turnover BBNI pada Oktober 2023 yang mencapai Rp 271 miliar. Adapun angka ini 18% lebih tinggi dari rata-rata daily turnover periode yang sama di tahun lalu yang tercatat sebesar Rp 230 miliar.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Seperti diketahui, pada 27 Oktober 2023, BBNI ditutup di harga Rp 4.850 per lembar, sehingga nilai kapitalisasi pasar BBNI telah mencapai Rp 181 triliun.

Direktur Wholesale & International Banking BNI Silvano Rumantir menyampaikan penguatan harga saham perseroan ini diperoleh karena sentimen positif pemberlakuan stock split dengan rasio 1:2 pada 6 Oktober 2023 lalu. Ia menyebut aksi korporasi stock split terbukti mampu memperluas basis investor.

"Kami sangat apresiasi kepada pemegang saham BNI dan masyarakat atas kepercayaan yang diberikan terhadap kuatnya fundamental kinerja perseroan dan berjalannya proses transformasi di BNI yang semakin memberikan outlook yang positif terhadap kinerja BNI ke depan," ujar Silvano dalam keterangan tertulis, Sabtu (4/11/2023).

Lebih lanjut, Silvano menjelaskan secara konsensus, analis menargetkan fair value saham BNI di kisaran Rp 5.900 per lembar. Dengan demikian, terdapat ekspektasi harga saham BNI akan terus meningkat seiring kinerja keuangan yang solid.

Ia menilai ekspektasi ini masih dalam range yang dapat dicapai. Pasalnya, perseroan memiliki komitmen untuk terus mencetak profitabilitas yang sehat dan sustain.

"Kami ingin terus memberikan value yang optimal bagi seluruh pemangku kepentingan, terutama para shareholder," pungkas Silvano.

(anl/ega)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.