Note

Kontribusi Maksimal, Mitra Investindo (MITI) Siap Tambah Kepemilikan Saham KAL

· Views 67
Kontribusi Maksimal, Mitra Investindo (MITI) Siap Tambah Kepemilikan Saham KAL
Kontribusi Maksimal, Mitra Investindo (MITI) Siap Tambah Kepemilikan Saham KAL (foto: MNC Media)

IDXChannel - PT Mitra Investindo Tbk (MITI) terus menegaskan strateginya untuk berubah (switching) lini bisnis dari semula di bidang energi, kini lebih fokus di sektor transportasi, utama jasa bongkar muat (kargo).

Hal ini tak lepas dari semakin mendominasinya kontribusi pendapatan dari bisnis kargo yang di antaranya dijalankan melalui salah satu anak usahanya, yaitu PT Karya Abdi Luhur (KAL), yang baru saja diakuisisi pada 2022 lalu.

Baca Juga:
Kontribusi Maksimal, Mitra Investindo (MITI) Siap Tambah Kepemilikan Saham KAL Mitra Investindo (MITI) Tambah 29 Persen Kepemilikan Saham di Anak Usaha

Hingga triwulan III-2023 lalu, kontribusi KAL terhadap pendapatan MITI mencapai Rp163,98 miliar, atau 66 persen dari total pendapatan MITI yang sebesar Rp244,9 miliar.

Karenanya, MITI sepertinya tak ragu untuk segera menambah kepemilikannya di KAL, lewat Perjanjian Awal transaksi dengan PT Sentra Baruna Hijau (SBH), salah satu perusahaan terafiliasi dengan MITI, yang juga menjadi pemilik saham minoritas di KAL.

Baca Juga:
Kontribusi Maksimal, Mitra Investindo (MITI) Siap Tambah Kepemilikan Saham KAL Mitra Investindo (MITI) Perluas Bisnis Pelayaran dan Logistik di Indonesia

Dalam Perjanjian Awal tersebut, disepakati bahwa nantinya pihak MITI bakal membeli sekurang-kurangnya 2.900.000 saham, atau setara dengan 29 persen saham KAL, yang saat ini masih dimiliki oleh SBH.

Dengan penambahan tersebut, nantinya porsi kepemilikan MITI terhadap saham KAl bakal melonjak dari semula 70 persen menjadi 99 persen.

Baca Juga:
Kontribusi Maksimal, Mitra Investindo (MITI) Siap Tambah Kepemilikan Saham KAL Mitra Investindo (MITI) Menangkan Tender Proyek Pertamina Hulu Rp47 Miliar

"Langkah (transaksi) ini merupakan bagian dari rencana jangka panjang kami untuk menjadi salah satu pemain utama di bidang jasa pelayaran dan total logistik," ujar Presiden Direktur MITI, Andreas Tjahjadi, dalam keterangan resminya, Jumat (3/11/2023).

Menurut Andreas, pelaksanaan transaksi didasarkan pada hasil uji tuntas teknis, finansial dan hukum, termasuk mengacu kepada hasil penilaian pihak independen atas harga pasar wajar dengan tetap menerapkan prinsip kehati-hatian (prudent) dan memperhatikan kepatuhan atas peraturan yang berlaku.

"Target penyelesaian transaksi diharapkan sudah dapat terlaksana pada akhir Semester I-2024," tutur Andreas.

Dengan semakin bertambahnya kepemilikan saham di KAL, Andreas menjelaskan, diharapkan dapat memperkokoh segmen bisnis utama MITI pada sektor bongkar muat (stevedoring) yang telah bertransformasi menjadi backbone pendapatan perusahaan.

"Dengan peningkatan prosentase kepemilikan saham MITI pada KAL tersebut, dengan sendirinya dapat meningkatkan nilai konsolidasian MITI terhadap kinerja operasional dan keuangan KAL, sehingga dapat berdampak signifikan terhadap pertumbuhan kinerja keuangan paska pelaksanaan transaksi serta meningkatkan shareholder value bagi para pemegang saham Perseroan," tegas Andreas. (TSA)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.