Note

BoE gagal penuhi ekspektasi pasar

· Views 43

Pound sterling naik setelah pertemuan Bank of England. Kemarin, Gubernur Bank of England, Andrew Bailey, menyatakan bahwa masih terlalu dini untuk mempertimbangkan penurunan suku bunga. Namun, pasar keuangan memiliki gagasan berbeda. Setelah bank sentral Inggris menghentikan pengetatan tercepatnya dalam tiga dekade, para trader kini memperkirakan tiga kali penurunan suku bunga masing-masing seperempat poin pada akhir tahun 2024, yang akan menurunkan suku bunga utama menjadi 4,5%.

Lihat juga: Mulai trading Forex dengan broker level Eropa!
BoE gagal penuhi ekspektasi pasar

Ini adalah kebalikan dari gagasan yang disampaikan Bailey pada konferensi pers kemarin setelah keputusan untuk menjaga level suku bunga. Jelas sekali, Gubernur Bank of England ingin agar pasar tidak terburu-buru, tetapi tetap berpegang pada strategi suku bunga jangka panjang untuk mengendalikan inflasi, yang masih tiga kali lebih tinggi daripada target Bank of England sebesar 2%. Meskipun demikian, para investor semakin mengantisipasi penurunan suku bunga pada paruh kedua tahun 2024, karena khawatir perekonomian Inggris akan terpuruk akibat beban biaya pinjaman yang tinggi. Data perekonomian terkini mengenai tingkat pertumbuhan ekonomi dapat menjadi bukti langsung akan hal ini.

Selain itu, upah terus meningkat pada laju tertinggi, pengangguran juga meningkat, dan pasar perumahan mengalami stagnasi. Para ekonom memperkirakan tanda-tanda resesi akan menjadi lebih jelas dalam waktu dekat.

Keengganan untuk menaikkan imbal hasil di Inggris menunjukkan kekhawatiran yang lebih besar terhadap prospek perekonomian Inggris. Prakiraan ekonomi terbaru Bank Sentral Inggris membuktikan fakta ini. BoE menurunkan prakiraan pertumbuhan ekonomi bersamaan dengan keputusan suku bunganya. Pernyataan ini menunjukkan bahwa PDB akan "secara umum datar," dengan proyeksi pertumbuhan nol pada tahun 2024, turun dari ekspektasi sebelumnya sebesar 0,5%. Kenaikan sebesar 0,25% diperkirakan akan terjadi pada tahun 2025. Pengangguran akan meningkat dari 4,3% menjadi 5% pada tahun depan, dan standar hidup akan stagnan, dengan pendapatan rumah tangga pasca pajak hanya naik 0,25% pada tahun 2024.

Jelas bahwa Bank of England telah memutuskan untuk mengikuti Federal Reserve AS dan Bank Sentral Eropa, di mana, untuk gambaran yang lebih lengkap, diperlukan lebih banyak data statistik.

Mengenai gambaran teknikal GBP/USD, permintaan pound tetap sama setelah harga melampaui level resistance di 1.2180. Kenaikan diperkirakan berlanjut setelah level 1.2220 dikuasai. Perolehan kembali kisaran tersebut akan membawa kembali harapan pemulihan menuju 1.2250, setelah itu kenaikan yang lebih tajam menuju sekitar 1.2285 dapat diantisipasi. Jika pasangan mata uang ini turun, maka penjual akan mencoba untuk mengambil kendali di titik 1.2180. Jika berhasil, breakout kisaran ini akan memengaruhi posisi pembeli, mendorong GBP/USD turun menuju level terendah 1.2155 dengan potensi menyentuh 1.2130.

Sementara itu, untuk mempertahankan kendali, pembeli EUR/USD harus tetap berada di atas 1.0620. Hal ini dapat membuka jalan menuju 1.0640. Dari level tersebut, harga berpotensi mencapai 1.0670, tetapi tercapainya level tersebut tanpa dukungan pemain besar akan cukup menantang. Target terjauh terletak di level tertinggi 1.0700. Jika harga turun, aksi signifikan dari pembeli besar dapat terlihat di sekitar titik 1.0620. Jika tidak ada yang mengambil tindakan pada level tersebut, mungkin bijaksana untuk menunggu titik terendah baru di 1.0590 atau mempertimbangkan untuk mengambil posisi long dari 1.0570.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.