Note

Tips MotionTrade: Kenalan dengan 5 Indeks Saham Syariah

· Views 56
Tips MotionTrade: Kenalan dengan 5 Indeks Saham Syariah
Tips MotionTrade: Kenalan dengan 5 Indeks Saham Syariah. (Foto: MNC Media)

IDXChannel - MNC Sekuritas merupakan perusahaan efek di bawah naungan MNC Group, yang saat ini mayoritas sahamnya dimiliki oleh PT Motion Digital Technology. Bukan hanya menyediakan layanan investasi saham, MNC Sekuritas melalui aplikasi MotionTrade memfasilitasi transaksi saham syariah dan reksa dana syariah.

Masyarakat yang ingin memulai berinvestasi dan memperhatikan faktor "halal" dapat berinvestasi pada instrumen saham syariah. Agar lebih mudah mengidentifikasi saham syariah, Anda bisa membuka akun syariah di aplikasi MotionTrade yang secara otomatis hanya menampilkan saham-saham syariah saja. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan Indeks Saham Syariah  untuk memudahkan Anda dalam mencari acuan dalam berinvestasi syariah di pasar modal. 

Baca Juga:
Tips MotionTrade: Kenalan dengan 5 Indeks Saham Syariah Bulan Nambah Income, Ada Cashback Rp250 Ribu dari BNI Asset Management di MotionTrade

Motiontrade telah merangkum lima indeks saham syariah yang ada di Indonesia, antara lain: 
 
1. Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI)
Indeks saham syariah yang banyak dijadikan acuan performa emiten syariah adalah ISSI. Untuk masuk dalam indeks saham ini, emiten harus terdaftar dalam Bursa Efek Indonesia (BEI) dan Daftar Efek Syariah (DES) terlebih dahulu. Konstituen ISSI diseleksi ulang setiap bulan Mei dan November sehingga akan ada daftar saham syariah yang baru. 

2. Jakarta Islamic Index (JII) 
Indeks JII terdiri dari 30 emiten syariah dengan likuiditas tertinggi di BEI dan harus tercatat dalam ISSI selama 6 bulan terakhir. 60 saham akan dipilih berdasarkan rata-rata kapitalisasi pasar yang tertinggi selama satu tahun terakhir. Dari 60 saham tersebut, dipilih 30 saham terpilih sebagai konstituen JII berdasarkan rata-rata nilai transaksi harian tertinggi di pasar reguler.

Baca Juga:
Tips MotionTrade: Kenalan dengan 5 Indeks Saham Syariah Tips MotionTrade: Tiga Tips Memanfaatkan Saham Turnaround

3. Jakarta Islamic Index 70 (JII70)
Indeks JII70 terdiri dari 70 saham syariah paling likuid yang tercatat di BEI. Proses seleksinya dilakukan terhadap 150 emiten dengan likuiditas tertinggi dalam BEI dan DES, kemudian diseleksi hingga terpilih 70 emiten konstituen JII70 berdasarkan rata-rata nilai transaksi harian tertinggi di pasar reguler.

4. IDX-MES BUMN 17
Indeks ini merupakan kolaborasi dari Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Bursa Efek Indonesia (BEI) dengan perkumpulan Masyarakat Ekonomi Syariah (MES). Indeks ini juga dipilih dari konstituen yang terdaftar pada ISSI. Dari seluruh konstituen ISSI, akan dipilih 17 emiten BUMN atau afiliasinya sebagai konstituen IDX-MES BUMN17 berdasarkan likuiditas dan fundamentalnya. 

Baca Juga:
Tips MotionTrade: Kenalan dengan 5 Indeks Saham Syariah Tips MotionTrade: Tiga Tips Tetap Tenang Hadapi Koreksi Saham

5. IDX Sharia Growth (IDXSHAGROW)
IDX Sharia Growth terdiri dari 30 saham syariah yang memiliki tren pertumbuhan laba bersih dan pendapatan relatif terhadap harga dengan likuiditas transaksi serta kinerja keuangan yang baik. Seleksi terhadap saham konstituen JII70 akan mengerucut pada 30 saham syariah dengan nilai pertumbuhan Price-to-Earning Ratio (PER) dan tren pertumbuhan Price-to-Sales Ratio (PSR) yang tertinggi.

Di aplikasi MotionTrade, sudah tersedia daftar saham-saham konstituen dari lima indeks syariah tersebut. Anda bisa melihat emiten yang terdaftar dalam indeks saham syariah pada fitur “Index”.  Yuk, mulai investasi reksa dana sekarang dengan aplikasi MotionTrade, yang juga menyediakan versi syariah-nya juga!

Baca Juga:
Tips MotionTrade: Kenalan dengan 5 Indeks Saham Syariah Tips MotionTrade: Ini Pentingnya Mengetahui Jumlah Saham Beredar

Nikmati layanan investasi saham dan reksa dana dari #MNCSekuritas dengan segera mengunduh aplikasi MotionTrade dan jelajahi seamless experience. Aplikasi MotionTrade dapat diunduh di Google PlayStore dan Apple AppStore dengan link unduh onelink.to/motiontrade. MNC Sekuritas, Invest with The Best! 

(WHY)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.