Note

BEI Gandeng Dompet Dhuafa, Gaet Milenial Berwakaf di Pasar Modal

· Views 43
BEI Gandeng Dompet Dhuafa, Gaet Milenial Berwakaf di Pasar Modal
BEI Gandeng Dompet Dhuafa, Gaet Milenial Berwakaf di Pasar Modal. Foto: MNC Media.

IDXChannel - Bursa Efek Indonesia (BEI) dan Dompet Dhuafa berkolaborasi mengajak anak muda berwakaf melalui pasar modal Indonesia. Inisiasi ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya pemahaman wakaf di Indonesia.

Kepala Divisi Pasar Modal Syariah BEI, Irwan Abdullah, mengungkapkan saat ini pemahaman masyarakat terkait wakaf masih seputar pembangunan masjid, madrasah, dan pembelian tanah makam. 

Baca Juga:
BEI Gandeng Dompet Dhuafa, Gaet Milenial Berwakaf di Pasar Modal BEI Kenakan Sanksi dan Denda Rp225 Juta ke Bumiputera Sekuritas (ZR)

Lambatnya pemahaman terkait wakaf disebabkan oleh model literasi yang masih menggunakan konsep lama.

"Kami sudah memperkirakan minatnya pasti lambat. Sementara, target kami ini anak-anak muda yang penghasilannya masih terbatas," kata Irwan dalam acara Wakaferse 2023 di Gedung Bursa Efek Indonesia pada Jumat (3/11/2023). 

Baca Juga:
BEI Gandeng Dompet Dhuafa, Gaet Milenial Berwakaf di Pasar Modal Jumlah IPO di BEI Pecah Rekor, Menetas Siap Bantu Calon Emiten

Adapun sejak 2019 hingga September 2023 total nilai transaksi wakaf saham baru mencapai Rp280 juta.

Selain itu, BEI berupaya untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat bahwa wakaf dapat dilakukan tanpa nilai minimal yakni melalui mekanisme wakaf saham. Dalam hal ini, Majelis Ulama Indonesia (MUI) juga telah menyatakan saham sebagai salah satu aset wakaf.

Baca Juga:
BEI Gandeng Dompet Dhuafa, Gaet Milenial Berwakaf di Pasar Modal BEI Sebut Lonjakan Suku Bunga BI Berdampak pada Minat Investasi Saham

Sebagai informasi, mekanisme dari wakaf saham ini, yaitu para investor melakukan transaksi wakaf saham dengan perusahaan sekuritas. Lalu, perusahaan sekuritas mentransfer saham ke rekening efek nadzir untuk dikelola. Saham yang boleh diwakafkan adalah saham syariah.

Saham syariah yang akan diwakafkan, disetor atau diserahkan ke lembaga pengelola investasi. Sedangkan, keuntungan yang berasal dari pengelolaan saham syariah oleh pengelola investasi akan disetor ke lembaga pengelola wakaf.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Yayasan Dompet Dhuafa, Rahmad Riyadi mengatakan, wakaf mampu menjadi pilar ekonomi syariah dengan potensi nilai mencapai Rp200 triliun. Per Oktober 2023, Dompet Dhuafa tercatat 430 nadzir wakaf dengan total nilai wakaf 20 miliar per tahun. 

“Karena itu, kami perlu berkolaborasi dengan pasar modal untuk menggeser pemahaman terkait wakaf ini. Kalau bisa direalisasikan, maka bisa menjadi pilar yang luar biasa," kata Rahmad.

Halaman : 1 2

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.