Note

Begini Tahapan Tumbuh Kembang Anak yang Wajib Bunda Ketahui Sedari Dini

· Views 41
Ilustrasi tumbuh kembang anak. (foto: dok Aladin Mall)

JAKARTA, iNews.id - Tumbuh kembang anak  adalah perubahan yang bersifat kuantitatif, dapat diukur, dan terjadi secara fisik. Pertumbuhan dan perkembangan dipengaruhi oleh faktor-faktor internal dan eksternal, untuk itu bunda perlu memerhatikannya supaya bisa berjalan dengan optimal.

Selain itu, memantau perkembangan anak  juga dapat membantu orangtua menemukan adanya ketidaknormalan selama masa pertumbuhan si kecil agar dapat dilakukan penanganan sejak dini.
Berikut adalah tahapan tumbuh kembang anak sesuai usianya.

1. Bayi

Selama dua bulan pertama kehidupan , bayi baru lahir bereaksi secara otomatis terhadap stimulasi eksternal. Bayi baru lahir dapat menggerakan kepala mereka dari sisi ke sisi, melihat objek dari dekat, menoleh ke arah suara, dan menangis untuk menunjukkan kebutuhan.

Pada bulan ketiga kehidupannya, bayi baru lahir mulai bisa tersenyum pada orang lain. Memasuki usia 6-8 bulan, bayi bisa duduk tanpa penyangga, merespon ketika dipanggil namanya, dan mulai berkomunikasi dengan gerakan tubuh.

Bayi berusia 9-12 bulan mulai dapat menunjuk sesuatu, mengambil benda, merangkak, dan bahkan berdiri dengan penyangga. Anak juga dapat meniru suara dan gerak tubuh.

2. Balita

Saat memasuki usia antara 1-3 tahun , anak dapat berdiri sendiri, belajar berjalan tanpa bantuan, mulai berdiri dan menaiki tangga dengan langkah pendek. Mereka dapat melambaikan tangan, memegang pensil atau krayon, menggambar lingkaran, belajar mengucapkan beberapa kata dan kalimat pendek, bahkan mengikuti instruksi sederhana.

3. Usia Pra Sekolah

Pada fase ini, perkembangan si kecil mulai mengarah kepada perkembangan kemandirian dan sosialisasinya. Kemudian, perkembangan motorik, bahasa, sosial, dan emosionalnya cenderung akan menetap hingga di waktu kedepannya. Masa ini dilalui saat anak mulai menapaki usia 5 hingga 6 tahun.

4. Masa Sekolah

Usia sekolah adalah usia antara 6 hingga 17 tahun. Selama usia ini, anak-anak belajar untuk menjadi mandiri dan membentuk pendapat mereka sendiri. Belajar, berbicara, dan menulis menjadi semakin piawai. 

Anak-anak juga akan mengembangkan berbagai emosi seperti cemburu, cinta, dan banyak lagi, dan dapat mengekspresikannya melalui kata-kata dan gerak tubuh. Mereka sudah bisa bersahabat dan biasanya mulai punya teman baik pada tahap ini. Perkembangan seksual setelah pubertas nantinya juga akan membuat mereka mulai tertarik dengan remaja atau orang lain.

Tips Agar Tumbuh Kembang Anak Optimal

Salah satu cara untuk mendukung tumbuh kembang anak agar optimal adalah dengan memperhatikan nutrisi si kecil. Selain makanan sehat, Anda juga bisa memberikan susu formula pendamping , vitamin , dan kebutuhan anak lainnya .

Dapatkan berbagai kebutuhan anak di AladinMall  karena ada Flash Sale setiap hari dengan diskon hingga 90% plus gratis ongkir tanpa batas! Makanya, buruan download aplikasi AladinMall di Google Play Store  dan App Store  lalu belanja sebelum kehabisan!

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.