Note

Integrasikan Supply Chain Bisnis Distribusi, CLEO Akan Suntik Perusahaan Distribusi FMCG Sebesar Rp180 Miliar

· Views 33

Pasardana.id - Produsen Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) merek dagang ‘CLEO’, PT Sariguna Primatirta Tbk (Tanobel Group) (IDX: CLEO) segera merealisasikan rencana untuk melakukan integrasi vertikal atas supply chain bisnis distribusi yang selama ini dijalankan PT Sentralsari Primasentosa (PT SPS).

Untuk itu, CLEO akan menyuntikkan dana sebesar Rp 180 miliar untuk penyertaan saham sebesar 80% di PT SPS, yang antara lain akan digunakan PT SPS untuk menambah armada kendaraan distribusi, setelah mendapatkan persetujuan pemegang saham Independen pada Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa tanggal 30 November 2023.

Transaksi penyertaan saham tersebut juga telah mendapatkan pendapat kewajaran (fairness opinion) dari Kantor Jasa Penilai Publik yang independen.

Adapun PT SPS merupakan perusahaan distribusi FMCG yang terutama mendistribusikan produk CLEO ke seluruh Indonesia, dimana saat ini, PT SPS memiliki 337 depo yang tersebar di seluruh Indonesia, dengan ribuan armada.

Saat ini, PT SPS merupakan distributor yang dipercaya CLEO untuk mendistribusikan seluruh produk CLEO ke seluruh pelosok Indonesia.

“Kami yakin pengintegrasian ini akan meningkatkan efektifitas dan efisiensi pengelolaan manajemen distribusi produk-produk yang dimiliki Perseroan dalam satu payung grup usaha mengingat PT SPS merupakan distributor tunggal CLEO. Kami optimis pengintegrasian ini juga akan memberikan kontribusi yang positif bagi kinerja CLEO secara keseluruhan karena pertumbuhan bisnis AMDK di Indonesia masih sangat besar," kata Melisa Patricia, CEO dari CLEO dalam keterangan pers, Jumat (03/11).

“Kami juga ingin proses akuisisi ini dilakukan sesuai prosedur yang berlaku sesuai peraturan dan ketentuan yang berlaku serta mengikuti tata kelola perusahaan yang terbaik bagi seluruh pemegang saham,” sambungnya.

Langkah pengintegrasian ini merupakan bagian dari strategi antisipasi Perseroan terhadap potensi pertumbuhan kebutuhan air minum yang semakin tinggi, seiring kembali normalnya kegiatan masyarakat pasca pandemi, dimana pengintegrasian bisnis distribusi ini diharapkan akan memperkuat kemampuan CLEO dalam melakukan penetrasi pasar.

Selain itu, integrasi vertikal CLEO dengan PT SPS ini juga diharapkan mampu memberikan dampak positif bagi kinerja CLEO secara keseluruhan dengan adanya potensi pertumbuhan PT SPS dalam mendistribusikan produk-produk FMCG lainnya, mengingat PT SPS memiliki cakupan wilayah distribusi yang luas dan ekstensif yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia, serta didukung oleh manajemen yang berpengalaman serta armada dan infrastruktur distribusi yang kuat.

Sementara itu, sebagai bukti nyata dari konsistensi CLEO dalam meraih pertumbuhan yang tinggi tercermin dari kinerja keuangan terakhir di kuartal 3-2023, dimana perseroan berhasil membukukan laba bersih Rp 204,8 miliar pada kuartal III 2023, atau tumbuh 35,7% YoY.

Selama sembilan bulan pertama 2023 ini, Perseroan mencatatkan penjualan sebesar Rp 1,15 triliun, atau meningkat 13,6% YoY.

Dengan demikian, CLEO berhasil mencapai pertumbuhan pendapatan yang melampaui rata-rata industri.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.