Note

Tugu Pratama (TUGU) Tertinggi, Ini 10 Besar Perolehan Laba Asuransi Umum Nasional

· Views 48
Tugu Pratama (TUGU) Tertinggi, Ini 10 Besar Perolehan Laba Asuransi Umum Nasional
Tugu Pratama (TUGU) Tertinggi, Ini 10 Besar Perolehan Laba Asuransi Umum Nasional (foto: MNC Media)

IDXChannel – PT Asuransi Tugu Pratama Indonesia Tbk (TUGU) sukses menjadi jawara atas perolehan kinerja industri asuransi umum nasional di sepanjang sembilan bulan pertama tahun ini.

Hingga triwulan III-2023, anak usaha PT Pertamina (Persero) itu berhasil mencatatkan kinerja yang cukup solid, baik dari segi top line (pendapatan) maupun bottom line (laba bersih).

Baca Juga:
Tugu Pratama (TUGU) Tertinggi, Ini 10 Besar Perolehan Laba Asuransi Umum Nasional Tembus Rp1,14 T, Laba Tugu Pratama (TUGU) Tertinggi di Industri Asuransi Umum

Berdasarkan laporan keuangan perusahaan per September 2023 yang telah dipublikasikan, laba bersih TUGU tercatat mencapai Rp1,14 triliun, atau melonjak hingga 4,3 kali lipat dibanding realisasi laba pada periode sama tahun sebelumnya, yang masih sebesar Rp262 miliar.

Capaian tersebut pun mengantarkan TUGU sebagai perusahaan dengan torehan laba bersih tertinggi di sektor industri asuransi umum nasional.

Baca Juga:
Tugu Pratama (TUGU) Tertinggi, Ini 10 Besar Perolehan Laba Asuransi Umum Nasional Laba Bersih Sentuh All Time High, Begini Jeroan Asuransi Tugu (TUGU)

Catatan profit tersebut, jauh melampaui capaian laba bersih PT Asuransi Multi Artha Guna Tbk (AMAG) yang berada di peringkat dua dengan Rp114, 69 miliar, dan juga PT Asuransi Ramayana Tbk (ASRM) di peringkat tiga dengan Rp54 miliar.

Di peringkat empat, ada PT Asuransi Bina Dana Arta Tbk (ABDA) dengan catatan laba bersih hingga triwulan III-2023 sebesar Rp45 miliar. Sedangkan di peringkat lima ada PT Lippo General Insurance Tbk (LPGI) dengan perolehan Rp23 miliar untuk perbandingan yang sama.

Baca Juga:
Tugu Pratama (TUGU) Tertinggi, Ini 10 Besar Perolehan Laba Asuransi Umum Nasional Analisis Saham Pilihan: TUGU, AMRT Hingga MUTU

Selanjutnya, di peringkat enam, terdapat PT Asuransi Maximus Graha Persada Tbk (ASMI) dengan perolehan laba bersih sebesar Rp13 miliar.

Berada tipis di bawah perolehan ASMI, ada PT Asuransi Bintang Tbk (ASBI) dan PT Malacca Trust Wuwungan Insurance Tbk (MTWI) yang sama-sama mengantongi laba bersih sebesar Rp12 miliar.

Melengkapi formasi 10 besar, ada PT Asuransi Dayin Mitra Tbk (ASDM) di peringkat sembilan dengan torehan laba bersih sebesar Rp10 miliar, dan ditutup dengan PT Victoria Insurance Tbk (VINS) yang mengantongi laba sebesar Rp6 miliar.

Tak hanya secara laba bersih, dominasi TUGU juga sangat nampak dalam hal perolehan ekuitas, di mana hingga triwulan III-2023 perusahaan tersebut mampu mengantongi hingga Rp10,16 triliun, jauh meninggalkan AMAG yang berada di peringkat dua dengan Rp1,685 triliun.

Menguntit AMAG, ABDA tercatat sebagai perusahaan asuransi umum dengan nilai ekuitas terbesar ketiga, dengan Rp1,479 triliun, dan diikuti oleh LPGI di peringkat empat dengan Rp839 miliar.

Selanjutnya, ASRM melengkapi formasi lima besar nasional dengan nilai ekuitas tercatat sebesar Rp646 miliar. Di bawahnya, ada ASMI dengan catatan ekuitas per triwulan III-2023 sebesar Rp390 miliar, bersamaan dengan ASBI.

Di peringkat delapan, ada ASDM dengan Rp361 miliar, lalu PT Asuransi Jasa Tania Tbk (ASJT) di peringkat sembilan dengan catatan Rp319 miliar, dan terakhir MTWI dengan nilai ekuitas sebesar Rp280 miliar. (TSA)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.