Note

GOTO Terbang 14 Persen dan Jadi Top Gainers, Investor Mulai Pede Lagi?

· Views 49
GOTO Terbang 14 Persen dan Jadi Top Gainers, Investor Mulai Pede Lagi?
GOTO Terbang 14 Persen dan Jadi Top Gainers, Investor Mulai Pede Lagi? (Foto: MNC Media)

IDXChannel – Saham emiten e-commerce dan jasa ride-hailing PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) melambung tinggi dan menjadi top gainers kedua pada penutupan Kamis (2/11/2023).

Menurut data Bursa Efek Indonesia (BEI), saham GOTO melejit 14,52 persen ke Rp71 per saham. Nilai transaksi mencapai Rp619,21 miliar dan volume perdagangan 9,23 miliar saham.

Baca Juga:
GOTO Terbang 14 Persen dan Jadi Top Gainers, Investor Mulai Pede Lagi? IHSG Hari Ini Berakhir Menguat ke 6.751, GOTO Masuk Top Gainers

Ini menandakan kenaikan 3 hari beruntun saham GOTO usai sempat ditutup di Rp56 per saham pada Jumat (27/10) pekan lalu dan Senin (30/10).

Secara teknikal, harga saham GOTO akan menguji area resistance terdekat di level 75-80 sebelum menentukan arah selanjutnya. Area support terdekat untuk saham GOTO berada di 70 dan 65.

Baca Juga:
GOTO Terbang 14 Persen dan Jadi Top Gainers, Investor Mulai Pede Lagi? GoTo (GOTO) Batalkan Rencana Listing di Bursa Luar Negeri, Ini Sebabnya

Namun, secara umum, saham GOTO masih dalam fase downtrend.

Saham GOTO sempat mengalami tekanan jual yang tinggi selama Oktober.

Baca Juga:
GOTO Terbang 14 Persen dan Jadi Top Gainers, Investor Mulai Pede Lagi? Kurangi Bakar Uang dan Efisiensi, Rugi Bersih GOTO Berkurang Jadi Rp9,59 Triliun

Pada 16 Oktober lalu, GOTO bahkan sempat menyentuh level terendah sepanjang masa (all time low/ATL) pada perdagangan intraday pukul 10.10 WIB ke Rp54 per saham (anjlok 19 persen secara harian). Pada hari itu, GOTO akhirnya memangkas penurunan menjadi 1,49 persen ke posisi Rp66 per saham.

Investor tampaknya mulai kembali masuk ke GOTO usai aksi jual besar-besaran bulan lalu pasca-perusahaan merilis kinerja keuangan teranyar dan ditambah sentimen eksternal berupa keputusan bank sentral Amerika Serikat (AS) Federal Reserve (The Fed) yang kembali menahan suku bunga acuan untuk kali kedua dalam dua pertemuan Federal Open Market Committee (FOMC) terakhir.

The Fed mempertahankan suku bunga kebijakan tetap stabil pada kisaran 5,25%-5,50% saat ini.

Maklum, perusahaan teknologi, apalagi yang lahir sebagai startup, sensitif terhadap perubahaan suku bunga bank sentral.

Perbaikan Kinerja

Pada Senin (30/10), GOTO melaporkan rugi bersih hingga kuartal III 2023 sebesar Rp9,59 triliun. Angka tersebut lebih rendah 54% jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya sebesar Rp20,91 triliun.

Rugi bersih periode berjalan untuk kuartal ketiga 2023 membaik 28% dibandingkan kuartal sebelumnya dan 65% dibandingkan tahun sebelumnya mencapai minus Rp2,4 triliun. 

Perbaikan ini dihasilkan dari monetisasi dan pengurangan insentif serta beban pemasaran sebesar 36% dibandingkan tahun sebelumnya. Itu berarti ada penghematan sebesar Rp2,1 triliun untuk kuartal ini dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Perseroan juga mencatat penurunan sebesar 19% pada beban operasional tetap dan penurunan lebih dari 25% untuk biaya terkait cloud dan infrastruktur TI, yang merupakan bagian terbesar dari beban pokok pendapatan. Penghematan tersebut secara keseluruhan berjumlah Rp2,5 triliun dalam bentuk penghematan beban operasional tetap dan beban cloud dan TI yang disetahunkan. 

Direktur Utama Grup GOTO, Patrick Walujo, menjelaskan perseroan juga telah mengidentifikasi sejumlah penghematan tahunan dari dua kelompok beban usaha tersebut senilai sekitar Rp450 miliar yang akan dibukukan secara bertahap.

"Grup GoTo akan terus beradaptasi secara taktis untuk mempertahankan kepemimpinan pasar kami, serta di saat yang sama terus berinvestasi untuk mendukung strategi bisnis jangka panjang Perseroan," ujar Patrick dalam keterangan tertulisnya, Senin (30/10).

Selain itu, perseroan juga melaporkan perbaikan EBITDA Grup yang disesuaikan sebesar 74% year-on-year (yoy) mencapai minus Rp940 miliar, yang didorong peningkatan monetisasi dan manajemen beban usaha secara disiplin. 

Di saat yang bersamaan, GTV (nilai transaksi bruto) Grup tumbuh 5% dibanding kuartal sebelumnya, menunjukkan dampak positif dari inovasi Perseroan di tengah kompetisi yang semakin ketat.

Pendapatan bruto Perseroan juga tumbuh 1% yoy mencapai Rp6,0 triliun, didukung penghematan beban insentif dan pemasaran produk sebesar 36% yoy atau setara dengan Rp2.1 triliun untuk kuartal III ini. 

Margin kontribusi GOTO tetap positif untuk tiga kuartal berturut-turut, yaitu 0,75% sebagai persentase GTV 3, tumbuh 149bps yoy dan 2bps dibandingkan kuartal sebelumnya (quarter-on-quarter) mencapai Rp1,1 triliun.

Perseroan memiliki kas dan neraca yang solid, dengan kas, setara kas, dan deposito jangka pendek senilai Rp25,2 triliun pada 30 September 2023. Tingkat penggunaan bersih kas (Net Cash Burn) berkurang 76% dibandingkan tahun sebelumnya, sehingga Perseroan memiliki modal lebih dari cukup untuk menjalankan kegiatan bisnisnya dan mengeksekusi rencana saat ini. (ADF)

Disclaimer: Keputusan pembelian/penjualan saham sepenuhnya ada di tangan investor.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.