Note

Prospek untuk EUR/USD pada 2 November. Laporan COT. Rapat The Fed menempatkan tekanan pada dolar

· Views 50

Analisis dari EUR/USD 5M

Prospek untuk EUR/USD pada 2 November. Laporan COT. Rapat The Fed menempatkan tekanan pada dolar

EUR/USD mengubah arah beberapa kali pada hari Rabu, namun di akhir hari, tingkat penutupan sama dengan tingkat pembukaan. Namun, harga telah naik tipis. Secara umum, tidak banyak yang berubah selama beberapa hari terakhir. Ada banyak berita dan peristiwa penting, namun euro kembali naik, yang berarti fase korektif baru mungkin sedang terbentuk. Pada prinsipnya, dolar punya alasan untuk melemah kemarin. Indeks manufaktur ISM secara tak terduga turun secara signifikan. Jumlah pegawai baru sektor swasta di ADP berada di bawah ekspektasi, Federal Reserve tidak menaikkan suku bunga utama, dan Ketua Fed Jerome Powell tidak membuat pernyataan hawkish apa pun pada konferensi pers. Dolar memerlukan alasan yang lebih substansial untuk melanjutkan pergerakan kenaikannya.

Mengenai sinyal trading, euro tidak jelas berada dalam fase datar, tidak seperti pound. Oleh karena itu, sinyalnya cukup bagus. Awalnya, pasangan ini memantul dari garis kritis dan turun ke level 1,0530. Posisi short menghasilkan keuntungan sekitar 25 pips. Posisi buy yang dibuka di sekitar level 1.0530 tidak menghasilkan keuntungan karena harga gagal mencapai level Kijun-sen hanya beberapa pip dan kemudian turun kembali ke 1.0530. Oleh karena itu, trading ditutup pada stop-loss tanpa kerugian. Pada malam hari, pemantulan dari level 1.0530 seharusnya tidak dilakukan karena pada saat itulah hasil pertemuan The Fed diumumkan dan Powell menyampaikan pidatonya. Bagaimanapun, sinyal ini terlambat terbentuk.

Laporan COT:

Lihat juga: Anda dapat buka akun trading di sini.
Prospek untuk EUR/USD pada 2 November. Laporan COT. Rapat The Fed menempatkan tekanan pada dolar

Pada hari Jumat, laporan COT baru untuk tanggal 24 Oktober dirilis. Selama 12 bulan terakhir, data laporan COT konsisten dengan apa yang terjadi di pasar. Posisi bersih trader besar (indikator kedua) mulai meningkat kembali pada bulan September 2022, kira-kira pada saat yang sama ketika euro mulai naik. Pada paruh pertama tahun 2023, posisi bersih hampir tidak meningkat, namun euro tetap relatif tinggi selama periode ini. Hanya dalam dua bulan terakhir, kita telah melihat penurunan euro dan penurunan posisi bersih, yang telah kita tunggu sejak lama. Saat ini, posisi bersih trader non-komersial masih bullish dan tren ini kemungkinan akan segera kehilangan momentum.

Kita telah mencatat sebelumnya bahwa garis merah dan hijau telah bergerak menjauh satu sama lain secara signifikan, yang sering kali mendahului berakhirnya sebuah tren. Konfigurasi ini bertahan selama lebih dari setengah tahun, namun pada akhirnya, jalur-jalur tersebut mulai bergerak semakin berdekatan satu sama lain. Oleh karena itu, kami masih berpegang pada skenario bahwa tren kenaikan telah berakhir. Selama minggu pelaporan terakhir, jumlah posisi buy untuk kelompok "non-komersial" meningkat sebanyak 1.200, sedangkan jumlah posisi short turun sebanyak 1.600. Akibatnya, posisi bersih meningkat sebesar 400 kontrak, yang berarti hampir tidak berubah. Jumlah kontrak BELI masih lebih tinggi dibandingkan jumlah kontrak JUAL di kalangan trader non-komersial sebesar 82.000, namun kesenjangannya semakin mengecil. Pada prinsipnya, kini terbukti bahkan tanpa laporan COT bahwa euro akan terus melemah.

Analisis dari EUR/USD 1H

Prospek untuk EUR/USD pada 2 November. Laporan COT. Rapat The Fed menempatkan tekanan pada dolar

Pada grafik 1 jam, pasangan ini telah menunjukkan tiga fase korektif namun belum mampu berkonsolidasi di bawah 1,0530, dan saat ini menargetkan fase korektif keempat. Seperti yang kami sebutkan, minggu ini memiliki latar belakang fundamental dan makroekonomi yang sangat kuat, sehingga pada akhir minggu, harga bisa bergerak kemana saja. Kemarin, dolar tidak menemukan dukungan dan memulai pergerakan turun baru.

Pada tanggal 2 November, kami menyoroti level trading berikut: 1.0269, 1.0340-1.0366, 1.0485, 1.0530, 1.0581, 1.0658-1.0669, 1.0768, 1.0806, 1.0868, 1.0935, serta garis Senkou Span B (1.0 575 ) dan garis Kijun-sen (1.0609). Garis indikator Ichimoku dapat bergeser sepanjang hari, jadi hal ini harus diperhitungkan saat mengidentifikasi sinyal trading. Ada juga level support dan resistance tambahan, namun sinyal tidak terbentuk di dekatnya. Sinyal dapat berupa "bounces" dan "breakouts" pada level dan garis ekstrem. Jangan lupa untuk menetapkan Stop Loss breakeven jika harga sudah bergerak ke arah yang benar sebesar 15 pips. Ini akan melindungi terhadap potensi kerugian jika sinyalnya ternyata salah.

Pada hari Kamis, nilai PMI manufaktur final akan dipublikasikan di Uni Eropa dan Jerman. Ini bukanlah poin data yang penting. Di Amerika Serikat, terdapat laporan klaim pengangguran, yang juga tidak terlalu signifikan. Perlu dicatat bahwa Bank of England akan mengadakan pertemuan, yang hasilnya juga dapat berdampak pada euro.

Deskripsi dari grafik:

Level support dan resistance adalah garis merah tebal di dekat mana tren mungkin berakhir. Mereka tidak memberikan sinyal trading;

Garis Kijun-sen dan Senkou Span B adalah garis indikator Ichimoku, diplot ke jangka waktu 1 jam dari jangka waktu 4 jam. Mereka memberikan sinyal trading;

Level ekstrim adalah garis merah tipis tempat harga memantul sebelumnya. Mereka memberikan sinyal trading;

Garis kuning adalah garis tren, saluran tren, dan pola teknis lainnya;

Indikator 1 pada grafik COT adalah ukuran posisi bersih untuk setiap kategori trader;

Indikator 2 pada grafik COT adalah ukuran posisi bersih untuk grup Non-komersial.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.