Note

Laba Bersih Naik 77.7 Persen QoQ di Kuartal III 2023, VAST Targetkan Ekspansi Gudang Baru di Wilayah Jabodetabek

· Views 71

Pasardana.id — Emiten pengembang properti pergudangan yang memiliki pengalaman lebih dari 10 tahun, PT Vastland Indonesia Tbk (IDX: VAST) berencana memanfaatkan momentum pulihnya permintaan pergudangan di wilayah Jabodetabek dengan melakukan penambahan jumlah gudang.

Pasalnya, permintaan pergudangan sudah meningkat semenjak berakhirnya pandemi.

Sejauh ini, sektor transportasi dan pergudangan sudah menunjukkan peningkatan kinerja, naik dari 3,24 persen pada 2021 menjadi 19,87 persen pada 2022 lalu.

Untuk wilayah Jabodetabek sendiri, permintaan gudang mengalami peningkatan dengan okupansi mencapai 88% pada kuartal ketiga tahun 2023.

Menurut Jakarta Property Market Overview 3Q 2023, diprediksi akan ada pasokan baru hingga sekitar 1 juta meter per segi pada tahun 2025 nanti.

Menyikapi hal tersebut, VAST, yang saat ini memiliki dan mengelola gudang di Lampung, Riau, Palembang, Bengkulu, Jambi, dan Klaten, berencana untuk memperluas ekspansi gudang di wilayah Tangerang.

Wilayah tersebut dibidik karena beberapa kelebihan, salah satunya, Tangerang merupakan kota yang berada dekat dengan Jakarta yang dimudahkan oleh berbagai akses jalan tol seperti gerbang tol Serpong – Balaraja, Jakarta-Merak, Tol Bandara SoekarnoHatta, Tol Jagorawi, dan lainnya.

“Lokasi yang strategis adalah salah satu kriteria yang kami terapkan agar bisa mengakomodasi berbagai kebutuhan penyewa,” jelas Direktur Keuangan VAST Stanley V Gunawan dalam keterangan pers, Kamis (02/11).

“Ekspansi ini dapat dilakukan baik dengan cara membeli gudang yang sudah beroperasional dari pihak lain atau dengan membangun gudang baru dari awal. Yang jelas, rencana ekspansi di wilayah Tangerang ini diharapkan akan meningkatkan revenue VAST,” lanjutnya.

Adapun baru-baru ini, Vastland Indonesia menerbitkan laporan keuangan kuartal 3 2023.

Dalam laporan tersebut, terungkap bahwa VAST terus membukukan hasil yang positif dengan pertumbuhan pendapatan sebesar 9.9% QoQ naik menjadi 6.5 miliar rupiah pada 3Q23 dibandingkan 5.9 miliar rupiah pada 2Q23.

Perbaikan pendapatan juga didorong oleh efisiensi yang tercermin pada penurunan beban pokok pendapatan sebesar 40.9% QoQ dari Rp932 juta pada 2Q23 menjadi Rp550 juta pada 3Q23, dan membuat laba bersih naik lebih signifikan sebesar 77.7% QoQ dari Rp1.9 miliar pada 2Q23 menjadi Rp3.3 miliar pada 3Q23.

Dari segi kesehatan likuiditas, VAST berhasil memperbaiki neraca keuangan yang stabil dengan DER sebesar 0.17 pada 9M23 (vs 0.40 pada 9M22), dan juga perbaikan current ratio menjadi 0.99 pada 9M23 (vs 0.22 pada 9M22) yang disebabkan oleh kenaikan aset lancar dan juga penurunan utang jangka pendek.

VAST juga mendapakan kenaikan kas dan setara kas menjadi Rp10.1 miliar pada 9M23, dibanding Rp3,7 miliar yang tercatat pada 9M22, yang dapat diimplementasikan pada ekspansi perusahaan selanjutnya.

 

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.