Note

Inilah Cara Mendapatkan Uang 2 Juta dalam Sehari dari Saham, Butuh Modal Berapa?

· Views 39
Inilah Cara Mendapatkan Uang 2 Juta dalam Sehari dari Saham, Butuh Modal Berapa?
Inilah Cara Mendapatkan Uang 2 Juta dalam Sehari dari Saham, Butuh Modal Berapa? (FOTO : MNC MEDIA)

IDXChannel - Bagaimana cara mendapatkan uang 2 juta dalam sehari dari saham? Kira-kira berapa modal yang dibutuhkan?

Saham merupakan bukti kepemilikan atas suatu perusahaan. Investasi dalam saham saat ini menjadi pilihan populer untuk memperoleh pendapatan pasif, dan banyak masyarakat tertarik karena potensi keuntungan yang menarik yang dapat diperoleh.

Baca Juga:
Inilah Cara Mendapatkan Uang 2 Juta dalam Sehari dari Saham, Butuh Modal Berapa? Ikapharmindo (IKPM) Mulai Offering, Patok Harga IPO Rp165 per Saham

Lantas bagaimana cara mendapatkan uang 2 juta dalam sehari dari saham? Simak penjelasan yang dihimpun IDX Channel dari berbagai informasi tepercaya. 

Cara Mendapatkan Uang 2 Juta dalam Sehari dari Saham

Saham adalah instrumen investasi yang paling banyak dipilih oleh para investor karena harganya terjangkau dan transaksi di pasar saham relatif mudah. 

Baca Juga:
Inilah Cara Mendapatkan Uang 2 Juta dalam Sehari dari Saham, Butuh Modal Berapa? Mau IPO, Kian Santang (RGAS) Patok Harga Rp120 per Saham

Investasi saham dapat memberikan keuntungan yang signifikan jika investor mampu memilih saham dengan bijak.

Investasi saham bertujuan untuk memperoleh keuntungan dan mengembangkan modal. Karena itu, penting untuk memahami keuntungan yang dapat diperoleh melalui investasi saham. Berikut adalah beberapa keuntungan yang bisa diperoleh dari investasi saham beserta perhitungannya:

Baca Juga:
Inilah Cara Mendapatkan Uang 2 Juta dalam Sehari dari Saham, Butuh Modal Berapa? IHSG Hari Ini Berpeluang Rebound, Berikut Saham-Saham Berpotensial

Inilah Cara Mendapatkan Uang 2 Juta dalam Sehari dari Saham, Butuh Modal Berapa?

Inilah Cara Mendapatkan Uang 2 Juta dalam Sehari dari Saham, Butuh Modal Berapa? (FOTO : MNC MEDIA)

Capital Gain

Salah satu keuntungan utama dari investasi saham adalah potensi capital gain. Capital gain adalah keuntungan yang diperoleh oleh seorang investor melalui selisih antara harga jual dan harga beli saham.

Misalnya, jika suatu perusahaan terus berkembang dan harga sahamnya meningkat, seorang investor dapat menjual saham tersebut dengan harga lebih tinggi daripada saat membelinya. 

Selisih antara harga jual dan harga beli inilah yang disebut sebagai capital gain.

Rumus Capital Gain

Capital Gain = Total Harga Jual - Total Harga Beli

Contoh Perhitungan Capital Gain:

Misalkan seseorang membeli 10.000 lembar saham Sido Muncul pada Januari 2018 dengan harga Rp310 per lembar. Kemudian, pada Februari 2022, dia menjual seluruh saham Sido Muncul tersebut dengan harga Rp 955 per lembar. Maka, capital gain yang diperoleh adalah:

  • Total Harga Beli = Rp310 x 10.000 lembar = Rp3.100.000
  • Total Harga Jual = Rp955 x 10.000 lembar = Rp9.550.000
  • Capital Gain = Rp9.550.000 - Rp3.100.000 = Rp 6.450.000.

Jadi dengan demikian Anda hanya perlu modal Rp3,1 juta untuk mendapatkan keuntungan Rp6,45 juta.

Memperoleh Dividen

Keuntungan kedua dari investasi saham adalah pendapatan dividen. Dividen adalah pembagian laba perusahaan kepada pemegang saham berdasarkan jumlah saham yang dimiliki.

Semakin banyak saham yang dimiliki oleh seorang investor, semakin besar pula dividen yang akan diterima dari perusahaan. Dividen biasanya dibagikan setiap tahun dalam rapat umum pemegang saham (RUPS) perusahaan.

Keputusan pembagian dividen didasarkan pada tiga faktor utama: Dividen Payout Ratio (DPR), jumlah saham yang beredar, dan laba bersih perusahaan.

Dividen merupakan bentuk pendapatan pasif karena investor hanya perlu menunggu pembagian laba perusahaan dalam jangka waktu tertentu, tanpa perlu melakukan aktifitas trading.

Contoh Perhitungan Dividen:

Misalkan seseorang memiliki 10.000 lembar saham Sido Muncul. Pada tahun 2021, Sido Muncul membagikan dividen sebanyak dua kali dengan total Rp34,2 per lembar (terlihat pada laporan kotak merah). Jadi, perhitungan dividen tersebut adalah:

Dividen yang diterima = Rp34,2 x 10.000 lembar = Rp342.000 (sebelum dipotong pajak).

Dengan pemahaman tentang potensi capital gain dan dividen, investasi saham dapat menjadi pilihan menarik bagi mereka yang ingin memulai investasi. Semoga informasi ini bermanfaat bagi calon investor.

Itulah penjelasan cara mendapatkan uang 2 juta dalam sehari. Tentunya untuk melakukan itu semua, Anda memerlukan perhitungan yang cukup matang. (MYY)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.