Note

GBP/USD. Analisis untuk 1 November. Dolar sedang mengalami masalah menjelang pertemuan FOMC.

· Views 49
GBP/USD. Analisis untuk 1 November. Dolar sedang mengalami masalah menjelang pertemuan FOMC.

Mengenai pasangan pound/dolar, analisis wave tetap cukup jelas. Konstruksi segmen tren penurunan baru terus berlanjut, dengan gelombang pertama mengambil bentuk yang cukup luas. Menurut saya, mata uang Inggris tidak memiliki alasan untuk melanjutkan segmen tren naik, jadi saya bahkan tidak mempertimbangkan skenario seperti itu. Asumsi wave 1 atau a telah selesai, meskipun kesimpulan ini tidak begitu jelas bagi Pound seperti halnya bagi Euro. Wave 2 atau b untuk euro sudah memiliki pola tiga wave, namun tidak untuk pound. Tidak diragukan lagi, gelombang korektif mungkin cukup sederhana, namun saya tetap yakin wave ini setidaknya harus berbentuk tiga wave. Sayangnya, Pound kembali mulai melemah dengan penyakit yang sama seperti yang dialami pada tahun 2022, ketika mata uang tersebut praktis terjun bebas.

Struktur gelombang internal pada wave pertama di segmen tren baru terlihat rumit, dan sulit untuk membedakan lima wave di dalamnya. Namun, ada lima wave yang terlihat untuk euro. Jika wave global telah selesai untuk Euro, maka terdapat kemungkinan 80% bahwa gelombang global juga telah selesai untuk Pound. Namun, jika menyangkut wave 2 atau b, segalanya tidak semudah itu. Saya yakin koreksi masih mungkin berlanjut, meski baru-baru ini terjadi penurunan.

Nilai tukar pasangan pound/dolar tetap tidak berubah pada hari Rabu. Sepanjang hari, permintaan terhadap mata uang AS terus meningkat. Namun, hanya satu jam yang lalu, Amerika Serikat merilis laporan pasar tenaga kerja dan lowongan kerja yang pertama, yang sejujurnya, bisa jadi lebih baik. Dalam ulasan saya mengenai mata uang euro, saya menyebutkan bahwa hanya indeks ISM untuk sektor manufaktur yang lemah. Jumlah lowongan pekerjaan di JOLTS pada bulan September sebanyak 9,553 juta dengan ekspektasi pasar sebesar 9,25 juta. Jumlah pekerjaan baru di luar pertanian, menurut lembaga ADP, meningkat 113.000, dengan perkiraan 150.000. Laporan terkini mungkin tampak lemah, namun dibandingkan bulan September, nilainya meningkat. Akibatnya, kedua laporan ini dapat dianggap positif.

Namun, saya setuju dengan pasar bahwa indeks aktivitas bisnis sektor manufaktur ISM lebih penting. Oleh karena itu, dolar AS mendapat tekanan dari pasar menjelang pengumuman hasil pertemuan FOMC. Pergerakan ini tidak mempengaruhi analisis gelombang mata uang euro. Namun, hal ini bisa menjadi penting bagi pound. Saya masih percaya bahwa wave 2 atau b setidaknya harus berupa pola tiga-wave, dan agar hal itu terjadi, permintaan terhadap pound harus meningkat dan permintaan terhadap dolar harus menurun, bukan sebaliknya.

Kesimpulan Umum

Pola wave pasangan pound/dolar menyiratkan penurunan dalam segmen tren menurun. Maksimum yang dapat diharapkan oleh mata uang Inggris adalah pembentukan wave 2 atau b. Namun, seperti yang bisa kita lihat, saat ini terdapat masalah signifikan bahkan dengan wave korektif. Saat ini, saya tidak akan merekomendasikan penjualan baru, namun saya juga tidak menyarankan pembelian, karena wave korektif masih relatif lemah. Bagaimanapun, ini adalah wave korektif. Saya merekomendasikan penjualan jika berhasil menembus 1,2120, namun penjualan ini harus sangat berhati-hati pada awalnya.

Pada skala wave yang lebih besar, gambarannya mirip dengan pasangan euro/dolar, namun masih terdapat beberapa perbedaan. Konstruksi segmen koreksi tren turun terus berlanjut, dengan wave pertama sudah meluas dan tidak ada hubungannya dengan segmen tren naik sebelumnya.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.