Note

Harga Rumah di Inggris Melonjak

· Views 75

Pound sterling menguat di tengah data pasar properti yang positif, yang menunjukkan bahwa harga rumah di Inggris secara tak terduga naik pada bulan Oktober. Hal ini menunjukkan bahwa pasar properti mulai stabil, dengan ekspektasi bahwa BOE mendekati akhir siklus kenaikan suku bunganya.

Berdasarkan data dari Nationwide Building Society, rata-rata harga rumah naik 0,9% menjadi £259.423 di bulan Oktober, menyusul kenaikan 0,1% di bulan September. Lonjakan ini merupakan yang terbesar sejak Agustus tahun lalu dan melampaui ekspektasi para ekonom yang memperkirakan penurunan 0,4%. Namun, dibandingkan periode yang sama tahun lalu, harga turun 3,3%, masih merupakan berita positif dibandingkan dengan penurunan tahunan sebesar 5,3% pada bulan sebelumnya.

Lihat juga: Anda dapat buka akun trading di sini.
Harga Rumah di Inggris Melonjak

Data tersebut tentu saja meningkatkan harapan bahwa penurunan pasar real estate tidak akan terlalu signifikan dibandingkan perkiraan semula. Para ekonom memperkirakan penurunan 10% dari puncaknya pada bulan Agustus tahun lalu, mencerminkan reaksi pasar terhadap tingginya biaya pinjaman. Penurunan dari puncak ke titik terendah saat ini adalah 4,5%.

BOE mempertahankan suku bunga tidak berubah sebesar 5,25% pada pertemuan bulan September, menyebabkan penurunan suku bunga hipotek. Keputusan serupa diperkirakan akan diambil besok. Banyak trader mengharapkan kenaikan seperempat poin lagi hanya pada awal tahun depan, karena saat ini hal tersebut tidak diperlukan. Inflasi terus menurun, dan perekonomian mulai merasakan dampak kebijakan moneter ketat sejak akhir tahun 2021, kehilangan momentum dengan cukup cepat.

Robert Gardner, Kepala Ekonom Nationwide, menyatakan: "Kenaikan harga rumah di bulan Oktober kemungkinan besar mencerminkan fakta bahwa pasokan properti di pasar terbatas," jelasnya. "Ada sedikit tanda-tanda penjualan paksa, yang akan memberikan tekanan pada harga, karena kondisi pasar tenaga kerja solid dan tunggakan hipotek berada pada tingkat yang rendah sepanjang riwayat." Gardner memperkirakan harga rumah akan tetap lemah di kuartal mendatang.

Menurut BOE, hanya 43.300 hipotek yang disetujui pada bulan September, yaitu sekitar 30% di bawah rata-rata bulanan pada tahun 2019. Mengingat terbatasnya ketersediaan perumahan, hal ini tidak mengherankan. Meskipun harga telah turun dari puncaknya, harga masih tetap tinggi, yaitu 17,7% di atas level sebelum pandemi.

Apakah ini berarti bahwa harga perumahan akan stabil dalam waktu dekat karena pertumbuhan pengangguran relatif terkendali, atau akankah hal terburuk terjadi tahun depan ketika diperkirakan akan terjadi stagnasi ekonomi? Kami akan segera mengetahuinya. Para pakar menjelaskan bahwa penurunan perumahan yang signifikan terus berlanjut, dan setiap peningkatan penjualan oleh pemilik rumah kemungkinan besar akan diimbangi oleh peningkatan permintaan dari penyewa dan investor.

Mengenai gambaran teknikal pasangan pound/dolar, permintaan pound akan meningkat jika bulls berhasil melindungi level support di 1,2120. Kenaikan lebih lanjut diperkirakan terjadi setelah menguasai 1,2160. Perolehan kembali kisaran tersebut akan membawa kembali harapan pemulihan menuju 1,2200, setelah itu kenaikan yang lebih tajam ke sekitar 1,2230 dapat diantisipasi. Jika pasangan mata uang ini jatuh, maka penjual akan mencoba untuk mengambil kendali di level 1,2120. Jika berhasil, breakout pada kisaran ini akan mempengaruhi posisi bulls, mendorong GBP/USD turun menuju level terendah 1,2090 dengan potensi menyentuh 1,2060.

Sementara itu, untuk mendapatkan kembali kendali, pembeli euro harus tetap berada di atas level 1,0580. Hal ini dapat membuka jalan ke 1,0610. Dari level tersebut berpotensi mencapai 1,0640, namun mencapainya tanpa dukungan pemain besar akan cukup menantang. Target terjauh terletak di level 1,0670. Jika pasangan mata uang ini turun, aksi signifikan dari pembeli utama dapat terlihat di sekitar titik 1,0550. Jika tidak ada yang mengambil tindakan pada level tersebut, mungkin sebaiknya menunggu titik terendah baru di 1,0520 atau mempertimbangkan untuk mengambil posisi long dari 1,0490.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.