Note

Sampai Kapan IHSG Tersungkur?

· Views 48
Sampai Kapan IHSG Tersungkur?
Foto: Pradita Utama
Jakarta

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) masih dirundung awan merah. Bahkan hari ini IHSG merosot cukup dalam. Pada pukul 10.00 WIB IHSG sudah berkurang 94 poin atau turun 1,41% ke posisi 6.657. IHSG bergerak dalam rentang posisi tertinggi 6.773 dan terendahnya 6.656.

Ekonom dan Financial Market Specialist Lucky Bayu Purnomo menilai tren pelemahan IHSG hanya terjadi sementara waktu. Sebelumnya, IHSG berulang kali berupaya untuk menguji level psikologis di angka 7.000. Menurutnya, angka tersebut cukup rasional untuk dicapai IHSG dalam jangka pendek.

"Penurunan indeks ini saya lihat trend temporer atau jangka pendek. Karena dalam jangka menengah indeks memiliki peluang menguat untuk level 7.000 kembali," kata Lucky kepada detikcom, Rabu (1/11/2023).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Lucky menilai pasar IHSG tidak buruk akhir-akhir. Hanya saja pelaku pasar membatasi transaksinya sehingga liabilitas menjadi rendah.

"Karena pada dasarnya indeks itu menguat ke level 7.000 dan itu sudah pernah dicapai sebelumnya nah bagusnya adalah mereka membatasi transaksi dan tidak mengalami outflow," imbuhnya.

Lain halnya dengan Pengamat Pasar Modal Reza Priyambada. Dia mengatakan IHSG akan terus mengalami pelemahan apabila krisis-krisis global tidak ditangani dengan tepat.

Reza menyebut beberapa krisis global yang mempengaruhi tren pelemahan IHSG. Di antaranya, potensi kenaikan suku bunga dari Bank Sentral Amerika Serikat (AS), perubahan iklim, dan efek El Nino.

"Artinya kalau krisis-krisis tersebut tidak ditangani dengan tepat, ya tentu ini akan mempengaruhi perekonomian global. Nah itu mungkin yang membuat akhirnya pelaku pasar tidak cukup nyaman dengan kondisi tersebut," katanya kepada detikcom.

Beberapa waktu lalu, IHSG sempat mengalami kenaikan. Mungkin sebagian besar menilai kenaikan IHSG bisa berbalik menguat.

Namun, Reza menilai kenaikan yang terjadi sebelumnya tidak cukup kuat. Hal ini disebabkan karena para pelaku pasar masih dibayangi kekhawatiran.

"Kenaikan ini belum belum tentu sustain jadi naik sedikit, turunnya banyak. Karena beberapa hari sebelumnya kan sempat naik. Nah secara teknikal mungkin banyak memperkirakan bakal berbalik arah, tapi ya tadi kalau yang kita lihat kenaikan yang terjadi itu tidak cukup kuat," jelasnya.

Lihat juga Video: Menebak Arah IHSG Jelang Potensi Resesi

[Gambas:Video 20detik]



(das/das)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.