Note

MNC Digital (MSIN) Raup Pendapatan Rp2,36 Triliun di Kuartal III-2023

· Views 59
MNC Digital (MSIN) Raup Pendapatan Rp2,36 Triliun di Kuartal III-2023
MNC Digital (MSIN) Raup Pendapatan Rp2,36 Triliun di Kuartal III-2023. (Foto: MNC Media)

IDXChannel - PT MNC Digital Entertainment Tbk (MSIN), anak perusahaan PT Media Nusantara Citra (MNCN), mencatat pendapatan sebesar Rp2,36 triliun hingga kuartal III-2023. Nilai tersebut turun 19% dibandingkan tahun sebelumnya karena adanya Analog Swicth Off (ASO) dan kondisi pasar periklanan yang tidak menentu.

Hal itu menyebabkan perubahan susunan program dan produksi konten secara independen oleh stasiun FTA milik grup. Selain itu, kuantitas konten ikut berkurang karena penerapan ASO.

Baca Juga:
MNC Digital (MSIN) Raup Pendapatan Rp2,36 Triliun di Kuartal III-2023 Fokus Ekspansi, MNC Digital (MSIN) Pastikan Fundamental Bisnis Tetap Kuat

Alhasil, pendapatan yang dihasilkan dari konten, intellectual property (IP), dan talent mencapai Rp1,18 triliun, turun 35% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

Di sisi lain, pendapatan iklan digital perseroan mencapai Rp1.188 miliar, meningkat 4% secara year-on-year (YoY). Pertumbuhan ini merupakan dampak dari keberhasilan penerapan strategi digital perseroan di berbagai platform, pemanfaatan saluran media sosial MSIN yang besar, dan perolehan pendapatan dari jaringan superapp OTT, Portal, & MCN.

Baca Juga:
MNC Digital (MSIN) Raup Pendapatan Rp2,36 Triliun di Kuartal III-2023 MSIN Kerja Sama dengan Media Asia Group Holdings Limited, Buka Banyak Peluang

Pencapaian ini menunjukkan posisi yang baik bagi MSIN untuk memanfaatkan dan memanfaatkan peluang pasar digital yang semakin luas di Indonesia.

Untuk pendapatan berlangganan hingga September 2023 turun 10% YoY menjadi Rp375 miliar. Penurunan pendapatan ini disebabkan oleh promosi harga yang diterapkan pada Vision+ agar tetap kompetitif di pasar OTT di Indonesia.

Baca Juga:
MNC Digital (MSIN) Raup Pendapatan Rp2,36 Triliun di Kuartal III-2023 RUPST MNC Digital (MSIN) Angkat Dirut dan Komut Baru, Ini Susunannya

Namun, pendapatan mulai meningkat pada September 2023, memberikan prospek yang lebih positif untuk sisa tahun ini, dan menunjukkan pertumbuhan positif secara kuartalan (QoQ) pada kuartal III-2023.

Pendapatan yang menurun juga ikut mengurangi beban langsung sebesar 17% dibandingkan tahun sebelumnya yaitu setara dengan Rp1,58 triliun. Penurunan beban langsung ini terjadi karena adanya pengurangan jam tayang yang diberikan pada konten MSIN di stasiun free-to-air MNCN. Dampaknya, produksi konten perseroan pun menurun.

Selama sembilan bulan pertama tahun ini, EBITDA Perseroan mengalami penurunan sebesar 25% dibandingkan tahun sebelumnya yaitu sebesar Rp573 miliar. Ini merupakan margin EBITDA sebesar 24%.

Sementara itu, laba bersih MSIN tercatat mencapai Rp259 miliar, turun 33% dibandingkan tahun sebelumnya.

Halaman : 1 2

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.