Note

Dolar Australia Hadapi Tekanan Turun Akibat Data Ekonomi yang Lebih Lemah

· Views 46
Bagikan:
  • Dolar Australia melanjutkan penurunan setelah data ekonomi yang lebih lemah pada hari Rabu.
  • Indeks Industri AiG Australia berada di -9,9, sementara Izin Pendirian Bangunan turun 4,6%.
  • Imbal hasil Treasury AS yang optimis mendukung kenaikan Dolar AS menjelang keputusan the Fed.

Dolar Australia (AUD) melanjutkan penurunannya untuk sesi kedua, melayang di sekitar level utama pada hari ini (Rabu, 1/11). Pasangan AUD/USD menghadapi tekanan turun karena data ekonomi yang lemah dari Australia, ditambah dengan menguatnya Dolar AS (USD) menjelang keputusan kebijakan Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC).

Data ekonomi Australia yang dirilis pada hari Rabu, yang menampilkan Indeks Industri AiG dan Izin Pendirian Bangunan (MoM) untuk bulan September, mengindikasikan penurunan. Namun demikian, Dolar Australia mendapat penguatan pada hari Senin, berkat Penjualan Ritel yang kuat.

Reserve Bank of Australia (RBA) siap untuk mengumumkan keputusan kebijakannya pada 7 November. Antisipasi mengarah pada kenaikan suku bunga sebesar 25 basis poin pada pertemuan mendatang, didorong oleh inflasi yang meningkat.

Indeks Dolar AS (DXY) terus menguat untuk hari kedua, didorong oleh imbal hasil obligasi AS yang lebih tinggi karena pasar bersiap-siap untuk keputusan kebijakan yang akan datang oleh Federal Reserve AS (The Fed). Sementara ekspektasi menunjukkan bahwa bank sentral kemungkinan akan mempertahankan sikap kebijakan moneternya saat ini pada pertemuan hari Rabu, prospek untuk pertemuan bulan Desember bergantung pada pertimbangan berbasis data.

Para investor siap untuk memonitor dengan seksama pesan pasca-pertemuan Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC), mencari isyarat-isyarat berharga bagi para pelaku pasar untuk mengukur potensi lintasan suku bunga.

Ringkasan Penggerak Pasar Harian: Dolar Australia Diperdagangkan Lebih Rendah karena Data Ekonomi yang Lebih Lemah menjelang Keputusan Kebijakan The Fed

  • Indeks Industri AiG Australia untuk bulan September turun menjadi 9,9 dibandingkan pembacaan sebelumnya yaitu penurunan 3,5, sementara Izin Pendirian Bangunan (MoM) turun 4,6% dibandingkan konsensus pasar yaitu kenaikan 1,3%, berayun dari pertumbuhan sebelumnya yaitu 7,0%.
  • Penjualan Ritel Australia (Bulan ke Bulan) melonjak menjadi 0,9% di bulan September, melampaui ekspektasi pasar sebesar 0,3% dan angka sebelumnya sebesar 0,2%.
  • Indeks Harga Konsumen (IHK) Australia untuk kuartal ketiga tahun 2023 mencapai 1,2%, melebihi kenaikan 0,8% pada kuartal sebelumnya dan konsensus pasar sebesar 1,1% untuk periode yang sama.
  • Reserve Bank of Australia menyatakan kekhawatiran yang meningkat tentang dampak inflasi yang berasal dari guncangan pasokan. Gubernur Reserve Bank of Australia, Michele Bullock menyatakan bahwa jika inflasi bertahan di atas proyeksi, RBA akan mengambil langkah-langkah kebijakan yang responsif. Terlihat adanya perlambatan permintaan, dan konsumsi per kapita menurun.
  • Data Purchasing Managers' Index (IMP) Tiongkok yang dirilis pada hari Selasa telah memicu kekhawatiran mengenai kondisi ekonomi yang lesu di negara dengan perekonomian terbesar kedua di dunia ini. Dengan Australia sebagai mitra dagang terbesar Tiongkok, ada kemungkinan besar bahwa perkembangan ini akan mempengaruhi Dolar Australia.
  • IMP Manufaktur NBS Tiongkok mengalami perubahan yang tidak terduga di bulan September, mengalami kontraksi ke 49,5, turun dari ekspansi 50,2 yang diamati di bulan Juli dan berada di bawah konsensus pasar 50,2.
  • IMP Jasa NBS Tiongkok juga mengalami penurunan, turun menjadi 50,6 di bulan September dibandingkan dengan angka yang diantisipasi 51,8 dan angka sebelumnya 51,7.
  • Menurut laporan, ada kesepakatan tentatif antara AS dan Tiongkok untuk pertemuan antara Presiden Joe Biden dan Xi Jinping pada bulan November. Hal ini terjadi setelah berbulan-bulan upaya diplomatik strategis untuk memperbaiki hubungan.
  • Indeks Harga Pengeluaran Konsumsi Pribadi Inti AS (YoY) mengalami sedikit penurunan menjadi 3,7% dari angka sebelumnya 3,8%. Namun, indeks bulanan menunjukkan peningkatan menjadi 0,3%, sesuai dengan ekspektasi dan naik dari 0,1% sebelumnya.
  • Indeks Konsumen Universitas Michigan melampaui ekspektasi di bulan Oktober, melaporkan angka 63,8, yang diprakirakan akan tetap konsisten di 63,0.
  • Para investor akan fokus pada indikator-indikator utama seperti Perubahan Ketenagakerjaan ADP AS, dan IMP Manufaktur ISM untuk bulan Oktober menjelang keputusan kebijakan The Fed, dengan ekspektasi suku bunga akan dipertahankan di 5,5% pada pertemuan hari Rabu mendatang.

Analisis Teknis: Dolar Australia Melayang di Bawah Level Psikologis 0,6350

Dolar Australia berkonsolidasi di bawah level krusial 0,6350, dengan level terendah tahunan di 0,6270 berpotensi menjadi support yang signifikan, sejajar dengan level utama di sekitar 0,6250. Pada sisi atas, perhatian tertuju pada resistance penting yang terletak di sekitar Exponential Moving Average (EMA) 50 hari di 0,6400. Penembusan di atas resistance ini berpotensi mendorong mata uang ini menuju level retracement Fibonacci 23,6% di 0,6419.

AUD/USD: Grafik Harian

Dolar Australia Hadapi Tekanan Turun Akibat Data Ekonomi yang Lebih Lemah

Harga Dolar Australia hari ini

Tabel di bawah ini menunjukkan persentase perubahan Dolar Australia (AUD) terhadap mata uang utama yang terdaftar hari ini. Dolar Australia adalah yang terlemah terhadap Yen Jepang.

  USD EUR GBP CAD AUD JPY NZD CHF
USD   0.05% 0.10% 0.03% 0.19% 0.01% 0.22% 0.03%
EUR -0.05%   0.06% 0.01% 0.13% -0.04% 0.17% -0.01%
GBP -0.10% -0.05%   -0.05% 0.07% -0.10% 0.11% -0.07%
CAD -0.03% 0.01% 0.07%   0.14% -0.01% 0.19% 0.00%
AUD -0.18% -0.13% -0.07% -0.15%   -0.15% 0.05% -0.14%
JPY -0.03% 0.03% 0.09% 0.03% 0.16%   0.19% 0.05%
NZD -0.22% -0.17% -0.11% -0.17% -0.04% -0.20%   -0.18%
CHF -0.03% 0.01% 0.08% 0.00% 0.14% -0.03% 0.19%  

Heat Map menunjukkan persentase perubahan mata uang utama terhadap satu sama lain. Mata uang dasar dipilih dari kolom kiri, sedangkan mata uang pembanding dipilih dari baris atas. Sebagai contoh, jika Anda memilih Euro dari kolom kiri dan bergerak di sepanjang garis horizontal ke Yen Jepang, persentase perubahan yang ditampilkan di dalam kotak akan menunjukkan EUR (dasar)/JPY (acuan).

Bagikan: Pasokan berita

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.