Note

USD/JPY: Jangan tergesa-gesa membuka posisi beli

· Views 41

Bank Jepang hari ini merampungkan hasil pertemuan terbarunya, yang merupakan pertemuan kedua terakhir dalam tahun ini. Hasilnya ternyata cukup kontradiktif. Di satu sisi, regulator meninggalkan batas atas yang ketat untuk imbal hasil obligasi pemerintah. Di sisi lain, bank sentral memastikan kepada pelaku pasar tentang komitmennya terhadap kebijakan akomodatif.

Para trader menginterpretasikan hasil ini tidak menguntungkan bagi yen Jepang: pasangan USD/JPY melonjak, naik lebih dari 140 poin dalam beberapa jam. Harga sekali lagi berada di atas level 150 yang terkenal, yang bertindak sebagai "bendera merah" bagi pemerintah Jepang. Oleh karena itu, meskipun saat ini terdapat momentum kenaikan dalam pasangan ini, tidak disarankan untuk mempercayai posisi beli. Risiko intervensi mata uang akan meningkat setiap poin harga USD/JPY naik di atas target 150,00.

Jelas, pada suatu saat, pembeli pasangan ini akan mengambil keuntungannya, setelah itu inisiatif akan diambil alih oleh penjual. Situasi serupa terjadi beberapa kali pada bulan Oktober. Pasangan ini menguji level resistance di 150,00 beberapa kali, didorong oleh kenaikan imbal hasil Surat Utang dan/atau sentimen risk-off yang meningkat di pasar. Namun, setiap kali, harga kembali, bahkan tanpa intervensi dari otoritas Jepang.

Lihat juga: Mulai trading Forex dengan broker level Eropa!
USD/JPY: Jangan tergesa-gesa membuka posisi beli

Dapat diasumsikan bahwa peristiwa akan berlangsung sesuai skenario serupa kali ini. Saat ini tidak ada alasan signifikan untuk tren bullish. Menurut pandangan saya, reaksi saat ini oleh para trader bersifat emosional. Setelah emosi mereda, pasangan ini kemungkinan akan kembali ke kisaran harga yang familiar, yaitu 149,00 hingga 150,00.

Namun mari kita kembali ke hasil pertemuan bulan Oktober. Regulator Jepang memutuskan untuk mengadopsi pendekatan yang lebih fleksibel terhadap fluktuasi imbal hasil obligasi pemerintah 10 tahun. Dengan kata lain, bank sentral telah mendefinisikan ulang konsep atap YCC, memungkinkan untuk lebih "elastis". Menurut keputusan ini, bank sentral tidak akan lagi mempertimbangkan target "1,0%" sebagai batas kaku untuk imbal hasil JGB tetapi sebagai titik referensi.

Bank Jepang meninggalkan parameter lain dari kebijakan moneter tidak berubah: tingkat deposito jangka pendek untuk bank komersial tetap pada -0,1% per tahun, dan target imbal hasil obligasi pemerintah 10 tahun tetap sekitar 0.

Sesuai dengan perubahan data terbaru, bank sentral Jepang meningkatkan perkiraan inflasi untuk tahun fiskal saat ini, yang akan berakhir pada Maret 2024. Menurut data yang diperbarui, indeks harga konsumen inti (tidak termasuk harga makanan segar) diperkirakan akan naik sebesar 2,8% dalam tahun fiskal ini, sementara perkiraan sebelumnya yang dipublikasikan pada Juli memproyeksikan kenaikan sebesar 2,5%. Pada tahun fiskal berikutnya, inflasi diharapkan tetap pada 2,8%, sedangkan perkiraan makroekonomi sebelumnya mengantisipasi penurunan menjadi 1,9%.

Komentar tentang hasil pertemuan bulan Oktober, Gubernur Bank Jepang Kazuo Ueda mencatat bahwa alasan utama untuk merevisi perkiraan inflasi adalah kenaikan pasar minyak "dan efek cost pass-through yang lebih lama dari yang diharapkan."

Perlu diingat bahwa dalam salah satu wawancaranya, Ueda menyatakan bahwa bank sentral mungkin akan mempertimbangkan kembali kebijakan longgar ultra dalam mendukung kebijakan ketat, tetapi hanya ketika menyadari bahwa bank sentral mendekati pencapaian tujuan inflasi berkelanjutan pada level dua persen. Mengingat perkiraan makroekonomi yang diperbarui dan data terbaru tentang pertumbuhan inflasi di Jepang (CPI stagnan di sekitar tiga persen), dapat diasumsikan bahwa Bank Jepang tidak akan mempertimbangkan perubahan kebijakan moneternya dalam waktu dekat. Keputusan hari ini untuk kebijakan kontrol kurva imbal hasil yang lebih fleksibel tidak boleh dianggap sebagai "tanda" keputusan yang lebih hawkish (misalnya, mengakhiri tingkat suku bunga negatif).

Selain itu, retorika Gubernur Bank Jepang hari ini tidak berkontribusi pada sentimen hawkish. Dia menyatakan bahwa bank sentral akan terus dengan sabar mempermudah kebijakan moneter di bawah YCC "untuk mendukung aktivitas ekonomi dan menciptakan kondisi untuk pertumbuhan upah yang lebih aktif."

Oleh karena itu, kesimpulan keseluruhan mengenai situasi saat ini bersifat kontradiktif. Di satu sisi, pertemuan hari ini tidak dapat dianggap "rutin" karena regulator membuat keputusan yang tak terduga, melangkah lebih jauh dari kebijakan pengaturan kurva imbal hasil. Di sisi lain, bank sentral meyakinkan pasar bahwa ia akan terus melaksanakan kebijakan YCC ultra longgar. Akibatnya, keuntungan yen, dengan pasangan USD/JPY melonjak ke atas dan saat ini menguji level resistance di 150,70 (garis Bollinger Bands atas pada kerangka waktu D1).

Meskipun kenaikan harga yang kuat dan impulsif, posisi beli pada pasangan ini tampak sangat berisiko. Perlu diingat peristiwa dari setahun yang lalu (ketika pasangan ini anjlok beberapa ribu pips sebagai respons terhadap intervensi mata uang) atau dari sebulan yang lalu (ketika pasangan ini tiba-tiba turun tajam sebesar 300 pips atas desas-desus intervensi). Dalam semua kasus yang dijelaskan ini, pemicu adalah harga naik di atas level 150,00. Oleh karena itu, saat ini yang paling bijak adalah mengambil posisi menunggu dan melihat pada pasangan ini. Begitu momentum kenaikan mulai reda, posisi penjualan akan menjadi relevan kembali. Mengingat sejarah masalah ini, tidak diragukan lagi bahwa pihak berwenang Jepang akan merespons depresiasi mata uang nasional dalam waktu dekat, baik secara lisan maupun melalui intervensi mata uang "nyata".

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.