Note

Bagaimana Proyeksi Investasi di Tahun Pemilu, Investor Harus Apa?

· Views 58
Bagaimana Proyeksi Investasi di Tahun Pemilu, Investor Harus Apa?
Bagaimana Proyeksi Investasi di Tahun Pemilu, Investor Harus Apa?

IDXChannel - Pelaku pasar modal tanah air bersiap menyambut pesta demokrasi dengan agenda Pemilihan Umum (Presiden dan Legilatif), serta Pilkada Serentak. Ketidakpastian politik domestik menjadi perhatian pasar terkait masa depan ekonomi Indonesia.

Secara historis kinerja bursa saham dan obligasi domestik secara umum juga tak terlepas ari faktor makroekonomi baik di tingkat lokal maupun internasional.

Baca Juga:
Bagaimana Proyeksi Investasi di Tahun Pemilu, Investor Harus Apa? Usai Diskusi dengan Erick Thohir, Irfan Bachdim Tertarik Investasi Saham

Sektor konsumsi menjadi idaman Pengamat Pasar Modal Hans Kwee yang memandang optimistis Pemilu tahun ini bakal dilihat positif oleh publik.

"Kita lihat masyarakat masih melihat sisi positifnya, tentu mereka melihat bahwa pemerintah ke depan bakal melanjutkan pembangunan yang ada, jadi pasar cenderung positif," kata Hans selepas acara IDX Channel Community dan Peluncuran INVESTED, Selasa (31/10/2023).

Baca Juga:
Bagaimana Proyeksi Investasi di Tahun Pemilu, Investor Harus Apa? 5 Tips Cermati Pilihan Investasi Saham Sesuai Gaji

Hans memandang positif Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) bakal terkerek pada tahun depan. Selain karena semarak Pemilu, kenaikan harga komoditas akhir tahun juga dapat menjadi sentimen positif.

Data menunjukkan performa IHSG dalam beberapa bulan terakhir cenderung lesu. Per Selasa (31/10), IHSG menyentuh level terendah tiga bulan terakhir di 6.666,41.

Baca Juga:
Bagaimana Proyeksi Investasi di Tahun Pemilu, Investor Harus Apa? BEI Sebut Lonjakan Suku Bunga BI Berdampak pada Minat Investasi Saham

Pria yang juga merupakan Dosen Universitas Atmajaya mengharapkan investor untuk lebih berhati-hati dalam mengambil posisi di sejumlah perusahaan. Fundamental bisnis dan valuasi emiten menjadi landasan utama sebelum membeli saham.

"Investor harus tenang, pakailah dana yang tidak dipakai dalam jangka pendek, jadi dana itu menganggur untuk periode 3 sampai 5 tahun," tuturnya.

Baca Juga:
Bagaimana Proyeksi Investasi di Tahun Pemilu, Investor Harus Apa? Tips Investasi Saham Jangka Panjang, Pilih Emiten yang Rajin Bagi Dividen

Adapun koreksi yang terjadi di pasar saat ini, terangnya, menjadi kesempatan bagi investor untuk masuk. Baginya, ini merupakan periode diskon bagi beberapa emiten yang memiliki valuasi positif.

"Jadi ketika saham terkoreksi, ketika orang khawatir, ini waktu kita membeli, dan kita bisa menahan saham tersebut dalam waktu yang lama," ujarnya.

(RNA)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.