Note

Cuan! Laba RAJA Emiten Migas Naik 123%

· Views 58
Cuan! Laba RAJA Emiten Migas Naik 123%
Foto: Rachman Haryanto
Jakarta

Perusahaan minyak dan gas asal Indonesia, PT Rukun Raharja Tbk (RAJA), merilis laporan keuangannya pada kuartal III 2023. Dari laporan tersebut, perusahaan mengaku memperoleh laba bersih sebesar US$ 12,6 juta atau Rp 200 miliar (Kurs Rp 15.908).

Dalam keterangan resminya Senin (30/10/2023), laba RAJA tersebut meningkat secara signifikan yakni 123% dibanding periode yang sama di tahun sebelumnya atau year on year (YoY) yakni US$ 5,6 juta atau Rp 89 miliar.

Perolehan laba bersih tersebut berasal dari pendapatan bersih perseoan sebesar yang juga meningkat sebesar 26% YoY. Jumlahnya sebesar US$ 87 juta atau Rp 1,3 triliun pada 2022. Adapun pada 2023, perseroan memproleh pendapatan bersih sebesar US$ 110 juta atau Rp 1,7 triliun.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Menurut perusahaan, ada sejumlah faktor yang menyebabkan kenaikan pendapatan dii antaranya, penambahan pelanggan baru yang berpengaruh terhadap kenaikan penjualan gas, serta kenaikan pendapatan karena kenaikan volume pengaliran pada pipa milik perseroan.

Hingga September 2023, penyerapan belanja modal perseroan mencapai US$ 42 juta atau Rp 668 miliar. Sejumlah ini adalah 82% dari total anggaran belanja yang sudah dianggarkan perusahaan.

Rukun Raharja menyebut pengunaan belanja modal tersebut diperuntukkan untuk sejumlah proyek. Mulai dari penyertaan atau investasi di salah satu blok minyak di Sumatera, lalu penyelesaian pembangunan stasiun induk CNG di Jawa Tengah.

Kemudian, pembangunan pipa untuk customer baru di Riau yang akan beroperasi di kuartal IV 2023, serta joint study atau proses pencarian data untuk proyek pengelolaan minyak dan gas di Blok Jabung Tengah, Jambi.

Khusus proyek terakhir, perusahaan menyebut proyek tersebut kini berada dalam tahap eksplorasi.

"Hasil eksplorasi pun diharapkan diperoleh pada kuartal IV 2023," tulis perusahaan.

(das/das)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.