Note

Sentimen Konfrontasi Militer AS Bakal Pengaruhi IHSG Pekan Ini

· Views 28
Sentimen Konfrontasi Militer AS Bakal Pengaruhi IHSG Pekan Ini
Sentimen Konfrontasi Militer AS Bakal Pengaruhi IHSG Pekan Ini (Foto: MNC Media)

IDXChannel - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berada di level 6.758 atau melemah sebesar 1,32% pada penutupan Jumat minggu lalu. 

Community Lead IPOT Angga Septianus menjelaskan, ada sejumlah sentimen yang mempengaruhi pergerakan IHSG pada minggu lalu yakni Harga WTI Crude Oil dan sederet isu dari Amerika Serikat.

Pada pekan lalu harga minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) naik tipis 4 sen atau 0,05% menjadi USD85,53 per barel dan harga minyak mentah Brent naik 9 sen atau 0,1% pada USD89,92 per barel.

"Kenaikan ini tersulut perang Israel-Hamas yang masih berkecamuk, US airstrike pada gudang amunisi militer Iran di Suriah dan respon atas serangan drone dan roket ke US military base di Irak dan Suriah," kata Angga dalam risetnya, Senin (30/10/2023).

Pelemahan IHSG pada pekan lalu terpengaruh 2 sektor yang menjadi top losers pada minggu lalu yakni IDX Technology yang melemah sebesar -5,13% terpengaruh pelemahan DMMX, BUKA dan GOTO dan sektor IDX Basic yang melemah sebesar -2,13% terpengaruh pelemahan INCO, PSAB dan ESSA.

Sementara itu, 2 sektor yang menjadi top gainers pada minggu lalu yakni sektor IDX Health yang naik sebesar +1,61% tertopang saham MIKA, SILO, PRDA dan sektor IDX Consumer Non-Cyclicals yang naik sebesar +1,42%  tertopang saham CPIN, WIIM dan ICBP.

Adapun sentimen lainnya dari US adalah inventory crude oil yang meningkat dari -4,4 juta barrel di 13 Oktober menjadi +1,3 juta barrel di 20 Oktober 2023 serta GDP Q3 yang naik +4,9% di atas konsensus +4,3%.

Halaman : 1 2

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.