Note

Beda Suara Antara Menko Luhut dengan Kemenhub Terkait Kesepakatan Penggarapan Kereta Cepat Jakarta-Surabaya

· Views 39

Pasardana.id - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan menyatakan, ada kesepakatan yang terjalin antara Indonesia dengan China untuk menggarap Kereta Cepat Jakarta-Surabaya.

Namun hal tersebut dibantah oleh Direktur Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Mohamad Risal Wasal.

Dirinya mengaku belum mendapat info terkait pernyataan Luhut tersebut. 

"Belum ada omongan (deal) itu. Kalau ada penawaran mungkin saya enggak tahu," tutur Risal di Stasiun Velodrome Jakarta Timur, Senin (30/10). 

Seperti diketahui, Menko Luhut sebelumnya mengatakan, Indonesia akan menggandeng kembali konsorsium China layaknya Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) untuk menggarap Kereta Cepat Jakarta-Surabaya. 

Dalam postingan instagramnya, Menko Luhut mengungkapkan kesepakatan kedua negara untuk menggarap Kereta Cepat Jakarta-Surabaya, Indonesia mendapatkan bunga pinjaman lebih rendah dibanding negara lain. 

"Pak Jokowi mau Kereta Cepat Jakarta-Surabaya diteruskan. Tadi saya dengar perjanjian dengan China juga jalan, malah bunganya jauh lebih murah daripada bunga yang ditawarkan negara lain,” ujar Luhut. 

Selain terkait bunga pinjaman yang rendah dari China, Luhut memastikan, teknologi kereta cepat dari negara Tirai Bambu itu sudah terbukti di Indonesia dengan rampungnya proyek KCJB. 

“Dan teknologinya, kita sudah buktikan dan kita sudah punya pengalaman. Kan ini masalah kunci pertama ini adalah pembebasan tanah yang tidak jelas-jelas itu," kata Luhut.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.