Note

Wall Street Ditutup Menguat, Dow Jones hingga Nasdaq Naik di Atas 1 Persen

· Views 51
Wall Street Ditutup Menguat, Dow Jones hingga Nasdaq Naik di Atas 1 Persen
Wall Street Ditutup Menguat, Dow Jones hingga Nasdaq Naik di Atas 1 Persen (FOTO:MNC Media)

IDXChannel - Wall Street menguat pada perdagangan Senin (30/10/2023) waktu setempat, memulai minggu yang sibuk yang mencakup data pendapatan yang besar, data ekonomi dan pertemuan kebijakan moneter dua hari Federal Reserve.

Mengutip Reuters, Dow Jones Industrial Average (.DJI) naik 511,37 poin, atau 1,58%, menjadi 32.928,96, S&P 500 (.SPX) bertambah 49,45 poin, atau 1,20%, menjadi 4.166,82 dan Nasdaq Composite (.IXIC) bertambah 146,47 poin, atau 1,16% menjadi 12.789,48.

Baca Juga:
Wall Street Ditutup Menguat, Dow Jones hingga Nasdaq Naik di Atas 1 Persen Wall Street Ditutup Tak Kompak karena Konsumsi Warga AS Naik

Ketiga indeks saham utama AS ditutup naik lebih dari 1%, bangkit kembali dari aksi jual minggu sebelumnya. Saham-saham megacap yang sensitif terhadap suku bunga, dipimpin oleh Microsoft Corp, Amazon.com (AMZN.O), dan Apple Inc (AAPL.O) memberikan kekuatan yang paling besar.

“Hari ini terjadi peningkatan pendapatan,” kata Oliver Pursche, wakil presiden senior di Wealthspire Advisors, di New York. “Pasar mengalami oversold, dan kenyataannya adalah pendapatan cukup bagus, perekonomian AS terus berjalan dengan baik, dan kemungkinan akan terjadi pada kuartal keempat dan awal tahun depan.”

Baca Juga:
Wall Street Ditutup Menguat, Dow Jones hingga Nasdaq Naik di Atas 1 Persen Wall Street Pekan Ini: Investor Tunggu Pertemuan Federal Reserve hingga Data Ketenagakerjaan

Musim laporan laba kuartal ketiga, yang berjalan lancar, telah mencapai titik separuhnya, dengan 251 perusahaan di S&P 500 telah melaporkan kinerjanya. Dari jumlah tersebut, 78% telah mengalahkan perkiraan Wall Street, menurut LSEG.

Para analis sekarang memperkirakan, secara agregat, pertumbuhan pendapatan tahunan S&P 500 kuartal ketiga sebesar 4,3%, peningkatan yang nyata dibandingkan pertumbuhan tahun-ke-tahun sebesar 1,6% yang terlihat pada awal Oktober.

Baca Juga:
Wall Street Ditutup Menguat, Dow Jones hingga Nasdaq Naik di Atas 1 Persen Wall Street Dibuka Menguat di Tengah Pekan Sibuk Laporan Keuangan

Investor telah menunjukkan “pesimisme yang lebih sedikit,” tambah Pursche. “Panggilan pada kuartal pertama dan kedua memiliki nada yang lebih negatif. Ada kekhawatiran mengenai suku bunga, kebijakan Fed, dan resesi yang tidak pernah terjadi."

Dalam minggu mendatang, Caterpillar Inc (CAT.N), Apple Inc, Pfizer Inc (PFE.N) dan Starbucks Corp (SBUX.O) termasuk di antara perusahaan-perusahaan terkemuka yang diperkirakan akan membukukan kinerjanya.

Baca Juga:
Wall Street Ditutup Menguat, Dow Jones hingga Nasdaq Naik di Atas 1 Persen Wall Street Dibuka Variatif usai Rilis Indeks Konsumsi Pribadi

Pada hari Selasa, Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC) diperkirakan akan mengadakan pertemuan kebijakan moneter dua hari, yang diperkirakan akan mencapai puncaknya dengan keputusan untuk membiarkan suku bunga target dana Fed berada pada 5,25%-5,50%.

Investor akan mencermati pernyataan yang menyertainya dan sesi tanya jawab berikutnya dari Ketua Fed Jerome Powell untuk mencari petunjuk mengenai langkah bank sentral ke depan dalam menentukan suku bunga.

Baca Juga:
Wall Street Ditutup Menguat, Dow Jones hingga Nasdaq Naik di Atas 1 Persen Wall Street Ditutup ke Zona Merah Terseret Sentimen Pendapatan Emiten AS

“The Fed ingin melihat dampak kumulatif dari kenaikan suku bunga terhadap perekonomian, namun mereka juga mengatakan bahwa mereka siap untuk melakukan over-shoot dengan sangat hati-hati, selama inflasi berada di atas 3%,” kata Pursche.

Bank of England dan Bank of Japan juga akan mengumumkan keputusan suku bunga pada minggu ini, dan Bank of Japan akan mempertimbangkan penyesuaian lebih lanjut terhadap kerangka pengendalian kurva imbal hasil (YCC), menurut laporan Nikkei.

Data ekonomi yang diawasi ketat akan dirilis minggu ini, yang berpuncak pada laporan ketenagakerjaan bulan Oktober Departemen Tenaga Kerja AS yang akan dirilis pada hari Jumat.

Perselisihan geopolitik yang timbul dari konflik Israel-Hamas serta lonjakan imbal hasil Treasury telah membebani saham dalam beberapa pekan terakhir, menyeret indeks acuan S&P 500 (.SPX) turun sekitar 10% dari level tertinggi intraday di bulan Juli.

Kesebelas sektor utama S&P 500 mengakhiri sesi dengan warna hijau, dengan layanan komunikasi (.SPLRCL) menikmati persentase kenaikan terbesar, melonjak 2,1%.

McDonald's (MCD.N) melaporkan hasil kuartalan yang lebih baik dari perkiraan, didorong oleh permintaan akan makanan yang lebih terjangkau karena konsumen menghadapi tekanan inflasi yang sedang berlangsung. Sahamnya naik 1,7%.

Onsemi (ON.O) anjlok 21.8% setelah pembuat chip tersebut memperkirakan pendapatan kuartal keempat yang lemah karena melambatnya permintaan kendaraan listrik.

Western Digital Corp (WDC.O) melonjak 7,3% setelah perusahaan tersebut mengungkapkan rencana untuk memisahkan diri menjadi dua perusahaan publik independen.

Realty Income (O.N) turun 5,7% setelah diumumkan oleh Spirit Realty Capital (SRC.N) dalam kesepakatan semua saham senilai $9,3 miliar. Spirit Realty Capital naik 7,9%.

Jumlah obligasi yang naik melebihi jumlah obligasi yang menurun di NYSE dengan rasio 2,15 banding 1; di Nasdaq, rasio 1,62 banding 1 menguntungkan saham-saham yang menguat.

S&P 500 tidak mencatat nilai tertinggi baru dalam 52 minggu dan 44 posisi terendah baru; Nasdaq Composite mencatat 14 harga tertinggi baru dan 363 harga terendah baru.

Volume di bursa AS adalah 10,16 miliar lembar saham, dibandingkan dengan rata-rata 10,67 miliar saham untuk sesi penuh selama 20 hari perdagangan terakhir.

(SAN)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.