Note

USD mengatasi rintangan di tengan ekspektasi "soft landing" untuk ekonomi AS

· Views 54

USD mengatasi rintangan di tengan ekspektasi soft landing untuk ekonomi AS

Mata uang AS dengan percaya diri memulai minggu ini, menguat dan melampaui euro. Stabilitas dolar, yang dengan hati-hati mengatasi rintangan, didukung oleh harapan untuk pendaratan lunak bagi ekonomi AS.

Pada hari Senin, 30 Oktober, dolar menguat di tengah perdagangan yang hati-hati. Dalam hal ini, dolar siap untuk mendapatkan momentum setelah penurunan pada Jumat lalu, 27 Oktober, yang menyusul rilis data Indeks Harga Konsumsi PCE Inti. Indikator inflasi kunci ini, yang diandalkan oleh Federal Reserve, mencapai level terendah dalam 2,5 tahun terakhir.

Menurut laporan dari Biro Analisis Ekonomi AS, pada bulan September, Indeks Harga Konsumsi PCE Inti, yang tidak termasuk harga makanan dan energi, meningkat sebesar 0,3% dibandingkan dengan bulan sebelumnya. Data ekonomi yang dirilis sesuai dengan perkiraan.

Secara tahunan, Indeks Harga Konsumsi PCE Inti naik sebesar 3,7%. Para analis mencatat bahwa pada bulan September, laju pertumbuhan tahunan dari indikator ini mencapai level terendahnya sejak Mei 2021. Hal ini berkontribusi pada penurunan singkat dari dolar AS, yang kemudian berhasil memulihkan sebagian besar kerugiannya.

Namun, penurunan dolar AS tidak membantu euro menguat. Data makroekonomi saat ini tentang PMI, angka inflasi di zona euro, dan keputusan suku bunga Bank Sentral Eropa tidak menguntungkan bagi EUR. Selain itu, ECB mempertahankan suku bunga tidak berubah. Bank sentral Eropa juga mencatat bahwa, di satu sisi, inflasi di zona euro sedang menurun, namun di sisi lain, ekonomi Eropa tetap lemah.

Di tengah latar belakang ini, pasangan EUR/USD turun tajam ke level terendah 1.0520, dan kemudian dibeli kembali. Selanjutnya, pasangan tersebut menstabilkan diri. Pada hari Senin, 30 Oktober, pasangan EUR/USD diperdagangkan di dekat 1.0560, mencoba untuk bergerak lebih tinggi.

Lihat juga: Mulai trading Forex dengan broker level Eropa!
USD mengatasi rintangan di tengan ekspektasi soft landing untuk ekonomi AS

Saat ini, pasangan tersebut kembali ke tren turun, namun beberapa analis memperkirakan kenaikan hingga 1.1000. Menurut perkiraan awal, kenaikan seperti itu dapat terlihat hingga akhir tahun 2023.

Secara jangka pendek, banyak ahli memperkirakan penurunan dolar AS, namun hal ini masih tidak pasti. Menurut laporan COT tentang Indeks Dolar AS (USDX), saat ini terjadi peningkatan sentimen bullish mengenai mata uang Amerika. Dana besar kembali membuka posisi long pada USD setelah satu minggu istirahat. Selama 10 bulan terakhir, posisi long bersih mencapai level rekor. Kelanjutan tren diharapkan akan mendukung pertumbuhan mata uang AS, menurut para analis.

Namun, hedge fund dengan strategi jangka panjang menunjukkan sentimen bearish. Pada akhir minggu sebelumnya, hedge fund mulai mengurangi posisi long bersih pada USD. Jika trader besar bergabung dengan mereka, dolar AS bisa mengalami penurunan signifikan. Patut dicatat, selama dua minggu terakhir, posisi long bersih pada USD mengalami sedikit perubahan. Hal ini menunjukkan adanya ketidakpastian di pasar. Saat ini, fokus pasar tertuju pada keputusan suku bunga mendatang dari Federal Reserve dan Bank of England, yang akan diambil dalam waktu dekat.

Menurut para spesialis, pada kuartal ketiga tahun 2023, ekonomi Amerika tumbuh dengan laju tertinggi dalam dua tahun terakhir. Hal ini disebabkan oleh upah yang relatif tinggi di tengah pasar tenaga kerja yang ketat, yang mengakibatkan peningkatan tajam dalam pengeluaran konsumen. Hal ini menambah keyakinan bahwa regulator akan mempertahankan suku bunga tinggi selama mungkin. Situasi seperti ini berkontribusi pada penguatan dolar lebih lanjut.

Data saat ini telah mengkonfirmasi ketahanan ekonomi AS terhadap siklus rekor kenaikan suku bunga Fed. Alih-alih perlambatan tradisional, pertumbuhan terus berlanjut dengan kecepatan tinggi. Namun, indikator inflasi yang diandalkan Federal Reserve telah bergerak dalam arah yang berlawanan: Indeks Harga Konsumsi Pribadi (PCE) mengalami percepatan hingga 2,9% karena kenaikan biaya energi, sementara PCE Inti melambat menjadi 2,4% dibandingkan dengan sebelumnya 3,7%.

Penurunan laju inflasi inti di Amerika Serikat pada saat pertumbuhan ekonomi yang kuat adalah sinyal positif, menunjukkan kemungkinan pendaratan lunak. Namun, jika situasinya berubah, masa depan ekonomi AS mungkin tidak akan begitu cerah. Para analis percaya bahwa laju pertumbuhan ekonomi seperti itu tidak mungkin berkelanjutan. Akibatnya, pada kuartal keempat tahun 2023 dan kuartal pertama tahun 2024, ekonomi AS dapat melambat. Hal ini akan dipengaruhi oleh efek tertunda dari kenaikan biaya pinjaman dan pengembalian pinjaman mahasiswa.

Menariknya, data PDB AS ternyata lebih baik dari perkiraan. Pada kuartal ketiga tahun ini, indikator ini mencapai 4,9% secara tahunan, melampaui perkiraan sebesar 4,3%. Hal ini merupakan faktor positif bagi dolar AS, yang segera mengalami kenaikan.

Saat ini, kekhawatiran terbesar disebabkan oleh tingkat suku bunga kunci. Beberapa analis percaya bahwa tingkatnya telah mencapai puncaknya. Namun, bahkan dalam skenario seperti itu, data ekonomi yang kuat dari Amerika Serikat adalah argumen untuk mempertahankannya pada tingkat saat ini untuk periode yang lebih lama.

Menurut pejabat Fed, untuk perlambatan inflasi yang berkelanjutan, ekonomi harus tumbuh dengan kecepatan di bawah tren, dan kondisi pasar tenaga kerja harus menjadi kurang ketat. Sebelumnya, Ketua Fed Jerome Powell mencatat bahwa pertumbuhan ekonomi AS yang lebih tinggi dari yang diharapkan atau stabilisasi di pasar tenaga kerja akan membutuhkan pengetatan kebijakan moneter lebih lanjut. Namun, pertanyaan ini masih terbuka, memberikan ruang untuk manuver jika situasinya berbeda.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.