Note

Harga Gula Naik, Pendapatan dan Laba Emiten Ini Naik Dua Kali Lipat

· Views 39
Harga Gula Naik, Pendapatan dan Laba Emiten Ini Naik Dua Kali Lipat
Harga Gula Naik, Pendapatan dan Laba Emiten Ini Naik Dua Kali Lipat. (Foto: MNC Media)

IDXChannel – Kenaikan harga gula turut mengerek kinerja keuangan PT Aman Agrindo Tbk (GULA). Perusahaan itu mencatatkan penjualan sebesar Rp277 miliar pada September 2023, atau naik 100 persen dari periode yang sama tahun sebelumnya sebesar Rp132 miliar. 

Hal ini dikarenakan lonjakan harga gula global yang terjadi akibat El Nino. Hal itu mengakibatkan anomali cuaca yang mengganggu produksi pertanian.

Baca Juga:
Harga Gula Naik, Pendapatan dan Laba Emiten Ini Naik Dua Kali Lipat Harga Gula Capai Level Tertinggi 12 Tahun, RI Masih Doyan Impor

"Penjualan meningkat dan pendapatan kami naik karena memang harga gula saat ini sedang tinggi. Merujuk data Bank Dunia, harga gula dunia naik 9,8% dibandingkan dengan bulan sebelumnya, dan melesat 48,4% dibandingkan tahun sebelumnya hingga mencatatkan rekor,” kata Direktur Utama GULA, Andreas Utomo dalam keterangan resminya di Jakarta, Senin (30/10/2023).

Kenaikan pendapatan juga turun mendorong bottom line. Laba neto tahun berjalan tercatat sebesar Rp3,15 miliar atau bertumbuh dari laba neto Rp1,58 miliar di tahun sebelumnya.

Baca Juga:
Harga Gula Naik, Pendapatan dan Laba Emiten Ini Naik Dua Kali Lipat Harga Gula Dunia Melonjak 9,8 Persen di September 2023

Sementara itu, laba bruto tahun ini naik menjadi Rp13,54 miliar dari tahun sebelumnya Rp10,13 miliar. Begitu juga dengan laba usaha dari sebelumnya Rp6,05 miliar naik menjadi Rp8,92 miliar.

"Pertumbuhan pendapatan ini ditopang oleh peningkatan produksi gula yang terserap di pasaran karena tingginya permintaan dan kebutuhan nasional. Terlebih lagi harga gula dunia sedang tinggi," sambung Andreas.

Baca Juga:
Harga Gula Naik, Pendapatan dan Laba Emiten Ini Naik Dua Kali Lipat Kenaikan Harga Gula Rafinasi Dikhawatirkan Bebani Industri Kecil

Kenaikan harga komoditas pangan akibat El Nino seperti gula diprediksi akan berdampak pada kinerja emiten produsen makanan.

Food and Agriculture Organization (FAO) menilai bahwa lonjakan harga gula global tahun ini tak lepas dari kemunculan El Nino sehingga mengakibatkan anomali cuaca yang mengganggu produksi pertanian.

Halaman : 1 2

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.