Note

Jelang Rilis Lapkeu Hari Ini, Saham GOTO Naik tapi Belum Balik ke Atas Rp60

· Views 48
Jelang Rilis Lapkeu Hari Ini, Saham GOTO Naik tapi Belum Balik ke Atas Rp60
Jelang Rilis Lapkeu Hari Ini, Saham GOTO Naik tapi Belum Balik ke Atas Rp60. (Foto: MNC Media)

IDXChannel – Saham emiten e-commerce dan jasa ride hailing PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) menguat dalam lanjutan sesi I, Senin (30/10/2023). Investor tengah menantikan rilis laporan kinerja keuangan kuartal III-2023 yang akan diumumkan hari ini.

Menurut data Bursa Efek Indonesia (BEI), pukul 10.46 WIB, saham GOTO naik 3,57 persen ke Rp58 per saham. Nilai transaksi mencapai Rp74,51 miliar dan volume perdagangan 1,31 miliar saham.

Baca Juga:
Jelang Rilis Lapkeu Hari Ini, Saham GOTO Naik tapi Belum Balik ke Atas Rp60 TLKM Klaim Investasi GOTO Hasilkan Pertumbuhan Sinergi 25%

Secara teknikal, saham GOTO masih belum mampu menembus resistance di area 58-60. Support terdekat untuk saham GOTO berada di 54-52.

Dengan ini, saham GOTO masih melorot 9,52 persen dalam sepekan dan turun tajam hingga 32,94 persen dalam sebulan.

Baca Juga:
Jelang Rilis Lapkeu Hari Ini, Saham GOTO Naik tapi Belum Balik ke Atas Rp60 5 Perusahaan Investasi Terbesar di Dunia: AUM Triliunan Dolar AS, Ada Investornya GOTO

Saham GOTO memang masih dalam tren penurunan (downtrend).

Pada Senin (16/10), GOTO bahkan sempat menyentuh level terendah sepanjang masa (all time low/ATL) pada perdagangan intraday pukul 10.10 ke Rp54 per saham (anjlok 19 persen secara harian). Pada hari itu, GOTO akhirnya memangkas penurunan menjadi 1,49 persen ke posisi Rp66 per saham.

Baca Juga:
Jelang Rilis Lapkeu Hari Ini, Saham GOTO Naik tapi Belum Balik ke Atas Rp60 Pasar Tunggu Lapkeu Kuartal III-2023, GOTO Dekati Gocap Lagi

Selama Oktober, saham GOTO hanya menguat 4 kali, pada 5, 19, 23, dan 30 Oktober, stagnan 3 kali, dan 13 kali ditutup memerah.

Alhasil, ini membuat GOTO menjadi pemberat (laggard) terbesar IHSG selama bulan ini, yakni menyumbang minus 60,06 poin.

Tidak hanya selama Oktober, GOTO juga menjadi laggard nomor 1 IHSG selama 2023, yakni dengan menekan kinerja IHSG sebanyak 77,60 poin.

Dalam sebuat riset UOB Kay Hian memproyeksikan kinerja keuangan GOTO per kuartal III-2023 berpotensi menunjukkan peningkatan signifikan seiring perusahaan teknologi tersebut berupaya memanfaatkan pasar yang lebih besar.

GoTo juga disebut UOB akan mendapatkan keuntungan dari ditutupnya TikTok Shop di Indonesia yang semakin mendongkrak Gross Transaction Value (GTV).

Sementara, analis HSBC Global Research menulis dalam risetnya, ‘mesin pertumbuhan GoTo Gojek’ dapat mendorong pertumbuhan pendapatan CAGR sebesar 19% pada 2023-2025,

Mirip dengan analisis UOB, di bidang e-commerce, GOTO berpotensi mengambil keuntungan dari ‘perbaikan struktur pasar dengan penutupan TikTok Shop dan revisi peraturan yang mempersulit masuknya platform e-commerce saingannya Temu ke Indonesia’.

Sementara di segmen layanan on-demand, basis pengguna GOTO kemungkinan akan berkembang “karena perusahaan ini menawarkan solusi yang terjangkau, berekspansi ke kota-kota baru, dan membuka lebih banyak merchant”.

Dalam keterbukaan informasi, pada 19 Oktober 2023, manajemen menyampaikan, perusahaan akan mempublikasikan laporan keuangan konsolidasian per akhir kuartal III-2023 pada 30 Oktober atawa hari ini. (ADF)

Disclaimer: Keputusan pembelian/penjualan saham sepenuhnya ada di tangan investor.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.