Note

Chandra Asri (TPIA)-Inalum Kolab Kembangkan Hilirisasi Alumunium hingga Ekosistem EV

· Views 32
Chandra Asri (TPIA)-Inalum Kolab Kembangkan Hilirisasi Alumunium hingga Ekosistem EV
Chandra Asri (TPIA)-Inalum Kolab Kembangkan Hilirisasi Alumunium hingga Ekosistem EV.

IDXChannel - PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (TPIA), melalui anak usahanya, PT Chandra Asri Alkali (CAA) telah melakukan penandatanganan Letter of Intent (LoI) bersama dengan PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum) dalam rangka mendukung pengembangan hilirisasi aluminium. 

Selain itu, sekaligus mewujudkan percepatan ekosistem kendaraan listrik atau electric vehicle (EV) dalam negeri yang berkelanjutan. 

Baca Juga:
Chandra Asri (TPIA)-Inalum Kolab Kembangkan Hilirisasi Alumunium hingga Ekosistem EV Obligasi Jatuh Tempo Bulan Depan, Chandra Asri (TPIA) Siapkan Rp600 Miliar

Kerja sama yang disepakati melalui penandatanganan LoI ini meliputi potensi penyediaan pasokan kaustik soda basah oleh CAA kepada Inalum dengan volume hingga 120 ribu metrik ton (MT) per tahun, serta potensi penyertaan ekuitas oleh Inalum di CAA hingga 10 persen.

TPIA melalui pabrik Chlor Alkali-Ethylene Dichloride (CA-EDC) akan menyediakan kaustik soda basah yang akan digunakan oleh Inalum sebagai salah satu bahan baku utama dalam proses produksi aluminium di fasilitas smelternya, termasuk sebagai komponen battery pack untuk kendaraan listrik. 

Baca Juga:
Chandra Asri (TPIA)-Inalum Kolab Kembangkan Hilirisasi Alumunium hingga Ekosistem EV Chandra Asri (TPIA) akan Bangun PLTS Terapung 32 MW, Konstruksi Mulai 2024

Di samping itu, Inalum juga akan melakukan kajian kelayakan investasi terhadap CAA untuk melihat peluang kepemilikan saham di CAA. 

Presiden Direktur TPIA Erwin Ciputra mengatakan, intensi kerja sama ini diharapkan dapat berkontribusi mendukung salah satu prioritas pemerintah Republik Indonesia dalam memberikan nilai tambah bagi komoditas bahan mentah. 

Baca Juga:
Chandra Asri (TPIA)-Inalum Kolab Kembangkan Hilirisasi Alumunium hingga Ekosistem EV Garap Panel Surya, Emiten Prajogo Pangestu (TPIA) Kurangi Emisi Karbon 561 Ton/Tahun

Melalui perjanjian ini, keduanya berupaya memfasilitasi pertumbuhan industri midstream dan hilir aluminium, khususnya untuk kendaraan listrik di dalam negeri termasuk Indonesia dalam percepatan adopsi kendaraan listrik.

“Kerja sama ini memiliki arti penting bagi kami untuk mengimplementasikan portofolio investasi kami, sebagai pendukung hilirisasi di industri pertambangan,” kata Erwin dalam keterangan resminya, Senin (30/10/2023).

Sementara itu, Direktur Pengembangan Usaha Inalum Melati Sarnita menyampaikan bahwa kaustik soda basah yang dipasok oleh CAA nantinya akan digunakan oleh PT Borneo Alumina Indonesia (BAI), anak usaha Inalum bersama-sama dengan PT Antam Tbk (ANTM).

Kaustik soda basah sebagai salah satu bahan baku utama untuk memproduksi alumina melalui fasilitas smelter grade alumina refinery (SGAR) yang ditargetkan akan mulai beroperasi pada 2025. 

“Alumina tersebut nantinya akan digunakan oleh Inalum sebagai bahan baku melalui fasilitas smelternya menjadi aluminium,” ujara Melati.

Dia menambahkan, Inalum saat ini fokus pada pengembangan ekosistem hilirisasi aluminium nasional dan peningkatan jumlah produksi, baik dalam hal pengembangan lingkup rantai pasok aluminium maupun pengembangan energi hijau. 

Selain itu, Inalum juga memiliki peran yang strategis mengingat aluminium merupakan salah satu bahan baku utama yang dibutuhkan dalam pengembangan industri-industri nasional, termasuk dalam pengembangan kendaraan listrik dan baterai listrik di dalam negeri.

(RNA)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.