Note

Pendapatan Turun, Laba Agung Podomoro (APLN) Susut 45 Persen Jadi Rp1,28 T

· Views 50
Pendapatan Turun, Laba Agung Podomoro (APLN) Susut 45 Persen Jadi Rp1,28 T
Pendapatan Turun, Laba Agung Podomoro (APLN) Susut 45 Persen Jadi Rp1,28 T

IDXChannel - PT Agung Podomoro Land Tbk (APLN) membukukan pendapatan usaha mencapai Rp3,92 triliun pada kuartal III-2023. Capaian ini turun 47 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebesar Rp7,39 triliun.

Kontribusi topline ini sudah mencakup penjualan Neo Soho Mall sebesar Rp1,3 triliun pada September 2023. Sementara penjualan Central Park Mall pada September 2022 menghasilkan pendapatan senilai Rp4,08 triliun. 

Baca Juga:
Pendapatan Turun, Laba Agung Podomoro (APLN) Susut 45 Persen Jadi Rp1,28 T APLN Jual Neo Soho Rp1,44 T untuk Bayar Utang

Corporate Secretary APLN Justini Omas menjelaskan, kinerja perusahaan pada tahun ini menghadapi berbagai tantangan, termasuk pertumbuhan industri properti yang belum sesuai harapan. 

Dia menegaskan, penjualan Neo Soho Mall menjadi keputusan penting demi memperkuat likuiditas, terutama digunakan untuk membayar sebagian pinjaman. 

Baca Juga:
Pendapatan Turun, Laba Agung Podomoro (APLN) Susut 45 Persen Jadi Rp1,28 T Ini Penjelasan Agung Podomoro (APLN) soal Jual Mal Neo Soho Rp1,44 Triliun

“Penjualan sektor properti masih sangat dinamis, penuh tantangan, terutama akibat daya beli konsumen yang belum kuat. Hal tersebut berdampak pada pendapatan Perusahaan dari penjualan proyek-proyek properti yang turun pada periode ini,” kata Justini melalui keterangan resmi di Jakarta, Sabtu (28/10/2023).

Sampai periode sembilan bulan 2023, marketing sales APLN tercatat sebesar Rp933 miliar. Angka ini susut 41 persen dibandingkan periode yang sama 2022 sebesar Rp1,58 triliun.
 
Penjualan yang menurun, berdampak pada laba kotor APLN pada periode ini, yang terpangkas 62,9 persen menjadi Rp1,63 triliun dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya Rp4,39 triliun.

Baca Juga:
Pendapatan Turun, Laba Agung Podomoro (APLN) Susut 45 Persen Jadi Rp1,28 T Agung Podomoro (APLN) Masih Punya Kepentingan 28,5 Persen di Mal Neo Soho

Adapun laba bersih APLN ikut terpangkas sekitar 45 persen menjadi Rp1,28 triliun, dari sebelumnya di angka Rp2,35 triliun.

Sementara laba komprehensif APLN menyusut 47,5 persen menjadi sebesar Rp1,35 triliun dari Rp2,57 triliun pada periode yang sama 2022.

“Laba komprehensif dalam periode sembilan bulan tahun 2023 ini sebagian besar berasal dari tender offer obligasi dolar Amerika yang menghasilkan pendapatan nontunai senilai Rp1,01 triliun,” ucap Justini.

"Namun demikian, kami masih memiliki obligasi dolar Amerika sebesar USD131,96 juta atau sekitar Rp2,05 triliun yang akan jatuh tempo pada Juni 2024," imbuhnya.

Untuk menjaga kelangsungan bisnis perusahaan, dia menambahkan, APLN akan terus mempercepat pembangunan proyek-proyek properti yang selama ini menjadi sumber utama pendapatan.

Proyek yang dimaksud, antara lain Kota Podomoro Tenjo, Bukit Podomoro Jakarta, Podomoro Park Bandung, Parkland Podomoro Karawang, serta Borneo Bay City di Balikpapan yang merupakan kota penyangga Ibu Kota Nusantara (IKN). 

“Dengan telah terjualnya Central Park Mall dan Neo Soho Mall, kami berusaha mengoptimalkan pendapatan dari bisnis perhotelan dan pusat perbelanjaan lainnya yang tetap tumbuh positif," tuturnya.

(RNA)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.