Note

5 Perusahaan Investasi Terbesar di Dunia: AUM Triliunan Dolar AS, Ada Investornya GOTO

· Views 70
5 Perusahaan Investasi Terbesar di Dunia: AUM Triliunan Dolar AS, Ada Investornya GOTO
5 Perusahaan Investasi Terbesar di Dunia: AUM Triliunan Dolar AS, Ada Investornya GOTO. (Foto: MNC Media)

IDXChannel—Perusahaan investasi terbesar di dunia saat ini adalah BlackRock, jika dilihat dari jumlah dana kelolaannya. Namun jika dilihat dari besaran kapitalisasi pasar, maka Berkshire Hathaway, selaku perusahaan terbuka, menjuarai posisi pertama. 

Perusahaan investasi atau asset management company (AMC), adalah suatu perusahaan yang mengumpulkan dana dari para investor untuk dikelola dalam beragam instrumen investasi seperti saham, obligasi, real estate, dan sebagainya. 

Baca Juga:
5 Perusahaan Investasi Terbesar di Dunia: AUM Triliunan Dolar AS, Ada Investornya GOTO Tak Hanya BlackRock dan Vanguard, TLKM dan ASII Juga Nyangkut di GOTO

AMC menyediakan portofolio dengan likuiditas dan diversifikasi tinggi, sekaligus menyediakan konsultasi manajemen aset yang lebih profesional dibanding sekuritas dan perusahaan investasi biasa. 

Siapa saja klien yang menitipkan uangnya di perusahaan investasi setaraf AMC? Dikutip dari Investopedia (27/10), AMC mengumpulkan dana kelolaan di bawah managemen (asset under management/AUM) dari orang-orang super kaya (high-net-worth individual), organisasi, atau perusahaan. 

Baca Juga:
5 Perusahaan Investasi Terbesar di Dunia: AUM Triliunan Dolar AS, Ada Investornya GOTO Blackrock Kurangi Kepemilikan Saham UNVR

Cara kerja AMC sekilas tampak mirip dengan reksa dana yang biasa dibeli investor ritel, namun dengan segmen klien dan nominal dana investasi yang berbeda. Oleh karena itu, biaya investasi yang dipatok kepada para klien pun berbeda. 

AMC biasanya menetapkan biaya investasi yang dihitung dalam persentase, ditotal dari keseluruhan AUM kliem. Misalnya, jika AMC mematok biaya investasi tahunan 1%, maka perusahaan tersebut akan menarik USD100.000 untuk pengelolaan portofolio klien dengan nilai USD10 juta. 

Baca Juga:
5 Perusahaan Investasi Terbesar di Dunia: AUM Triliunan Dolar AS, Ada Investornya GOTO 10 Perusahaan Top Dunia Masuk Portofolio Blackrock, Apple Nomor Satu

Lantas, mana saja perusahaan investasi terbesar di dunia dari segi jumlah dana kelolaan di bawah manajemennya? 

1. BlackRock, Inc 
BlackRock adalah perusahaan investasi multinasional berbasis di AS. Didirikan pada 1988, BlackRock saat ini menduduki peringkat pertama AMC terbesar di dunia dengan aset kelolaan USD9,42 triliun per Juni 2023. Nilai ini setara dengan Rp149,98 kuadriliun. 

Tahun lalu, BlackRock mencatatkan laba bersih USD5,18 miliar. BlackRock telah melantai di New York Stock Exchange (NYSE). Harga saham per lembarnya saat ini mencapai USD607, atau Rp9,66 juta. BlackRock adalah salah satu investor yang membeli saham GOTO

2. Vanguard Group
The Vanguard Group, Inc. menduduki urutan kedua perusahaan investasi terbesar di dunia. Dana kelolaannya saat ini mencapai USD7,7 triliun. Vanguard didirikan pada 1975 oleh John C. Bogle, pebisnis yang menginisiasi reksa dana dan ETF indeks.  

3. Fidelity Investment 
Fidelity Investments juga berasal dari Amerika Serikat. Perusahaan ini didirikan pada 1946 dan berbasis di Boston. Saat ini, dana kelolaan di bawah managemennya mencapai USD4,3 triliun. Fidelity menawarkan jasa pialang, reksa dana, managemen keuangaan, dan lain-lain.

4. Morgan Stanley 
Morgan Stanley adalah bank investasi dan jasa keuangan di Amerika Serikat. Perusahaan ini didirikan oleh J.P. Morgan & Co, bersama Henry Sturgis Morgan dan Harold Stanley pada 1935.

Jumlah dana kelolaan di bawah managemennya mencapai USD1,4 triliun. Pada tahun lalu, Morgan Stanley mencatatkan laba bersih sebanyak USD11,1 miliar. Harga sahamnya saat ini mencapai USD72,07/lembar. 

5. JPMorgan Chase 
JPMorgan Chase & Co. adalah perusahaan yang dibentuk dari penggabungan beberapa bank besar di AS. Merger dilakukan pada 1996, menggabungkan Chase Manhattan Bank, J.P. Morgan & Co., dan Bank One. Sebelumnya, perusahaan-perusahaan ini berasal dari merger-merger lainnya.

Dana kelolaan di bawah managemennya saat ini mencapai USD4 triliun. Tahun lalu, perusahaan ini mencatatkan laba bersih senilai USD37,68 miliar. Harga sahamnya saat ini USD140,76/saham. 

Itulah sederet perusahaan investasi terbesar di dunia berdasarkan dana kelolaannya. Namun jika melihat dari kapitalisasi pasarnya, Berkshire Hathaway menduduki urutan pertama dengan market cap senilai USD733 miliar. (NKK)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.