Note

EUR/USD. Pertemuan ECB dan data PDB AS yang kuat

· Views 49

Saat ini bukanla saat membicarakan prospek masa depan. Hal ini sejalan dengan pertemuan Bank Sentral Eropa pada bulan Oktober, yang hasilnya diumumkan pada hari Kamis. Secara keseluruhan, bank sentral mengambil keputusan yang diharapkan untuk mempertahankan suku bunga sebagaimana adanya. Kemungkinan skenario ini terwujud adalah 100%, sehingga pasar kurang memperhatikan hasil formal pertemuan tersebut. Pasangan EUR/USD masih terhenti, menunggu konferensi pers Presiden ECB Christine Lagarde.

Lagarde lumayan bisa menggerakkan pasangan ini dengan retorikanya, dan dinamika awalnya menguntungkan euro. Bulls mendorong menuju batas 1,6 digit tetapi ragu-ragu untuk mencapai target tersebut karena argumen fundamental yang lemah.

Perlu dicatat bahwa menjelang pertemuan bulan Oktober, sebagian besar ahli yakin bahwa ECB tidak hanya akan mempertahankan kebijakan moneternya tidak berubah tetapi juga formulasi utama pernyataan yang menyertainya tidak berubah. Menurut perkiraan mereka, Lagarde juga diperkirakan akan mengulangi tesis utama yang diuraikan setelah pertemuan sebelumnya - bahwa ECB kemungkinan tidak akan menaikkan suku bunga dalam waktu dekat namun akan berkomitmen untuk mempertahankannya pada level saat ini untuk waktu yang lama. Selain itu, beberapa ahli mempertimbangkan kemungkinan regulator menurunkan suku bunga pada paruh pertama tahun depan, mengingat penurunan inflasi keseluruhan dan inti di zona euro dan lemahnya pertumbuhan ekonomi Eropa sebesar 0,1% pada kuartal kedua tahun ini.

EUR/USD. Pertemuan ECB dan data PDB AS yang kuat

Namun ECB tidak memberikan kejutan hawkish atau dovish. Memang benar bahwa Lagarde sedikit mengubah nada retorikanya dengan menawarkan beberapa dukungan untuk euro, namun akrobatik verbal ini gagal untuk mengesankan pasar. Intinya, ketua ECB hanya menghilangkan rumor bahwa bank sentral siap membahas waktu dan kondisi pelonggaran kebijakan moneter. Menurutnya, isu penurunan suku bunga tidak dibahas pada pertemuan baru-baru ini karena "hal ini terlalu dini". Ia juga menyatakan pimpinan ECB belum membahas kemungkinan perubahan ketentuan program pembelian aset PEPP yang sempat dirumorkan pada Oktober lalu. Lagarde menegaskan, bank sentral bermaksud menginvestasikan kembali dana dari obligasi jatuh tempo yang diperoleh melalui program ini, setidaknya hingga akhir tahun depan.

Mengenai nasib suku bunga, di satu sisi, ketua ECB menegaskan kembali tesis bulan September bahwa suku bunga akan dipertahankan pada tingkat saat ini "sampai lintasan inflasi di zona euro menunjukkan pergerakan berkelanjutan menuju target dua persen." Namun di sisi lain, ia menyebutkan risiko inflasi. Diantaranya adalah kenaikan tajam harga energi baru-baru ini akibat ketegangan geopolitik di Timur Tengah, kemungkinan kenaikan harga pangan, dan pertumbuhan upah yang aktif di negara-negara zona euro. Lagarde menekankan bahwa tekanan harga internal tetap kuat, dan risiko terhadap pertumbuhan ekonomi "cenderung menurun."

Retorika seperti itu tidak menunjukkan bahwa ECB siap untuk kembali menaikkan suku bunga dalam waktu dekat. Namun pada saat yang sama, Lagarde secara efektif membantah rumor bahwa bank sentral sedang mempertimbangkan pelonggaran persyaratan APP-nya dalam waktu dekat. Pernyataannya bahwa "sekarang bukan waktunya untuk melakukan panduan ke depan" dapat ditafsirkan dengan cara yang berbeda, baik dalam konteks potensi pengetatan atau pelonggaran kebijakan di masa depan. Namun, jika kita menyusun tesis utama yang disuarakan oleh Lagarde, kita dapat menyimpulkan bahwa ECB pada dasarnya menjauhkan diri dari skenario penurunan suku bunga dalam waktu dekat.

Dengan demikian, Bank Sentral Eropa, meskipun tidak memberikan dukungan substansial terhadap mata uang Eropa, juga tidak "menenggelamkan" euro. ECB mengadakan pertemuan rutin tanpa memenuhi ekspektasi kelompok "dovish" (karena tidak ada ekspektasi "hawkish").

Dapat diasumsikan bahwa pasar akan mengalihkan fokusnya ke peristiwa Amerika mulai besok. Fokus utamanya adalah pada data pertumbuhan indeks PCE. PDB AS meningkat sebesar 4,9% tahun-ke-tahun pada kuartal ketiga, tingkat pertumbuhan tertinggi sejak kuartal keempat tahun 2021, dibandingkan dengan pertumbuhan ekonomi AS yang hanya sebesar 2,1% pada kuartal kedua. Jika indeks pengeluaran konsumsi pribadi primer dirilis besok setidaknya pada tingkat perkiraan (belum lagi "zona merah"), dolar bisa berada di bawah tekanan yang signifikan karena selera risiko di pasar mungkin meningkat. Tanda-tanda melambatnya inflasi dengan latar belakang pertumbuhan PDB yang kuat kemungkinan besar akan berkontribusi pada penurunan imbal hasil Treasury, dan akibatnya, pada greenback.

Lihat juga: Mulai trading Forex dengan broker level Eropa!
EUR/USD. Pertemuan ECB dan data PDB AS yang kuat

Pada saat yang sama, peran "black swan" yang potensial terus dimainkan oleh Timur Tengah. Ketegangan geopolitik, yang telah meningkat selama beberapa minggu, membuat dolar menjadi aset safe-haven. Menurut perdana menteri Israel, kepemimpinan militer dan politik negara tersebut tidak mengesampingkan operasi darat di Jalur Gaza, bertentangan dengan rumor yang beredar. Namun, dia menolak untuk membahas waktu atau tenggat waktu spesifiknya.

Dengan demikian, situasi pasangan EUR/USD menjadi cukup ambigu. Di satu sisi, ECB menerapkan skenario dasar dan menahan diri untuk tidak menjatuhkan euro dengan pernyataan dovish. Di sisi lain, pasar terus mencermati perkembangan di Timur Tengah yang situasinya seperti tong mesiu dengan sumbu yang menyala. Selain itu, trader tidak terburu-buru mengambil kesimpulan menjelang rilis data inti indeks PCE. Dengan kata lain, situasi pasangan ini masih sangat kontradiktif, sehingga disarankan untuk mempertahankan posisi menunggu dan melihat hingga rilis hari Jumat.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.