Note

USD/JPY: Pembeli menguji level 150

· Views 51

Pasangan USD/JPY telah menguji level 150 selama dua hari berturut-turut, meskipun ada risiko intervensi mata uang oleh pemerintah Jepang. Para trader USD/JPY telah mengepung level resistance kunci 150.00 selama lebih dari tiga minggu (sejak awal Oktober) namun ragu untuk menaklukkan wilayah harga baru. Namun, lonjakan minat baru-baru ini terhadap dolar AS, didorong oleh kenaikan imbal hasil Surat Utang Amerika Serikat, mendorong para pembeli pasangan ini untuk menyerbu benteng harga yang tidak resmi kemarin.

Menarik untuk dicatat bahwa sepanjang bulan Oktober, pasangan ini berulang kali mendekati level resistance 150.00, tetapi setiap kali, momentum ke atas berkurang ketika mendekati atap kisaran yang telah ditetapkan. Para pembeli mengambil keuntungan dan melakukan penjualan, memanfaatkan situasi yang dapat diprediksi. Prediktabilitas ini tidak tanpa alasan: pada awal Oktober, para trader menetapkan level tertinggi tahunan, mencapai 150.17, setelah itu terjadi penurunan tajam, hampir 300 pips.

Ada rumor yang mengatakan bahwa otoritas Jepang campur tangan dalam situasi ini dengan melakukan intervensi mata uang. Rumor-rumor ini tetap sebatas rumor: Menteri Keuangan negara tersebut tidak mengkonfirmasi atau membantahnya, menyatakan bahwa departemennya tidak berkewajiban untuk mengumumkan atau memberi tahu tindakan semacam itu. Pada saat yang sama, Menteri Keuangan mengisyaratkan bahwa mereka "sedang memantau situasi di pasar valuta asing."

Lihat juga: Anda dapat buka akun trading di sini.
USD/JPY: Pembeli menguji level 150

Melihat dari fluktuasi harga berikutnya, petunjuk tersebut sepertinya telah dipahami dan diterima oleh peserta pasar. Pola itu bekerja seperti mesin: pasangan ini mendekati batas level 150, kemudian mundur dan jatuh ke dasar level 149. Volatilitas rendah tetapi dapat diprediksi.

Namun, cepat atau lambat, keseimbangan harus bergeser ke satu arah atau yang lain. Seperti yang bisa kita lihat, para trader memutuskan untuk menyerang level harga yang signifikan, tanpa memperhatikan risiko yang diketahui. Dolar kembali menguat meskipun komentar hati-hati dari Jerome Powell dan harapan yang semakin berkurang terkait tindakan mendatang Federal Reserve.

Di antara alasan utama penguatan dolar adalah peningkatan ketakutan akan risiko dan kenaikan kembali imbal hasil Surat Utang Amerika Serikat.

Minggu lalu, imbal hasil pada obligasi AS 10-tahun mendekati 5% untuk pertama kalinya sejak musim semi 2007. Kemudian, terjadi koreksi, tetapi sampai hari ini, indikator tersebut mulai naik lagi (saat ini berada di 4.949%).

Seperti yang diketahui, yen sensitif terhadap dinamika imbal hasil Surat Utang Amerika Serikat, jadi tren terbaru ini secara harfiah mendorong pasangan USD/JPY ke dekat level 150—ini adalah alasan pertama.

Alasan kedua adalah peningkatan ketakutan akan risiko, dan di sini lagi, fokusnya adalah pada Timur Tengah. Di tengah spekulasi media bahwa IDF mungkin akan melewatkan operasi darat di sektor Gaza, Perdana Menteri negara tersebut, Benjamin Netanyahu, menyatakan kemarin bahwa ia bersikeras untuk melakukan misi militer. Menurutnya, Israel memiliki dua tujuan dalam perang ini: "untuk menghilangkan HAMAS (dengan menghancurkan potensi militer dan manajerialnya) dan melakukan segala upaya untuk mengembalikan sandera." Meskipun Netanyahu tidak mengungkapkan rincian (termasuk waktu operasi), ia berjanji itu akan terjadi.

Sementara itu, menurut laporan media Amerika, Gedung Putih secara tidak resmi menyatakan kekhawatirannya bahwa operasi darat akhirnya dapat mengarah pada serangan terhadap unit-unit militer AS yang ditempatkan di Uni Emirat Arab, Suriah, Kuwait, Yordania, dan Arab Saudi. Namun, meskipun "kekhawatiran" Washington, peristiwa di Timur Tengah sedang berlangsung (setidaknya untuk saat ini) dalam skenario eskalasi. Fakta ini secara tidak langsung mendukung dolar AS sebagai tempat perlindungan yang aman.

Dengan demikian, kenaikan imbal hasil Surat Utang Amerika Serikat dan peningkatan ketegangan geopolitik mendorong pasangan USD/JPY lebih tinggi. Pertanyaannya adalah seberapa jauh pembeli akan pergi dan apakah mereka akan menguji kesabaran otoritas Jepang dengan tetap berada di atas target 150.00 untuk jangka waktu yang lama. Lagi pula, risiko intervensi mata uang belum dibatalkan, terutama karena otoritas Jepang sudah "memperlihatkan gigi" pada awal Oktober (apakah intervensi mata uang benar-benar dilakukan saat itu atau hanya semacam menggertak tidak masalah).

Oleh karena itu, disarankan untuk mendekati posisi long pada pasangan USD/JPY dengan sangat hati-hati, setidaknya sampai harga stabil di atas target 150.50 (garis atas indikator Bollinger Bands pada grafik harian). Melihat dari kenyataan bahwa momentum kenaikan hari ini hampir tidak ada, skenario ini tampak tidak mungkin terjadi.

Selain itu, perlu dicatat bahwa besok, 27 Oktober, AS akan merilis indikator inflasi penting—indeks PCE inti. Seperti yang diketahui, ini adalah salah satu indikator inflasi kunci yang dipantau oleh Federal Reserve. Menurut perkiraan sebagian besar ahli, indeks ini diperkirakan akan turun menjadi 3.7% pada September, turun dari 3.9%. Jika indeks keluar bahkan pada level perkiraan (apalagi "zona merah"), dolar bisa mengalami tekanan. Dalam hal ini, kemungkinan kenaikan suku bunga Fed pada Desember akan turun menjadi 10-15% dari tingkat saat ini (menurut CME FedWatch Tool).

Meringkas semua yang disebutkan di atas, dapat disimpulkan bahwa saat ini bijak untuk mengambil posisi menunggu dan melihat pada pasangan USD/JPY. Dengan tingkat probabilitas yang tinggi, harga akan kembali di bawah level 150.00 dalam jangka pendek. Peristiwa selama setahun terakhir telah menunjukkan bahwa risiko intervensi mata uang bukanlah sekadar hipotesis tetapi sangat nyata. Target terdekat untuk pergerakan ke bawah adalah level support 149.40 (garis tengah indikator Bollinger Bands pada kerangka waktu harian).

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.