Note

USD/JPY menembus level kontrol

· Views 49

USD/JPY menembus level kontrol

Pasangan USD/JPY akhirnya berhasil menembus rintangan 150, yang tidak tersentuh sejak awal Oktober. Lebih dari itu, pagi ini, pasangan mata uang ini melonjak ke titik tertinggi tahunan baru sebesar 150,61, meskipun risiko intervensi dari Jepang meningkat. Mari kita cari tahu apa yang memicu kenaikan ini dan seberapa lama mungkin bertahan.

USD mengalami rally

Meskipun spekulasi pasar bahwa Federal Reserve mendekati akhir siklus pelonggarannya saat ini, mata uang AS tetap kuat. Kemarin, indeks dolar, yang mengukur dolar AS terhadap sekeranjang enam mata uang utama lainnya, naik sebesar 0,3%, mencapai puncak mingguan sebesar 106,5. Pertumbuhan dolar didorong oleh beberapa faktor fundamental positif, tetapi kenaikan sentimen yang menghindari risiko adalah pendorong utamanya. Rabu lalu, indeks Dow Jones turun sebesar 0,32% dan Nasdaq kehilangan 2,43% karena laporan korporat yang lemah dari perusahaan-perusahaan terkemuka di AS.

Rodrigo Catril, seorang ahli strategi mata uang di National Australia Bank, mengatakan bahwa pasar sekali lagi menunjukkan tanda-tanda kekhawatiran mengenai penurunan laba perusahaan di AS, yang berkontribusi pada kenaikan volatilitas dolar.

Tegangan geopolitik yang meningkat adalah faktor lain yang mendorong pembeli dolar, yang dianggap sebagai salah satu aset pelaburan aman terbaik. Investor saat ini waspada terhadap eskalasi konflik di Timur Tengah, terutama setelah Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, menyebut persiapan untuk invasi darat ke Gaza.

Selain itu, statistik makroekonomi AS yang kuat juga mendukung dolar. Data yang dirilis pada hari Rabu menunjukkan bahwa penjualan rumah baru keluarga tunggal AS pada bulan September melonjak tajam menjadi 759.000, mencapai level tertinggi dalam 19 bulan, jauh melebihi perkiraan sebesar 680.000. Angka positif ini, ditambah dengan data aktivitas bisnis yang optimis yang dirilis sebelumnya, meningkatkan kemungkinan "soft landing" bagi ekonomi AS, sedikit meningkatkan kemungkinan pelonggaran lebih lanjut di AS tahun ini.

Penggerak utama untuk USD/JPY:

Peningkatan ekspektasi hawkish membangkitkan pertumbuhan imbal hasil obligasi AS 10 tahun, yang mencapai puncak 16 tahun sebesar 5,0% awal pekan ini. Hal ini memberikan dukungan kuat bagi pasangan USD/JPY. Yen sangat sensitif terhadap kenaikan imbal hasil obligasi AS 10 tahun karena Bank of Japan dengan sengaja menjaga indikator Jepang setara tetap mendekati nol. Saat ini, para trader bertaruh pada kenaikan lebih lanjut dalam imbal hasil obligasi AS karena diantisipasi akan ada data makroekonomi AS yang lebih kuat.

Publikasi data PDB untuk kuartal ketiga akan menjadi peristiwa utama pada hari Kamis. Para ekonom memperkirakan pertumbuhan ekonomi AS yang mengesankan dari 2,1% hingga 4,2% selama periode Juli hingga September. Jika perkiraan ini terjadi, hal ini dapat lebih memicu harapan pasar untuk kenaikan suku bunga tambahan di AS.

Dalam hal ini, baik imbal hasil obligasi pemerintah AS maupun dolar dapat melonjak. Hal ini dapat mendorong pasangan USD/JPY ke level baru. Saat ini, pasangan mata uang utama ini diperdagangkan pada puncak 30 tahun. Kemarin, ia melintasi garis "merah" sebesar 150. Banyak trader percaya bahwa mencapai titik ini mungkin memprovokasi intervensi mata uang dari Tokyo. Pagi ini, pasangan ini melanjutkan pergerakan naiknya.

Lihat juga: Anda dapat buka akun trading di sini.
USD/JPY menembus level kontrol

Risiko apa yang mungkin dihadapi para trader?

Pada saat penyusunan laporan ini, dolar AS telah menguat terhadap yen hingga 150,61. Menanggapi pelemahan tajam JPY, pemerintah Jepang mengeluarkan peringatan kepada spekulator mata uang. Pada awal pagi, Menteri Keuangan Jepang Shinichi Suzuki memperingatkan investor untuk tidak terus menjual yen. Dia menyatakan bahwa pihak berwenang memantau situasi ini dengan cermat. Dia memperingatkan bahwa mereka memperhatikan pergerakan mata uang. Jika tekanan terus berlanjut pada yen, mereka akan mengambil semua langkah yang diperlukan.

Perlu dicatat, pejabat Jepang sebelumnya mengindikasikan bahwa pemicu untuk intervensi mungkin bukanlah tingkat tertentu tetapi kecepatan penurunan yen. Jika pemerintah menganggap penurunan terlalu cepat, mereka mungkin akan melakukan intervensi.

Meskipun pasangan USD/JPY melakukan pergerakan signifikan kemarin, melampaui ambang batas kunci 150 dan menetap di atasnya, volatilitasnya mencapai level terendah sejak Desember 2019 hanya dalam satu minggu.

Menurut analis Koji Fukaya, fluktuasi relatif rendah dalam nilai tukar kemungkinan tidak akan mencegah Jepang untuk melakukan intervensi kali ini. Faktanya adalah bahwa otoritas Jepang baru-baru ini merevisi definisi mereka tentang tindakan spekulatif berlebihan. Awal bulan ini, menteri keuangan menyatakan bahwa pergerakan mata uang yang bertahap dan satu arah bisa dianggap berlebihan.

Sebagian besar rekan-rekannya juga percaya bahwa kenaikan berkelanjutan dalam pasangan USD/JPY mungkin akan mendorong Tokyo untuk segera bertindak. Oleh karena itu, melakukan posisi long pada instrumen ini sekarang sangat berisiko.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.