Note

Prospek untuk EUR/USD pada 26 Oktober. Laporan COT. Euro melanjutkan penurunan menjelang rapat ECB

· Views 49

Analisis dari EUR/USD 5M

Prospek untuk EUR/USD pada 26 Oktober. Laporan COT. Euro melanjutkan penurunan menjelang rapat ECB

Pasangan EUR/USD ini tetap defensif, meskipun tidak ada alasan yang jelas untuk menjatuhkannya. Minggu ini, kita telah menyaksikan beberapa pergerakan menarik dan fluktuatif, namun akan cukup sulit untuk menjelaskan mengapa pasangan ini bergerak seperti itu. Jika kita melihat kalender acara. Dari segi teknis, semuanya berjalan dengan baik. Kami mengharapkan koreksi ke atas pada leg kedua, dan itu terjadi. Selanjutnya, fase korektif berakhir secara wajar dan tren penurunan dalam jangka menengah kembali berlanjut. Pada titik ini, pasangan ini telah melewati semua garis indikator Ichimoku dan menetap di bawah garis tren naik. Trader menjual tanpa alasan ekonomi atau fundamental. Di antara peristiwa penting tersebut, kami menyoroti pidato Ketua Federal Reserve Powell dan Presiden Bank Sentral Eropa Christine Lagarde. Namun dia tidak memberikan informasi menarik apa pun, dan Powell berbicara hingga larut malam. Pidatonya tidak dapat mempengaruhi pergerakan pasangan ini pada hari Rabu.

Meskipun penurunan kembali terjadi, pergerakan selama sesi Eropa dan AS lebih terlihat datar, dan volatilitas masih kurang baik. Akibatnya, sinyal perdagangan menjadi kurang maksimal. Pasangan ini memantul dua kali dari kisaran 1.0568-1.0581 dan bahkan tidak bisa bergerak ke arah yang diinginkan sebesar 15 pips. Namun, tidak ada sinyal jual pada siang hari, sehingga trader hanya dapat menutup posisi buy pada atau mendekati titik impas.

Laporan COT:

Lihat juga: Mulai trading Forex dengan broker level Eropa!
Prospek untuk EUR/USD pada 26 Oktober. Laporan COT. Euro melanjutkan penurunan menjelang rapat ECB

Pada hari Jumat, laporan COT baru untuk tanggal 17 Oktober dirilis. Selama 12 bulan terakhir, data laporan COT konsisten dengan apa yang terjadi di pasar. Posisi bersih trader besar (indikator kedua) mulai meningkat kembali pada bulan September 2022, kira-kira pada saat yang sama ketika euro mulai naik. Pada paruh pertama tahun 2023, posisi bersih hampir tidak meningkat, namun euro tetap relatif tinggi selama periode ini. Hanya dalam dua bulan terakhir, kita telah melihat penurunan euro dan penurunan posisi bersih, yang telah kita tunggu sejak lama. Saat ini, posisi bersih trader non-komersial masih bullish dan tren ini kemungkinan akan segera kehilangan momentum.

Kita telah mencatat sebelumnya bahwa garis merah dan hijau telah bergerak menjauh satu sama lain secara signifikan, yang sering kali mendahului berakhirnya sebuah tren. Konfigurasi ini bertahan selama lebih dari setengah tahun, namun pada akhirnya, jalur-jalur tersebut mulai bergerak semakin berdekatan satu sama lain. Oleh karena itu, kami masih berpegang pada skenario bahwa tren kenaikan telah berakhir. Selama minggu pelaporan terakhir, jumlah posisi long untuk kelompok "non-komersial" meningkat sebesar 6.800, sedangkan jumlah posisi short turun sebesar 100. Akibatnya, posisi bersih meningkat sebesar 6.800 kontrak lagi. Jumlah kontrak BELI lebih tinggi dibandingkan jumlah kontrak JUAL di kalangan trader non-komersial sebesar 82.000, namun kesenjangannya semakin mengecil. Pada prinsipnya, kini terbukti bahkan tanpa laporan COT, euro akan terus melemah.

Analisis dari EUR/USD 1H

Prospek untuk EUR/USD pada 26 Oktober. Laporan COT. Euro melanjutkan penurunan menjelang rapat ECB

Pada grafik 1 jam, pasangan ini menunjukkan dua gelombang koreksi bullish, setelah itu turun tajam dan menembus garis tren. Oleh karena itu, kami memperkirakan euro akan melanjutkan penurunannya. Ada juga kemungkinan memasuki konsolidasi, dalam hal ini kita akan melihat pergerakan alternatif yang tidak berkorelasi baik dengan fundamental atau makroekonomi. Namun, ini adalah skenario cadangan. Untuk saat ini, kami memperkirakan pasangan ini akan jatuh menuju titik terendah lokal baru-baru ini.

Pada tanggal 26 Oktober, kami menyoroti level perdagangan berikut: 1.0269, 1.0340-1.0366, 1.0485, 1.0537, 1.0581, 1.0658-1.0669, 1.0768, 1.0806, 1.0868, 1.0935, serta garis Senkou Span B (1. 0568) dan Kijun -sen baris (1.0619). Garis indikator Ichimoku dapat bergeser sepanjang hari, jadi hal ini harus diperhitungkan saat mengidentifikasi sinyal perdagangan. Ada juga level support dan resistance tambahan, namun sinyal tidak terbentuk di dekatnya. Sinyal dapat berupa "bounces" dan "breakout" pada level dan garis ekstrem. Jangan lupa untuk menetapkan Stop Loss pada breakeven jika harga sudah bergerak ke arah yang benar sebesar 15 pips. Ini akan melindungi terhadap potensi kerugian jika sinyalnya ternyata salah.

Keputusan kebijakan Bank Sentral Eropa akan diumumkan pada hari Kamis, dan konferensi pers Presiden ECB Christine Lagarde akan dilaksanakan setengah jam kemudian. Belakangan ini, Lagarde cukup sering menyampaikan pidato, namun belum menyampaikan informasi penting. Hari ini bisa saja berbeda. Dari AS, pelaku pasar akan mengawasi data PDB triwulanan dan pesanan barang tahan lama. Pasar bisa menjadi sangat bergejolak di tengah hari.

Deskripsi pada grafik:

Level support dan resistance adalah garis merah tebal di dekat mana tren mungkin berakhir. Mereka tidak memberikan sinyal perdagangan;

Garis Kijun-sen dan Senkou Span B adalah garis indikator Ichimoku, diplot ke jangka waktu 1 jam dari jangka waktu 4 jam. Mereka memberikan sinyal perdagangan;

Level ekstrim adalah garis merah tipis tempat harga memantul sebelumnya. Mereka memberikan sinyal perdagangan;

Garis kuning adalah garis tren, saluran tren, dan pola teknis lainnya;

Indikator 1 pada grafik COT adalah ukuran posisi bersih untuk setiap kategori pedagang;

Indikator 2 pada grafik COT adalah ukuran posisi bersih untuk grup Non-komersial.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.