Note

Menkeu Sri Mulyani Siapkan Rp7,52 Triliun Buat BLT El Nino

· Views 77

Pasardana.id - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menyiapkan anggaran sebesar Rp7,52 triliun untuk melaksanakan Program Bantuan Langsung Tunai (BLT) bagi masyarakat yang terkena dampak El Nino.

Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati mengatakan, BLT ini akan dimulai November-Desember 2023 dan disalurkan kepada 18,8 juta keluarga penerima manfaat (KPM) yang terdaftar di Kementerian Sosial (Kemensos).

Nantinya, kata dia, setiap penerima akan mendapatkan sekitar Rp200 ribu per bulannya.  

"18,8 juta ini adalah kelompok penerima yang nama, alamat dan nomor account ada di Kementerian Sosial sehingga kita tidak mencari lagi siapa targetnya. Mereka akan mendapatkan Rp 200 ribu/bulan untuk November dan Desember," kata Sri Mulyani dalam konferensi pers APBN KiTA, Rabu (25/10/2023).

Lebih lanjut Bendahara Negara ini menjelaskan, BLT El Nino ini termasuk paket kebijakan ekonomi yang disiapkan pemerintah untuk menjaga daya beli masyarakat. 

Menkeu berharap, dengan adanya BLT El Nino ini, kegiatan ekonomi domestik di akhir tahun tetap berada di kisaran 5,1% di tengah berbagai tantangan yang ada. 

"Kita berikan Rp200 ribu untuk menambah daya beli mereka sehingga Kementerian Sosial, Bu Risma dalam hal ini diharapkan bisa mengeksekusi bantuan langsung tunai untuk 18,8 juta KPM," tuturnya.

Menkeu Sri Mulyani juga memastikan, APBN akan terus menjaga masyarakat dan perekonomian dari ketidakpastian dan guncangan global. 

"Kita semua tahu, dengan harga komoditas yang melonjak, menyebabkan tekanan inflasi tinggi, diikuti dengan suku bunga yang menanjak tinggi sangat drastis dan output dari perekonomian global terutama negara-negara maju yang melemah menimbulkan dampak yang sangat terasa dalam perekonomian dan masyarakat kita," tukasnya.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.