Note

EUR/USD: USD menunjukkan ketahanan, EUR kembali melemah

· Views 48

EUR/USD: USD menunjukkan ketahanan, EUR kembali melemah

Mata uang Euro sekali lagi mengalami penurunan terhadap Dolar AS. Setelah kemenangan baru-baru ini, Euro mundur sementara Dolar menguat. Para analis memperkirakan pasangan EUR/USD akan tetap berada dalam kisaran harga saat ini, dengan lonjakan jangka pendek dalam waktu dekat.

Pada hari Rabu, 25 Oktober, Dolar AS kembali menguat, didukung oleh data ekonomi yang solid dari AS. Sementara itu, Euro gagal mempertahankan tren kenaikan akibat laporan negatif dari zona Euro dan penurunan prospek pertumbuhan ekonomi Eropa.

Menurut data PMI zona Euro, aktivitas bisnis di sektor swasta terus menurun pada bulan Oktober. Laporan dari S&P Global menunjukkan prospek pertumbuhan yang memburuk di Jerman dan negara-negara Uni Eropa. Kondisi bisnis di zona Euro terus memburuk.

Menurut S&P Global, data PMI manufaktur, PMI jasa, dan PMI gabungan menunjukkan risiko resesi yang tinggi. Pada bulan Oktober, PMI gabungan di Jerman dan zona Euro masing-masing turun menjadi 45,8 poin dan 46,5 poin. Angka-angka ini lebih buruk dari perkiraan dan laporan bulan sebelumnya. Para analis percaya bahwa hal ini menunjukkan bahwa aktivitas bisnis di sektor swasta Uni Eropa sedang menurun dengan cepat. Situasi ini semakin diperparah oleh penurunan indeks kepercayaan konsumen GfK Jerman.

Hal ini berdampak negatif pada Euro, yang turun setelah mencapai level harian 1,0700, menghadapi tekanan penjualan. Hal ini memungkinkan Indeks Dolar AS (USDX) untuk berada di level 106,15, sebagian berkat penguatan ekonomi Amerika.

Lihat juga: Anda dapat buka akun trading di sini.
EUR/USD: USD menunjukkan ketahanan, EUR kembali melemah

Para ahli menyoroti peningkatan aktivitas bisnis di AS. Laporan menunjukkan bahwa metrik ini membaik pada bulan Oktober, dengan sektor manufaktur negara tersebut keluar dari tren penurunan selama lima bulan dan mulai mempercepat.

Ekonomi AS terus tumbuh stabil. Menurut laporan PMI saat ini, aktivitas bisnis di negara tersebut meningkat, dengan PMI manufaktur naik menjadi 50 poin, melebihi perkiraan 49,5 poin. PMI jasa di AS mencapai 50,9 poin, lebih baik dari prediksi 49,8 poin. Pada akhirnya, PMI gabungan naik menjadi 51 poin dari 50,2 poin sebelumnya.

Dalam konteks ini, hasil obligasi Departemen Keuangan AS melonjak menjadi 4,88%, merespons positif terhadap data makroekonomi. Hal ini memberikan dukungan signifikan bagi Dolar AS, mendorong kenaikan indeks dolar sebesar 0,64% menjadi 106,27.

Pasangan EUR/USD kehilangan momentum kenaikannya setelah mendekati level 1,0700. Setelah rilis laporan PMI zona Euro, pasangan ini berbalik menuju moving average 50 hari (DMA) dan turun di bawah level penting 1,0600. Dalam konteks ini, hasil obligasi Departemen Keuangan AS meningkat, mencerminkan data aktivitas bisnis dari AS. Pada hari Selasa, 24 Oktober, pasangan EUR/USD turun sebesar 0,72% menjadi 1,0591 setelah mencapai puncak di 1,0694. Namun demikian, pasangan ini terus mencari jalan keluar dari tren penurunannya. Pada hari Rabu, 25 Oktober, pasangan ini bergerak di sekitar 1,0586, berupaya untuk keluar dari kisaran harga saat ini.


EUR/USD: USD menunjukkan ketahanan, EUR kembali melemah

Para analis percaya bahwa pasangan EUR/USD saat ini dalam tren penurunan, tetapi koreksi mungkin terjadi dalam waktu dekat. Kondisi ekonomi fundamental yang memburuk di Uni Eropa memperburuk dinamika pasangan ini. Grafik teknis menunjukkan bahwa level support berada di sekitar 1,0571 awal minggu ini, kemudian di level rendah siklus sebelumnya yaitu 1,0495. Estimasi awal menunjukkan bahwa target selanjutnya untuk EUR/USD bisa menjadi level terendah di tahun 2022 yaitu 1,0448. Jika EUR/USD tetap di atas 1,0600, mungkin akan menguji level tertinggi 1,0639. Jika kondisi membaik, para ahli percaya bahwa barrier 1,0700 bisa terlampaui.

Pasar dengan cermat memantau pertemuan ECB yang dijadwalkan pada hari Kamis, 26 Oktober. Diperkirakan regulator akan mempertahankan tingkat suku bunga pada level saat ini. Namun, para ahli percaya bahwa ECB mungkin akan memberikan ruang untuk manuver, potensial untuk menaikkan tingkat kunci jika diperlukan.

Para analis khawatir tentang tanda-tanda resesi yang jelas di zona Euro. Oleh karena itu, para ahli strategi mata uang di Commerzbank tidak mengantisipasi ECB akan menaikkan tingkat suku bunga dalam beberapa bulan mendatang. Mereka percaya regulator kemungkinan akan merevisi proyeksi ekonominya ke bawah. Dalam penilaian September, ECB mengasumsikan zona Euro akan menghindari resesi. Oleh karena itu, kenaikan suku bunga lebih lanjut tampaknya tidak mungkin terjadi, demikian kesimpulan Commerzbank.

Bank ini berpendapat bahwa tindakan yang mungkin diambil ECB tidak selalu akan menentukan. Pertanyaan utama adalah berapa lama tingkat suku bunga akan tetap berada pada level ini sebelum terjadi pelonggaran lain. Para peserta pasar memperkirakan hal ini akan terjadi pada musim semi 2024. Jika ECB berhati-hati dalam pernyataannya tentang prospek ekonomi di masa depan pada hari Kamis, Euro mungkin akan mengalami dampak signifikan.

.EUR/USD: USD menunjukkan ketahanan, EUR kembali melemah

Pejabat ECB memiliki alasan kuat untuk menunda kenaikan suku bunga. Namun, konflik di Timur Tengah, yang menyebabkan kenaikan harga energi, merupakan kekhawatiran bagi manajemen bank sentral, yang telah lama berjuang melawan inflasi. Oleh karena itu, banyak analis tidak mengharapkan ECB akan menurunkan tingkat suku bunga kuncinya pada tahun 2024. Jika pasar mengubah harapannya terkait tingkat suku bunga, Euro akan mendapatkan dukungan kuat. Sebaliknya, mata uang mungkin akan menderita akibat meningkatnya ekspektasi pemotongan suku bunga di tengah data ekonomi yang mengecewakan.

Sebelumnya, ECB mengindikasikan kemungkinan jeda dalam kenaikan suku bunga. Oleh karena itu, pasar mengantisipasi tingkat suku bunga tetap tidak berubah dalam pertemuan ECB mendatang. Namun, kenaikan suku bunga lain dalam jangka pendek tidak boleh dikecualikan.

Saat ini, Eropa mengimpor energi dan lebih rentan terhadap masalah ini daripada AS. Ekonomi UE lebih sensitif terhadap fluktuasi inflasi yang disebabkan oleh ketegangan di Timur Tengah dibandingkan dengan ekonomi AS. Terutama, indeks PMI untuk sektor manufaktur zona Euro turun ke level terendah dalam tiga tahun, menunjukkan blok Euro bisa tergelincir ke dalam resesi.

Para analis percaya bahwa perkembangan ini akan mempengaruhi permintaan minyak. Namun, harga energi bukan faktor penentu untuk proyeksi inflasi ECB, karena mereka dibenarkan oleh komponen deflasi yang kuat. Tahun depan, regulator Eropa memperkirakan inflasi inti akan turun menjadi 3,2%. Ini jauh di bawah rata-rata 5,6% yang tercatat pada tahun 2023.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.