Note

Pratinjau Keputusan Suku Bunga Kanada: BoC Tampaknya akan Menunjukkan Jeda Kedua Meskipun Inflasi Persisten

· Views 47
Bagikan:
  • Bank of Canada diprakirakan akan mempertahankan suku bunga kebijakan tidak berubah di 5,0% pada hari Rabu.
  • Para pengambil kebijakan BoC diprakirakan akan mempertahankan suku bunga tetap stabil hingga akhir tahun.
  • Proyeksi BoC dapat meningkatkan volatilitas di sekitar Dolar Kanada.

Bank of Canada (BoC) diprakirakan akan mempertahankan suku bunga kebijakan tidak berubah di 5% untuk kedua kali berturut-turut pada hari Rabu, ketika mereka mengakhiri pertemuan kebijakan bulan Oktober. Dolar Kanada (CAD) terus melemah terhadap Dolar AS (USD) sejak kenaikan suku bunga terakhir BoC pada bulan Juli, dengan pasangan USD/CAD menguat hampir 4% sejak awal Agustus.

Survei Prospek Bisnis (SPB) terbaru BoC, yang diterbitkan pada tanggal 16 Oktober, menunjukkan bahwa lebih dari 70% perusahaan di berbagai sektor mengatakan bahwa suku bunga yang lebih tinggi berdampak negatif pada mereka.

“Persepsi konsumen terhadap inflasi saat ini tetap tinggi dan mengarah ke tingginya ekspektasi inflasi selama 12 bulan ke depan,” kata BoC dalam Survei Ekspektasi Konsumen Kanada yang dirilis bersamaan dengan SPB. “Ekspektasi konsumen terhadap suku bunga satu tahun dari sekarang juga masih tinggi. Banyak orang berpikir kenaikan suku bunga meningkatkan biaya hidup dan menjaga inflasi tetap tinggi,” tulis publikasi tersebut.

Ekspektasi Suku Bunga Bank of Canada: Kebijakan Stabil Seiring Melambatnya Inflasi

Inflasi di Kanada, yang diukur dengan perubahan Indeks Harga Konsumen (IHK), turun ke 3,8% pada basis tahunan di September dari 4% di Agustus, Statistik Kanada melaporkan sebelumnya bulan ini. IHK Inti, tidak termasuk harga pangan dan energi yang volatil, naik 2,8% pada periode yang sama, lebih lambat dibandingkan kenaikan 3,3% yang tercatat pada bulan Agustus.

Mengomentari perkembangan inflasi, Gubernur Bank of Canada Tiff Macklem mengatakan pada hari Jumat bahwa mereka khawatir karena mereka tidak benar-benar melihat momentum penurunan inflasi. “Saat Dewan Pengatur mengadakan pertemuan-pertemuan berikutnya, mereka akan fokus pada apakah akan mempertahankan suku bunga di 5% atau apakah diperlukan tindakan lebih lanjut untuk memulihkan stabilitas harga,” Macklem menambahkan.

Setelah mempertahankan suku bunga kebijakan tidak berubah di 5% pada bulan September, BoC menyatakan siap untuk menaikkan suku bunga lagi jika diperlukan, dengan alasan kekhawatiran atas masih adanya tekanan inflasi.

Kemungkinan besar BoC tidak akan menentang ekspektasi pasar dan menaikkan suku bunga. Hampir semua analis yang disurvei oleh Reuters (29 dari 32) mengatakan bahwa mereka memprakirakan BoC akan mempertahankan suku bunga kebijakan tetap stabil di 5%. Para pengambil kebijakan cenderung melihat tanda-tanda melemahnya pasar perumahan dan aktivitas ekonomi secara keseluruhan sebagai alasan untuk tetap menunggu data lebih lanjut. Menurut Asosiasi Real Estat Kanada, penjualan rumah nasional turun 1,9% bulanan di September, menandai kontraksi ketiga berturut-turut. Sementara itu, Produk Domestik Bruto riil mengalami stagnasi di bulan Juli, menyusul kontraksi bulanan 0,2% yang tercatat di bulan Juni.

Namun demikian, inflasi tetap menjadi perhatian utama BoC dan tidak mengherankan jika bank sentral akan menunda pengetatan kebijakan tambahan pada pertemuan mendatang. Revisi pada prakiraan inflasi dan pertumbuhan juga akan diteliti oleh pelaku pasar.

Para ekonom di National Bank of Canada berpendapat ada ruang untuk kejutan hawkish:

“Mengingat data baru-baru ini, kami memprakirakan Bank of Canada tidak mengubah target semalam untuk pertemuan kedua berturut-turut pada hari Rabu. Meskipun demikian, masih ada beberapa elemen bermasalah dalam prospek inflasi yang mungkin memerlukan pengetatan tambahan dan oleh karena itu, kami memperingatkan bahwa ini bukanlah keputusan mudah.”

“Setidaknya, para pengambil kebijakan akan membuka kemungkinan pengetatan lebih lanjut melalui ancaman eksplisit menaikkan suku bunga lebih lanjut. Bias kenaikan suku bunga kemungkinan akan tetap ada sampai kemajuan inflasi yang lebih tahan lama tercapai. Pernyataan suku bunga pada hari Rabu akan dipublikasikan bersamaan dengan Laporan Kebijakan Moneter yang diperbarui. Di sini Anda akan melihat penurunan signifikan pada lintasan PDB dan profil inflasi yang perlu dinaikkan untuk mencerminkan tekanan harga yang lebih kuat dari prakiraan di musim panas.”

Kapan BoC akan Merilis Keputusan Kebijakan Moneternya dan Bagaimana Pengaruhnya Terhadap USD/CAD?

Bank of Canada akan mengumumkan keputusan kebijakannya pada pukul 14:00 GMT (21:00 WIB). Keputusan kebijakan akan disertai dengan prakiraan terbaru bank sentral dan akan ada konferensi pers oleh Gubernur Tiff Macklem setelah pernyataan kebijakan dirilis.

Mempertahankan kebijakan dengan nada hawkish dapat membantu CAD mengumpulkan kekuatan melawan USD saat reaksi langsung dan memicu koreksi ke bawah pada USD/CAD. Dalam skenario ini, apakah pasangan mata uang ini memulai tren menurun yang stabil akan sangat bergantung pada valuasi USD.

Kenaikan suku bunga sebesar 25 bp yang tidak terduga kemungkinan akan memicu rally CAD dan menyebabkan pasangan mata uang ini turun tajam. Skenario yang paling kecil kemungkinannya adalah kejutan yang bersifat dovish, dimana BoC menghapus referensi mengenai kesiapan untuk menaikkan suku bunga lagi dari pernyataannya. Jika hal tersebut terwujud, USD/CAD dapat mengumpulkan momentum bullish dan melanjutkan tren naiknya.

Eren Sengezer, Analis Utama Sesi Eropa di FXStreet, menawarkan prospek teknis singkat untuk pasangan USD/CAD dan menulis: “Indikator Relative Strength Index (RSI) pada grafik harian bertahan dengan nyaman di atas 50, mencerminkan kurangnya minat penjual. Untuk sisi atas, 1,3800 (level statis, level psikologis) merupakan resistance pertama. Dengan penutupan harian di atas level ini, USD/CAD dapat melanjutkan tren naiknya dan menghadapi resistance interim di 1,3860 (tertinggi 10 Maret) sebelum menargetkan 1,3980 (tertinggi 13 Oktober 2022). Untuk sisi bawah, Simple Moving Average (SMA) 50-hari membentuk support dinamis di 1,3600 sebelum 1,3500-1,3480 (level psikologis, SMA 200-hari)."

Bagikan: Pasokan berita

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.