Note

AUD/USD: Dolar Australia menunggu tes yang signifikan

· Views 42

Pairing AUD/USD kembali alami tes level support di 0,6290, yang sesuai dengan garis indikator Bollinger Bands bawah pada jangka waktu D1. Penurunan pada pasangan AUD/USD telah menantang penghalang harga ini selama tiga minggu berturut-turut, dimulai dari awal Oktober. Pada hari Senin, penjual berusaha untuk membangun diri mereka di bawah level 0,62, namun upaya mereka sia-sia karena mengakibatkan kegagalan lainnya. Setelah itu, pembeli mengambil inisiatif. Hanya dalam sehari, Aussie menguat hampir 100 pips. Khususnya, dinamika harga ini tidak hanya didorong oleh melemahnya greenback secara keseluruhan namun juga oleh kekuatan dolar Australia. Pernyataan hawkish dari Gubernur RBA Michelle Bullock memperkuat posisi pembeli AUD/USD, memungkinkan mereka melakukan serangan balik. Namun, tidak disarankan untuk terburu-buru mengambil long position saat ini, karena gambaran fundamental AUD/USD dapat berubah secara dramatis dalam waktu dekat.

Lihat juga: Anda dapat buka akun trading di sini.
AUD/USD: Dolar Australia menunggu tes yang signifikan

Dolar Australia bertahan karena beberapa faktor. Diantaranya adalah "faktor Tiongkok". Laporan makroekonomi dari Tiongkok, yang mengecewakan para pelaku pasar sejak awal tahun, ternyata lebih baik dari ekspektasi sebagian besar ahli pada musim gugur. Secara khusus, penjualan ritel di Tiongkok pada bulan September meningkat sebesar 5,5% YoY, melebihi prediksi pertumbuhan sebesar 4,9%. Laju pertumbuhan produksi industri juga mengejutkan, dengan peningkatan sebesar 4,5%, sementara para ahli memperkirakan pertumbuhan sebesar 4,3% (indikator ini berada di "zona hijau" selama dua bulan berturut-turut). Meskipun tingkat pertumbuhan ekonomi Tiongkok melambat pada kuartal ketiga (4,9% dibandingkan 6,3% pada kuartal kedua), angka tersebut masih melebihi prediksi (4,4%). Tiongkok adalah mitra trading terbesar Australia, sehingga hasil yang relatif baik ini memberikan dukungan kepada Aussie.

Namun, pendorong utama pertumbuhan AUD/USD adalah Reserve Bank of Australia (RBA), yang mempertahankan sikap hawkish dan tidak mengesampingkan kemungkinan pengetatan kebijakan moneter lebih lanjut. Meskipun mengumumkan jeda dalam menaikkan suku bunga, bank sentral secara teratur menyatakan bahwa mereka siap untuk mengambil tindakan jika inflasi melambat atau, terlebih lagi, jika inflasi mulai meningkat. Gagasan ini telah diartikulasikan berkali-kali oleh Phillip Lowe, membenarkan niat tersebut dengan tindakan ketika RBA kembali menaikkan suku bunga setelah jeda. Kini, ide tersebut kembali ditegaskan oleh penerus Phillip Lowe, Michelle Bullock.

Berbicara pada konferensi pasar global kemarin, kepala Reserve Bank menyatakan bahwa dewan RBA "tidak akan mentolerir inflasi yang kembali ke target lebih lambat dari perkiraan." Dia mencatat bahwa regulator siap, tanpa ragu-ragu, untuk menaikkan suku bunga "jika terjadi revisi kenaikan perkiraan inflasi yang signifikan." Yang penting, Bullock membuat pernyataan penting bahwa pada pertemuan berikutnya pada tanggal 29 November, dewan RBA akan memiliki informasi tambahan yang memungkinkan mereka mengambil keputusan yang tepat.

Informasi ini berkaitan dengan data pertumbuhan inflasi di Australia untuk kuartal ketiga, yang merupakan laporan penting bagi RBA. Laporan utama akan dirilis pada hari Rabu. Di hari yang sama, kita juga akan mempelajari pertumbuhan Indeks Harga Konsumen (CPI) bulan September. Namun, fokus utamanya tentu saja akan tertuju pada data triwulanan. Nasib Aussie dalam jangka menengah akan sangat bergantung pada angka-angka ini. Jika data tersebut melebihi ekspektasi para ahli, pertanyaan mengenai kenaikan suku bunga pada pertemuan bulan November akan tetap menjadi agenda. Namun jika laporan tersebut setidaknya memenuhi tingkat perkiraan (apalagi turun di bawahnya), dolar Australia akan berada di bawah tekanan yang signifikan.

Menurut ramaalan sebagian besar ahli, Indeks Harga Konsumen (CPI) pada kuartal ketiga diperkirakan turun menjadi 5,3% secara tahunan. Setelah mencapai puncaknya pada triwulan IV tahun 2022 (7,8%), indeks terus menurun secara konsisten (7,0% pada triwulan I tahun 2023 dan 6,0% pada triwulan II tahun 2023). Kuartal ketiga seharusnya mengkonfirmasi tren ini. Secara triwulanan, indeks juga menunjukkan tren penurunan: pada triwulan IV tahun 2022 meningkat sebesar 1,9%, pada triwulan I tahun ini sebesar 1,4%, dan pada triwulan II sebesar 0,8%. Menurut prediksi, pada kuartal ketiga, indeks diperkirakan akan naik tipis menjadi 1,1%. Indeks inflasi inti, seperti yang dilaporkan oleh bank sentral (menggunakan metode trimmed mean), diperkirakan turun menjadi 5,0% pada kuartal ketiga (turun dari nilai sebelumnya sebesar 5,5%). Sedangkan untuk angka CPI bulan September diperkirakan akan sedikit meningkat menjadi 5,3% (pada bulan Agustus meningkat menjadi 5,2%). Di satu sisi, dinamika pertumbuhannya minim, namun hal ini bisa mengindikasikan terbentuknya tren kenaikan.

Penting untuk mencatat poin-poin utama dari risalah pertemuan RBA bulan Oktober. Dokumen yang baru-baru ini diterbitkan memiliki nada yang agak hawkish. Bank sentral menyatakan bahwa pengetatan kebijakan moneter lebih lanjut mungkin diperlukan "jika inflasi ternyata lebih persisten dari prediksi." Pada saat yang sama, anggota RBA mengakui bahwa kemajuan dalam mengurangi inflasi telah melambat, dan dewan RBA memiliki "toleransi yang rendah terhadap inflasi yang kembali ke target dengan kecepatan yang lebih lambat."

Oleh karena itu, pentingnya laporan inflasi, yang akan diterbitkan pada tanggal 25 Oktober, tidak dapat dilebih-lebihkan. Pertumbuhan inflasi yang kuat dapat memungkinkan pembeli untuk tes level resistensi terdekat di 0,6400 (garis Kijun-sen pada grafik harian) dengan target berikutnya di 0,6450 (tepi bawah awan Kumo, bertepatan dengan garis Bollinger Bands atas pada grafik harian). jangka waktu yang sama). Namun, jika inflasi melambat lebih dari yang diperkirakan, penurunan mungkin akan kembali ke "benteng harga" di 0,6290, yang merupakan garis Bollinger Bands bawah pada grafik harian.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.