Note

Dukung Ekonomi Lewat Transformasi Digital, Begini Strategi WIR Asia (WIRG)

· Views 71
Dukung Ekonomi Lewat Transformasi Digital, Begini Strategi WIR Asia (WIRG)
Dukung Ekonomi Lewat Transformasi Digital, Begini Strategi WIR Asia (WIRG) (foto: MNC Media)

IDXChannel - PT WIR Asia Tbk (WIRG) meyakini sepenuhnya bahwa upaya pemanfaatan dan pengembangan teknologi digital secara berkelanjutan dan berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi nasional.

Keyakinan tersebut, salah satunya, diwujudkan melalui salah satu anak usahanya, yaitu PT Metaverse Indonesia Makmur (Nusameta), yang baru saja meluncurkan platform virtual bernama Nusameta Creator Tools.

Baca Juga:
Dukung Ekonomi Lewat Transformasi Digital, Begini Strategi WIR Asia (WIRG) Luncurkan Produk Baru, Anak Usaha WIR Asia (WIRG) Terapkan AR dan Geolocation

Melalui platform tersebut, Nusameta bertekad membangun sebuah ekosistem virtual yang mewadahi para content creator dalam membangun experience dan berinteraksi bersama secara dinamis dan interaktif.

"Dari ekosistem tersebut, kita bisa meningkatkan peluang ekonomi, hiburan, engagement, dan pengalaman masyarakat. Ini sesuai dengan fokus utama Nusameta, yaitu meningkatkan konektivitas dan berkontribusi pada masa depan ekonomi yang lebih adil bagi Indonesia," ujar Group Chief Sales and Marketing Officer WIR Group, Gupta Sitorus, dalam keterangan resminya, Senin (23/10/2023).

Baca Juga:
Dukung Ekonomi Lewat Transformasi Digital, Begini Strategi WIR Asia (WIRG) Bos WIR ASIA Kantongi Rp3,5 Miliar Usai Lego 25 Juta Saham (WIRG) 

Menurut Gupta, pihaknya berharap Nusameta Creator Tools dapat menjadi sarana bagi para content creator untuk terlibat dalam pembangunan ekosistem virtual Nusameta.

Creator Tools mendorong keterlibatan para content creator, komunitas dan semua elemen masyarakat dalam pembangunan ekosistem virtual Nusameta, yang diharapkan bakal menciptakan sense of belonging terhadap ekosistem virtual ini.

Baca Juga:
Dukung Ekonomi Lewat Transformasi Digital, Begini Strategi WIR Asia (WIRG) Semester I-2023, WIRG Catatkan Pertumbuhan Positif

Melalui tools ini, para content creator dapat berkreasi sekaligus menciptakan berbagai macam pengalaman, konten yang menghibur, mengedukasi, dan menginspirasi pengguna Nusameta.

"Inisiatif ini sejalan dengan visi dan misi Nusameta dalam memperluas adopsi penggunaan ekosistem virtual," tutur Gupta.

Selain sebagai sebuah perangkat kreatif, Gupta menjelaskan, Nusameta Creator Tools juga memfasilitasi pengembangan, pengelolaan, dan peningkatan pengalaman pengguna melalui aplikasi Nusameta.

Hal ini diklaim Gupta sesuai dengan visi jangka panjang Nusameta dalam berkontribusi pada masa depan ekonomi bangsa yang lebih baik dan berkelanjutan.

Penggunaan Nusameta Creator Tools, Gupta menjelaskan, secara efektif dapat meningkatkan visibilitas dan mengoptimalkan kinerja konten secara keseluruhan dalam rangka mendukung transformasi digital yang berkelanjutan dengan tetap menjunjung nilai-nilai dan budaya kebangsaan.

"Salah satu contoh bagaimana content creator dapat berperan untuk melestarikan nilai dan budaya bangsa, sejalan dengan transformasi digital Indonesia, antara lain dengan membuat konten yang menarik dan interaktif terkait promosi dan pelestarian warisan budaya Indonesia," ungkap Gupta.

Dengan demikian, mereka dapat menciptakan konten yang mendokumentasikan, mengulas, atau mengenalkan tradisi, cerita rakyat, seni, dan nilai-nilai budaya Indonesia kepada khalayak yang lebih luas. 
"Dengan melibatkan audiens, mereka telah membantu mewariskan pengetahuan budaya dari generasi ke generasi," papar Gupta.

Saat ini, Gupta mengeklaim telah ada ribuan kreator aktif yang terlibat dalam ekosistem virtual besutan Nusameta.

Dengan pola kolaborasi yang erat dengan para kreator, hal tersebut menjadi kunci dalam menciptakan pengalaman yang imersif di dunia virtual.

"Kami memahami sepenuhnya peran penting mereka dalam mewujudkan visi Nusameta. Dengan tekad yang kuat, kami akan terus menyediakan dukungan yang diperlukan oleh para kreator tersebut dalam proses perjalanan kreatif mereka," urai Gupta.

Dalam ekosistem virtual Nusameta sendiri, Gupta menjelaskan, terdapat sejumlah fitur menarik dan bermanfaat yang bisa diakses.

Misalnya saja fitur Betapersona yang dapat digunakan untuk menciptakan avatar,  serta mengkostumisasi identitas virtual pengguna.
 
Lalu fitur Nusastudio yang menawarkan kemudahan dalam pembuatan dunia virtual seperti scripting visual, pengaturan aset, impor aset, publikasi ke platform, dan fitur-fitur lainnya.

"Ada juga fitur market place, yaitu Nusamarket, yang dibangun berbasis blockchain, dan dapat mengelola semua jenis transaksi dalam ekosistem Nusameta," tandas Gupta.

Selain itu, masih ada Nagara, infrastruktur blockchain yang dapat menggerakkan seluruh ekosistem Nusameta, serta Betapass yang merupakan identitas virtual Nusameta, dengan fungsi sebagai akses menuju kedalam ekosistem Nusameta. 

"Kami berharap melalui (peluncuran Nusameta Creator Tools) ini, kami dapat memberikan pengalaman terbaik bagi komunitas kreator untuk menciptakan konten-konten yang tidak hanya bermanfaat, namun juga dapat dimonetisasi dan berdampak terhadap peningkatan pada sektor ekonomi digital," tegas Gupta. (TSA)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.