Note

BEI: Ada 10 Perusahaan dalam Pipeline Bursa Karbon

· Views 43
BEI: Ada 10 Perusahaan dalam Pipeline Bursa Karbon
BEI: Ada 10 Perusahaan dalam Pipeline Bursa Karbon

IDXChannel - Bursa Efek Indonesia (BEI) mengungkapkan, terdapat 10 perusahaan dalam pipeline Bursa Karbon. Satu perusahaan merupakan penjual dan sembilan perusahaan lainnya adalah pembeli.

Kepala Divisi Pengembangan Bisnis BEI Ignatius Denny Wicaksono mengatakan, perusahaan yang bertindak sebagai penjual, yaitu PT Perusahaan Listrik Negara (PLN). Adapun, PLN telah mencatatkan volume transaksi sebesar 1,7 juta ton CO2.

Baca Juga:
BEI: Ada 10 Perusahaan dalam Pipeline Bursa Karbon OJK Sebut Perusahaan Pemilik PLTGU Ini Mau Listing di Bursa Karbon

“Semua yang ada di pipeline itu pembeli, kecuali satu penjual, PLN,” kata Denny di Hutan Kota Plataran Jakarta, Selasa (24/10/2023).

Untuk semakin meramaikan perdagangan karbon di Bursa Karbon, Denny mengatakan, BEI telah menyiapkan sejumlah langkah, seperti akan semakin memperluas sektor perdagangan karbon.

Baca Juga:
BEI: Ada 10 Perusahaan dalam Pipeline Bursa Karbon ACMF 2023: Mendorong Perluasan Bursa Karbon ASEAN

Selain itu, BEI juga sedang melakukan kajian atas usulan brokerage untuk sekuritas. Nantinya, para perusahaan sekuritas yang merupakan Anggota Bursa (AB) dapat berpartisipasi sebagai perantara perdagangan karbon di Bursa Karbon.

“Dengan dibantu Anggota Bursa, harapannya akan semakin meningkat dan ramai perdagangan di Bursa Karbon,” ujar Denny.

Baca Juga:
BEI: Ada 10 Perusahaan dalam Pipeline Bursa Karbon Transaksi Bursa Karbon

Terkait brokerage, Denny menjelaskan bahwa hal tersebut masih merupakan konsep yang sedang dikaji. Meski demikian, dia menyebut terdapat sejumlah perusahaan sekuritas yang sudah memberikan jasa perdagangan bursa karbon.

“Ada beberapa sekuritas lain yang sudah siap, tapi belum ada kebijakannya,” ucap Denny.

Baca Juga:
BEI: Ada 10 Perusahaan dalam Pipeline Bursa Karbon Potensi Perdagangan Karbon di Bursa Karbon

Tak hanya itu, BEI ingin semakin memperluas perdagangan karbon ke skala internasional. Denny bilang, BEI saat ini tengah menunggu kebijakan terkait pembukaan perdagangan karbon di pasar internasional.

“Kalau sudah internasional, maka demand-nya akan meningkat. Mudah-mudahan kita bisa unlock semua value-nya,” ucap Denny. 

(RNA)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.