Note

Dukung Pembangunan Berkelanjutan, Bank DBS Indonesia Salurkan Sejumlah Pendanaan untuk BUMN

· Views 50

Pasardana.id - Sepanjang tahun 2022 hingga saat ini, Bank DBS Indonesia telah menandatangani sejumlah perjanjian Fasilitas Pinjaman Berjangka Sindikasi (Syndicated Term Loan Facility) kepada beberapa Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di industri energi, pengolahan, institusi perbankan, dan lainnya.

Pinjaman ini merupakan wujud nyata komitmen Bank DBS Indonesia dalam mendukung agenda pemerintah dan menunjang pembangunan proyek BUMN di berbagai daerah.

Selain itu, Bank DBS Indonesia pun turut mendampingi BUMN dalam mengakselerasi transisi bisnis ke arah yang lebih berkelanjutan melalui green loan maupun sustainability-linked bond.

Dalam keterangan pers, Selasa (24/10), Direktur Institutional Banking PT Bank DBS Indonesia, Kunardy Lie mengungkapkan, menyambung pencapaian pada tahun sebelumnya, Bank DBS Indonesia pada 2023 terus menyalurkan kredit kepada BUMN dengan total sekitar US$1.300 juta hingga September 2023.

Sekitar 15 persen dari pendanaan tersebut disalurkan untuk keperluan yang terkait dengan prinsip Environmental, Social, and Governance (ESG).

“Bank DBS Indonesia menyadari peran penting BUMN dalam mendorong pertumbuhan ekonomi dan pembangunan. Kami akan senantiasa melanjutkan kerja sama yang sudah terjalin dan terus menjadi mitra BUMN dalam menciptakan dampak positif bagi masyarakat luas, salah satunya melalui keterlibatan kami dalam pemberian fasilitas green loan senilai total USD750 juta untuk proses transisi dari Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) ke Energi Baru Terbarukan (EBT),” bebernya.

Adapun baru-baru ini, Bank DBS Indonesia menjadi salah satu Bank yang berpartisipasi dalam Sustainability-Linked Syndicated Term Loan Facility kepada PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero).

Perjanjian kredit ini juga melibatkan sejumlah mitra perbankan nasional dan internasional termasuk Singapura, Jepang, Hong Kong, Taiwan dan Korea Selatan. Dengan rekam jejak gemilang dalam menangani berbagai pembiayaan tersebut, BUMN memberi kepercayaan bagi Bank DBS Indonesia untuk menjadi fasilitator dan koordinator (lead arranger/ coordinator) dalam beberapa kesempatan pembiayaan sindikasi.

Selain itu, Bank DBS Indonesia juga ditunjuk untuk berpartisipasi dalam acara Business Matching pada Pertamina Investor Day 2023, di mana Bank DBS Indonesia berperan aktif dalam memberikan masukan atas beberapa proyek strategis Pertamina Group sebagai industry specialist maupun dari sisi perbankan. Seluruh kontribusi Bank DBS Indonesia ini juga mendapatkan pengakuan dari Kementerian BUMN pada Apresiasi Mitra BUMN Champion 2022.

Dalam ajang ini, Bank DBS Indonesia berhasil meraih peringkat ketiga dalam kategori Global Champion - Kelas Usaha Swasta di kategori kreditur/investor.

Kegiatan ini merupakan bentuk apresiasi kepada mitra BUMN yang telah mendukung pelaksanaan kegiatan bisnis dan operasional BUMN, sehingga BUMN dapat merealisasikan kinerja secara lebih efektif dan efisien.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.