Note

Dolar Australia Diperdagangkan di Wilayah Positif meski Data IMP Turun

· Views 50
Bagikan:
  • Dolar Australia melanjutkan kenaikan seiring dengan penurunan Dolar AS.
  • IMP Manufaktur Australia turun ke 48,0, sementara IMP Jasa turun ke 47,6.
  • Tiongkok mungkin akan menyetujui lebih dari 1 triliun yuan dalam penerbitan utang negara tambahan.
  • Penurunan imbal hasil Treasury AS membebani Greenback.

Dolar Australia (AUD) bertujuan untuk diperdagangkan di wilayah positif pada hari Selasa, melanjutkan kenaikan untuk hari kedua berturut-turut. Pasangan AUD/USD menerima dukungan naik karena koreksi Dolar AS (USD), yang dapat dikaitkan dengan penurunan imbal hasil Treasury AS.

IMP Manufaktur dan Jasa S&P Global awal Australia untuk bulan Oktober menurun, menunjukkan kontraksi di sektor manufaktur dan jasa. Pasar memperkirakan Reserve Bank of Australia (RBA) akan mengetatkan kebijakan lebih lanjut. Gubernur RBA Michele Bullock menyatakan bahwa jika inflasi bertahan di atas level yang diproyeksikan, RBA siap untuk memberlakukan langkah-langkah kebijakan yang sesuai.

Tiongkok dilaporkan berencana untuk menyetujui sedikit di atas 1 triliun yuan dalam penerbitan utang negara tambahan, sesuai dengan laporan Reuters yang mengutip tiga sumber yang tidak disebutkan namanya. Langkah ini adalah bagian dari upaya Partai Komunis Tiongkok untuk meningkatkan belanja infrastruktur dan merangsang pertumbuhan ekonomi. Komite tetap Kongres Rakyat Nasional (NPC) diprakirakan akan memberikan lampu hijau untuk penerbitan utang tambahan pada hari terakhir pertemuan.

Indeks Dolar AS (DXY) tampaknya akan melanjutkan penurunan beruntun selama empat hari, kemungkinan dipengaruhi oleh penurunan imbal hasil obligasi pemerintah AS. Setelah mencapai titik tertinggi sejak 2007, imbal hasil Treasury bertenor 10-tahun berbalik arah, menyebabkan sedikit tekanan jual pada Dolar AS (USD).

Berdasarkan CME FedWatch Tool, kemungkinan kenaikan suku bunga di bulan November tidak dirasakan oleh pasar. Namun, peluang untuk Januari 2024 masih berada di atas 30%.

Intisari Penggerak Pasar Harian: Dolar Australia Melanjutkan Kenaikannya di Tengah Pelemahan Dolar AS

  • IMP Gabungan Global S&P Australia untuk bulan Oktober turun ke 47,3 dari pembacaan sebelumnya di 51,5. IMP Manufaktur turun menjadi 48,0 dibandingkan dengan angka sebelumnya 48,7, sementara IMP Jasa kembali mengalami kontraksi, turun ke 47,6 dari angka bulan sebelumnya 51,8.
  • Kepala Ekonom Westpac, Luci Ellis menyatakan dalam sebuah catatan bahwa pandangan inti yang disajikan bahwa Indeks Harga Konsumen (IHK) diperkirakan akan terus bergerak lebih rendah dan kembali ke band target 2-3 persen RBA pada tahun 2025, sejalan dengan ekspektasi bank sentral itu sendiri.
  • Ellis menyoroti beberapa risiko yang lebih luas terhadap perekonomian dan prospek inflasi yang sedang dipantau secara ketat. Ini termasuk kebangkitan harga rumah ke tingkat yang mendekati puncak sebelum pandemi, kenaikan imbal hasil obligasi global, dan pemulihan Tiongkok yang lebih lambat dari prakiraan dari periode karantina terkait COVID yang berkepanjangan.
  • Tingkat Pengangguran Australia untuk bulan September mengejutkan di sisi positif, berada di 3,6% dibandingkan dengan ekspektasi 3,7%, yang diprakirakan akan tetap konsisten.
  • Perubahan Ketenagakerjaan Australia untuk bulan yang sama adalah 6,7 ribu, kurang dari perkiraan konsensus 20 ribu. Ini merupakan penurunan yang mencolok dari 64,9 ribu lapangan pekerjaan yang ditambahkan pada bulan Agustus.
  • Bank sentral Australia mengungkapkan kekhawatiran yang meningkat terhadap dampak inflasi yang berasal dari guncangan pasokan. Gubernur Reserve Bank of Australia, Michele Bullock menyatakan bahwa jika inflasi bertahan di atas proyeksi, RBA akan mengambil langkah-langkah kebijakan yang responsif. Ada perlambatan permintaan yang terlihat, dan konsumsi per kapita menurun.
  • Tiongkok akan menjadi tuan rumah pertemuan kebijakan keuangan yang signifikan awal minggu depan, yang terjadi sekali setiap lima tahun. Tujuan utama dari pertemuan ini adalah untuk secara proaktif mengatasi dan memitigasi risiko dan untuk menetapkan prioritas jangka menengah untuk industri keuangan yang ekspansif senilai $61 triliun.
  • Presiden The Fed Atlanta Raphael Bostic mengatakan pada hari Jumat bahwa ia yakin bank sentral AS tidak mungkin menurunkan suku bunga sebelum pertengahan tahun depan. Presiden The Fed Philadelphia Patrick Harker menegaskan kembali kecenderungannya untuk mempertahankan suku bunga.
  • Presiden The Fed Cleveland Loretta Mester mengindikasikan bahwa bank sentral AS berada "di atau dekat puncak siklus kenaikan suku bunga." Namun, Mester mengakui bahwa data yang dirilis selama minggu sebelumnya dapat mempengaruhi keputusan bank sentral mengenai masa depan kebijakan moneter.
  • Klaim Tunjangan Pengangguran Awal mingguan AS turun menjadi 198 ribu, jauh dari ekspektasi pasar sebesar 212 ribu untuk minggu yang berakhir tanggal 14 Oktober, level terendah sejak Januari.
  • Perubahan Penjualan Rumah yang sudah ada turun 2,0% MoM di bulan September dan Penjualan Rumah yang sudah ada meningkat menjadi 3,96 juta.
  • Tingkat Pengangguran AS membaik menjadi 3,6%, yang diperkirakan akan tetap konsisten di 3,7% di bulan September.
  • Yield Treasury 10 tahun melonjak menjadi 5.02%, menandai pertama kalinya di level tersebut sejak tahun 2007. Namun, imbal hasil tersebut segera berbalik arah, mengalami penurunan sebesar 4,86%.
  • Para pelaku pasar akan memantau dengan seksama IMP S&P Global AS pada hari Selasa, Produk Domestik Bruto (PDB) kuartal ketiga pada hari Kamis, dan Pengeluaran Konsumsi Pribadi Inti (Personal Consumption Expenditures/PCE) pada hari Jumat. Perhatian juga akan terfokus pada pidato Gubernur RBA Bullock dan Indeks Harga Konsumen (IHK).

Analisis Teknis: Dolar Australia Melayang di Bawah EMA 14 Hari Sejajar dengan Level Utama 0,6350

Dolar Australia melayang di sekitar 0,6340 pada hari Selasa, sejajar dengan resistance penting di sekitar Exponential Moving Average (EMA) 14-hari di 0,6349, mengikuti level utama di 0,6400. Penembusan di atas resistance ini berpotensi untuk mencapai sekitar level Fibonacci retracement 23,6% di 0,6429. Pada sisi negatifnya, support penting muncul di level 0,6300 diikuti oleh level terendah bulanan di 0,6285.

AUD/USD: Grafik Harian

Dolar Australia Diperdagangkan di Wilayah Positif meski Data IMP Turun

Harga Dolar Australia hari ini

Tabel di bawah ini menunjukkan persentase perubahan Dolar Australia (AUD) terhadap mata uang utama yang terdaftar hari ini. Dolar Australia adalah yang terkuat terhadap Franc Swiss.

  USD EUR GBP CAD AUD JPY NZD CHF
USD   -0.04% -0.05% -0.03% -0.10% -0.05% -0.07% 0.00%
EUR 0.03%   -0.03% 0.00% -0.08% -0.04% -0.04% 0.03%
GBP 0.05% 0.03%   0.03% -0.05% 0.01% -0.01% 0.05%
CAD 0.02% -0.01% -0.03%   -0.09% -0.04% -0.05% 0.02%
AUD 0.10% 0.08% 0.06% 0.09%   0.06% 0.03% 0.12%
JPY 0.07% 0.00% -0.02% 0.04% -0.04%   0.00% 0.05%
NZD 0.05% 0.02% 0.01% 0.04% -0.05% 0.01%   0.06%
CHF 0.00% -0.03% -0.05% -0.02% -0.11% -0.05% -0.06%  

Heat Map menunjukkan persentase perubahan mata uang utama terhadap satu sama lain. Mata uang dasar dipilih dari kolom kiri, sedangkan mata uang pembanding dipilih dari baris atas. Sebagai contoh, jika Anda memilih Euro dari kolom kiri dan bergerak di sepanjang garis horizontal ke Yen Jepang, persentase perubahan yang ditampilkan di dalam kotak akan menunjukkan EUR (dasar)/JPY (acuan).

Bagikan: Pasokan berita

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.