Note

Rupiah Dekati Rp16 Ribu per USD, Ini Respons Sri Mulyani

· Views 44
Rupiah Dekati Rp16 Ribu per USD, Ini Respons Sri Mulyani
Rupiah Dekati Rp16 Ribu per USD, Ini Respons Sri Mulyani (Foto: MNC Media)

IDXChannel - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati ikut bereaksi terkait nilai tukar rupiah nyaris mendekati Rp16 ribu per dolar AS/USD.

"Nanti kita akan lihat, kan yang selama ini yang kemarin Pak Gubernur BI sudah menyampaikan hasil RDG dan saya juga akan menyampaikan kondisi APBN kita sampai pertengahan Oktober," ungkap Sri di Jakarta, Senin (23/10/2023).

Sri Mulyani memastikan, sinergi Kementerian Keuangan dan BI selama ini masih solid dalam menyinkronkan arah kebijakan bersama.

"Soal Rupiah hampir capai Rp16 ribu per USD, mungkin Pak Gubernur bisa menyampaikan tapi kita tahu fenomena global saat ini dengan Amerika Serikat masih menghadapi inflasi yang cukup tertahan tinggi dan kondisi ekonomi yang masih cukup kuat," ungkap Sri.

Menurutnya, higher for longer akan terjadi sehingga menyebabkan banyak terjadinya capital outflow. Ini menyebabkan indeks dolar menguat secara global USD106 dari sebelumnya USD93. 

"Kita akan terus menyinkronkan kebijakan moneter dan fiskal agar dalam situasi di mana pemacunya adalah negara seperti AS, dampaknya bisa kita mitigasi dan kita minimalkan baik terhadap nilai tukar, inflasi, pertumbuhan ekonomi, dan stabilitas sistem keuangan. Itu akan terus kita lakukan secara intensif," pungkas Sri.

(DES)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.