Note

EUR/USD: Tenang sebelum badai

· Views 26

Pekan perdagangan baru dimulai dengan relatif tenang bagi pasangan EUR/USD. Selama sesi Asia pada hari Senin, dolar sedikit menguat, tetapi hanya secara simbolis: selama sesi Eropa, pasangan tidak hanya kembali ke level pembukaan tetapi juga menguji level 1,06. Secara keseluruhan, pasar tenang — ini adalah ketenangan sebelum badai.

Peristiwa utama minggu ini akan berlangsung pada hari Kamis dan Jumat, sehingga para trader tidak mengambil risiko membuka posisi besar saat ini, baik mendukung dolar maupun melawan. Acara-acara terjadwal memang dapat memicu badai volatilitas. Pada hari Kamis, hasil pertemuan ECB Oktober akan diumumkan, dan data kunci tentang pertumbuhan ekonomi AS untuk kuartal ketiga akan dipublikasikan. Pada hari Jumat, kita akan mempelajari dinamika indikator inflasi paling penting, indeks PCE inti. Pada hari Selasa dan Rabu, indeks PMI dan IFO akan dipublikasikan, tetapi rilis ini akan memiliki dampak terbatas pada pasangan ini.

Lihat juga: Mulai trading Forex dengan broker level Eropa!
EUR/USD: Tenang sebelum badai

Penting untuk dicatat bahwa data pertumbuhan GDP AS dan indeks PCE inti dapat "menghidupkan kembali" minat terhadap dolar jika mereka beresonansi, bisa dibilang: laporan pertumbuhan ekonomi AS keluar setidaknya pada level yang diharapkan (pertumbuhan yang cukup kuat sekitar 4,3% diharapkan), dan indeks pengeluaran konsumsi pribadi inti tetap berada dalam "zona hijau" (menurut perkiraan, indikator ini diharapkan terus menurun, menjadi 3,7%). Hasil seperti itu dapat memperkuat sentimen hawkish, tetapi hanya dalam konteks pertemuan Desember, bukan November.

Menurut Alat CME FedWatch, probabilitas kenaikan suku bunga pada November saat ini adalah 0,0%. Selain itu, para trader mempertimbangkan probabilitas pemotongan suku bunga sebesar 25 poin yang minimal (hanya 5%), tetapi tetap ada. Peluang untuk mempertahankan status quo diperkirakan sebesar 95%. Mengenai pertemuan Desember, harapan hawkish juga telah melemah. Probabilitas kenaikan sebesar 25 poin hanya 24%. Perlu dicatat bahwa hingga pernyataan terbaru Ketua Federal Reserve Jerome Powell, probabilitas ini mendekati 50%.

Namun, jika data pertumbuhan GDP AS ternyata berada dalam "zona merah" dan indeks PCE inti keluar setidaknya sesuai perkiraan, kemungkinan kebijakan moneter yang ketat pada bulan Desember akan turun menjadi 8-10%, dan dolar akan menghadapi tekanan tambahan, memungkinkan pembeli EUR/USD untuk mengkonsolidasikan di kisaran 1,0650-1,0750.

Dalam keadaan seperti ini, satu-satunya hal yang dapat membantu dolar dari perspektif fundamental adalah peristiwa "angsa hitam" yang meningkatkan sentimen risiko-off dan konsekuensinya meningkatkan minat para trader terhadap dolar sebagai tempat aman. Ada prasyarat tertentu untuk perkembangan skenario ini.

Pertama dan yang paling utama, situasi di Timur Tengah terus membara. Kapan itu akan "meledak" tidak diketahui, tetapi suatu saat, konflik tersebut akan memanas atau terselesaikan. Informasi yang beredar saling bertentangan.

Menurut New York Times, Washington telah "meminta dengan tegas" Israel untuk menunda operasi darat di sektor Gaza untuk melakukan negosiasi pembebasan sandera dan meningkatkan perlindungan fasilitas Amerika di Timur Tengah dalam hal serangan setelah pasukan Israel memasuki Gaza. Informasi lain menunjukkan bahwa Israel mungkin enggan melakukan operasi darat, mengingat konsekuensi potensialnya (memanasnya konflik, risiko melibatkan pihak ketiga, korban jiwa yang signifikan, dll.).

Dalam keadaan saat ini, konflik Timur Tengah tidak memiliki efek kuat pada pasangan EUR/USD. Namun, dalam kasus eskalasi, minat terhadap dolar sebagai tempat aman dapat meningkat.

Jangan lupakan "bubuk mesiu" lain yang disebut "pemadaman." Ingatlah bahwa pada akhir September, setelah pertempuran yang keras dan berkepanjangan, Kongres akhirnya memberikan suara untuk pembiayaan pemerintah sementara hingga 17 November. Keputusan ini pada dasarnya membuat Ketua DPR Kevin McCarthy kehilangan posisinya: anggota Partai Republik sayap kanan menuduhnya bersekongkol dengan Demokrat, setelah itu dia mengundurkan diri. Sejak itu, DPR tidak memiliki pemimpin, dan tidak dapat mengesahkan undang-undang baru (termasuk masalah anggaran) sampai terpilihnya pembicara baru. Sekutu Trump, Republik Jim Jordan, gagal mendapatkan dukungan yang cukup setelah tiga putaran pemungutan suara dan menarik kandidatnya.

Sekarang, sembilan anggota Partai Republik bersaing untuk posisi pembicara, tetapi menurut pengamat dari The New York Times, "tidak satupun dari mereka memiliki kewenangan biasanya diperlukan oleh seorang pembicara." Dengan kata lain, pembiayaan pemerintah sementara di Amerika Serikat akan berakhir dalam waktu kurang dari sebulan, dan tanpa persetujuan legislasi anggaran, pemadaman akan menantinya. Sementara itu, DPR terjebak dalam "kebuntuan personil."

Secara keseluruhan, perlu dicatat bahwa pasangan EUR/USD terus diperdagangkan dalam kisaran 1,0500 - 1,0630 (Bollinger Bands bawah pada H4 - Bollinger Bands atas pada D1). Hanya akan mungkin untuk berbicara tentang perkembangan berkelanjutan dari pergerakan naik hanya ketika pembeli dengan tegas mengonsolidasikan di atas tanda 1,0630, membuka jalan ke level 1,07.

Setelah pernyataan berdampak dari Powell, di mana ia menyatakan keraguan tentang kebijakan moneter yang lebih ketat, dolar berada di bawah tekanan latar belakang. Namun, tetap berada di atas air karena geopolitik dan ancaman pemadaman yang semakin meningkat. Oleh karena itu, pertimbangan posisi beli hanya boleh dilakukan setelah pembeli dengan percaya diri mengatasi rintangan harga yang disebutkan sebelumnya.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.