Note

Obat Kuat Kenaikan Suku Bunga BI Belum Berhasil Kerek Rupiah

· Views 77
Obat Kuat Kenaikan Suku Bunga BI Belum Berhasil Kerek Rupiah
Obat Kuat Kenaikan Suku Bunga BI Belum Berhasil Kerek Rupiah. (Foto: MNC Media)

IDXChannel - Rupiah masih belum mampu bangkit dari pelemahan sejak pekan lalu usai sempat mendapatkan ‘obat kuat’ berupa kenaikan suku bunga 25 basis points (bps) menjadi 6 persen oleh Bank Indonesia (BI).

Mata uang Garuda kali ini bertengger di level Rp 15.959 per dolar Amerika Serikat (AS) per pukul 11.29 WIB pada perdagangan awal pekan, Senin (23/10/2023).

Baca Juga:
Obat Kuat Kenaikan Suku Bunga BI Belum Berhasil Kerek Rupiah Pejabat The Fed Isyaratkan Suku Bunga Tak Akan Naik

Pelemahan rupiah melanjutkan tren setelah pekan lalu semakin terpuruk di level terlemah sejak April 2020 mencapai Rp15.875 per USD di pasar spot.

Mata uang Garuda terus mengalami tren pelemahan dalam tujuh pekan berturut-turut. Bahkan menjelang akhir pekan lalu, rupiah menjadi satu-satunya valuta Asia yang terlemah. (Lihat grafik di bawah ini.)

Baca Juga:
Obat Kuat Kenaikan Suku Bunga BI Belum Berhasil Kerek Rupiah BI Kerek Suku Bunga ke 6 Persen, Begini Respons Bankir 

Obat Kuat Kenaikan Suku Bunga BI Belum Berhasil Kerek Rupiah

Berdasarkan Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bank Indonesia (BI) yang berlangsung Kamis (19/10), bank sentral akhirnya menaikkan suku bunga kembali. BI akhirnya mengeluarkan jurus pamungkas untuk menyelamatkan rupiah dari tren pelemahan.

Baca Juga:
Obat Kuat Kenaikan Suku Bunga BI Belum Berhasil Kerek Rupiah REI Optimistis Sektor Perumahan Masih Tumbuh di Tengah Kenaikan Suku Bunga BI

Mengutip Reuters, Selasa (17/10), BI diperkirakan akan mengikuti bank sentral di kawasan Asia Tenggara dan mempertahankan suku bunga acuan pada RDG.

Namun, prediksi mayoritas ekonom ini meleset. Nyatanya, hasil RDG BI memutuskan untuk menaikan BI 7-Day Reverse Repo Rate (BI7DRR) sebesar 25 basis points (bps) sebesar 6 persen. Sementara BI mempertahankan Deposit Facility sebesar 5,25 persen dan suku bunga Lending Facility sebesar 6,75 persen.

"Kenaikan ini untuk memperkuat kebijakan stabilisasi nilai tukar rupiah dari dampak ketidakpastian global," kata Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo saat konferensi pers Kamis (18/10).

Sementara kinerja indeks dolar (DXY) terhadap sekeranjang mata uang pada perdagangan hari ini (23/10) masih menguat 0,13 persen di level 106,3.

Dolar menguat juga didorong oleh sinyal hawkish dari bank sentral AS The Federal Resererve (The Fed).

Sebagai informasi, Ketua The Fed Jerome Powell menyampaikan pidato pada Kamis (19/10) untuk menentukan arah kebijakan moneter bank sentral paling berpengaruh tersebut.

Dalam pidato terbarunya di Economic Club of New York Luncheon, New York, Powell memberi sinyal akan kemungkinan kenaikan suku bunga lebih lanjut jika diperlukan.

“Mengingat cepatnya pengetatan ini, mungkin masih ada pengetatan yang berarti yang akan dilakukan. Saya dan rekan-rekan berkomitmen untuk mencapai kebijakan yang cukup ketat untuk menurunkan inflasi secara berkelanjutan hingga 2 persen, dan untuk menjaga kebijakan tetap ketat hingga kami yakin bahwa inflasi berada pada jalur menuju tujuan tersebut,” ujar Powell dalam pidatonya dikutip dari website resmi The Fed Jumat (20/10).

Ini menunjukkan nilai tukar rupiah terlihat belum mampu bangkit meskipun telah dibantu upaya BI mengerek suku bunga acuan.

Riset Algo Research pada 22 Oktober lalu menyatakan, BI secara efektif merupakan garis pertahanan terakhir dan satu-satunya dalam menjaga stabilitas nilai tukar rupiah.

Riset Algo bahkan menyebutkan bahwa BI telah kehabisan alat untuk menopang mata uang karena sebagian besar hasil ekspor USD ditempatkan di luar negeri yang merupakan bentuk dukungan FX yang minimal dari surplus perdagangan di tengah arus keluar asing semakin cepat.

Terlihat arus keluar modal asing akan memperburuk depresiasi rupiah dimana mata uang Garuda juga semakin mendekati level psikologis Rp16.000 per USD.

Halaman : 1 2

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.