Note

Minim Sentimen, IHSG Hari Ini Berpeluang Menguat

· Views 54
Minim Sentimen, IHSG Hari Ini Berpeluang Menguat
Minim Sentimen, IHSG Hari Ini Berpeluang Menguat (foto: MNC media)

IDXChannel - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) hari ini, Senin (23/10/2023) berpeluang bergerak mixed dengan kecenderungan menguat di sepanjang perdagangan.

Dengan asumsi tersebut, pergerakan indeks diperkirakan lebih akan banyak berkutat di kisaran 6.823 hingga 7.000.

Baca Juga:
Minim Sentimen, IHSG Hari Ini Berpeluang Menguat IHSG Berpotensi Bergerak Sideways, Cermati Deretan Saham Pilihan Analis Hari Ini

Menurut Pengamat Pasar Modal sekaligus Founder WH Project, William Hartanto, kesimpulan dari perdagangan sebelumnya merujuk pada potensi penguatan yang sudah lebih terlihat di akhir pekan lalu.

"IHSG berhasil mengalami rebound dengan pembentukan pola doji di perdagangan hari Jumat pekan lalu. Menurut kami, ini adalah perhitungan yang sudah terantisipasi mengingat IHSG memang sangat sering mengalami jenuh jual pada support MA200," ujar, William, dalam analisisnya, Senin (23/10/2023).

Baca Juga:
Minim Sentimen, IHSG Hari Ini Berpeluang Menguat Usai Menguat Pekan Lalu, IHSG Hari Ini Berpotensi Bergerak Sideways

Menurut William, pada saat MA200 tersentuh, di situ sudah terlihat potensi IHSG untuk mengakhiri pelemahannya.

"Lantas apakah ini berarti IHSG sudah tidak akan melemah lagi? Sayangnya tidak. Dalam tren yang melemah sekalipun akan terjadi technical rebound, atau yang juga dikenal dengan nama dead cat bounce," tutur William.

Baca Juga:
Minim Sentimen, IHSG Hari Ini Berpeluang Menguat IHSG Berpeluang Menguat Terbatas, Intip Deretan Saham Pilihan Analis Hari Ini

Hal ini, dikatakan William, berarti rebound yang terjadi belum cukup kuat untuk membalikan arah tren menjadi tren baru, jadi dari sini kami memproyeksikan IHSG hanya akan mengalami technical rebound, dengan target resistance 6890 – 6920.

Untuk faktor teknikal, terbentuk pola doji pada perdagangan hari Jumat pekan lalu, candle IHSG bertahan di atas support MA200, indikator yang sering dipakai untuk mengukur support/resistance terkuat.

"IHSG memiliki potensi untuk menguat terbatas, estimasi 2 hari penguatan di pekan ini," ungkap William.

Sedangkan untuk sentimen, belum ada sentimen baru yang perlu diperhatikan.

Sebelumnya, IHSG ditutup menguat sebesar 2.74 poin (0,04 persen) menuju 6849,16 pada perdagangan Jumat (20/10/2023).

Sebanyak 235 saham menguat, 321 saham menurun, dan 194 saham tidak mengalami perubahan harga pada perdagangan kemarin. Nilai transaksi mencapai 10.058T (all market).

Dalam kondisi pasar saat ini, William menilai masih ada sejumlah saham yang memiliki potensi cukup bagus, sehingga layak masuk dalam rekomendasi secara teknikal.

Deretan saham tersebut, di antaranya, adalah sebagai berikut

MIDI, buy, support 464, resistance 505; 525.
Menyelesaikan pengujian support pada 464.

SKRN, buy, support 660; 560, resistance 720; 785.
Menyelesaikan pembentukan demand zone pada area 560 – 635.

JTPE, buy, support 316; 304, resistance 348; 360.
Trend following. Penguatan konsisten di atas MA5 dan MA20. (TSA)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.