Note

Tips Investasi Saham Jangka Panjang, Pilih Emiten yang Rajin Bagi Dividen

· Views 97
Tips Investasi Saham Jangka Panjang, Pilih Emiten yang Rajin Bagi Dividen
Tips Investasi Saham Jangka Panjang, Pilih Emiten yang Rajin Bagi Dividen (Foto: MNC Media)

IDXChannel - Investasi saham jangka panjang akan memberikan risiko yang lebih rendah dan terukur jika dibandingkan dengan aktivitas trading saham.

Investor pemula sebaiknya tidak membeli saham secara asal-asalan. Emiten yang cocok untuk jangka panjang adalah yang rutin membagikan dividen secara konsisten. 

Baca Juga:
Tips Investasi Saham Jangka Panjang, Pilih Emiten yang Rajin Bagi Dividen Catat Jadwalnya, Formosa Ingredient (BOBA) Bagi Dividen Rp2,3 Miliar

Sayangnya, emiten yang bagus tapi tidak memiliki track record dalam pembagian dividen konsisten, pergerakannya akan siklikal. 

CEO Galeri Saham Rio Rizaldi pada live Instagram idx_channel (20/10/2023) menambahkan, hal yang perlu diperhatikan untuk memilih saham jangka panjang adalah pertumbuhan bisnis yang harus menjanjikan, dan laporan keuangan secara fundamental dan technical.
 
The Four Big Banks yang harganya bisa selalu relatif kuat disebabkan oleh bisnisnya yang selalu tumbuh dan juga karena rutin melakukan pembagian dividen. Saham dengan tipe seperti itulah yang biasanya dicari oleh investor yang membutuhkan cash flow.

Baca Juga:
Tips Investasi Saham Jangka Panjang, Pilih Emiten yang Rajin Bagi Dividen MPXL Siap Tebar Dividen Rp2 Miliar, Cek Jadwalnya

Menurutnya, sektor batu bara masih menjadi pilihan yang menarik untuk jangka panjang, dibandingkan dengan sektor consumer yang saat ini masih melambat.

Unilever belum mampu untuk mengembalikan kinerjanya untuk naik lebih tinggi, sektor rokok yang saat ini mengalami downtrend, dan Indofood CBP (ICBP) juga sedang dilanda kekhawatiran kerugian kurs akibat dolar yang menguat dan rupiah yang melemah. 

Baca Juga:
Tips Investasi Saham Jangka Panjang, Pilih Emiten yang Rajin Bagi Dividen Kurniamitra Duta (KMDS) Tebar Dividen Rp12 Miliar, Intip Jadwalnya

"Jadi pada dasarnya sektor energi dan sektor perbankan masih menjadi ‘motor’ untuk IHSG, dan belum terlihat kandidat lain yang tampak dominan," tandasnya. 

(DES)

Baca Juga:
Tips Investasi Saham Jangka Panjang, Pilih Emiten yang Rajin Bagi Dividen Lima Emiten Grup Astra Kompak Tebar Dividen Interim Bulan Ini, Siapa Saja?

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.